by

Resep dan Cara Memasak Sate Kambing yang Enak dan Lezat

Cara memasak sate kambing menjadi salah satu topik bahasan yang sangat menarik. Terlebih membuat sate merupakan salah satu hal yang dikenal sangat mudah untuk dilakukan.

Sate kambing merupakan makan khas Indonesia yang dapat Anda temukan di seluruh wilayah Indonesia. Makanan ini sangat populer karena dikenal dapat meningkatkan tensi darah Anda. Sehingga sangat bagus untuk Anda yang memiliki darah renah.

Namun, sate kambing tidak baik untuk Anda yang memilik darah tinggi. Sehingga bagi Anda yang memiliki darah tinggi sebaiknya jangan memakan sate kambing. Karena akan meningkatkan tensi darah Anda.

Bagi Anda yang memiliki tensi darah normal, Anda dapat mengkonsumsi sate kambing ini. Selain mengkonsumsi, Anda juga dapat membuat sate kambing sendiri loh. Asalkan Anda memiliki alat dan bahan yang digunakan.

Tapi sayangnya banyak orang yang membuat sate kambing dan menghasilkan rasa yang berbeda-beda. Ada yang menghasilkan rasa yang enak dan lezat, ada juga yang sebaliknya. Lalu sebenarnya apa sih yang membedakan hasil tersebut?

Yuk, liat apa saja faktor yang mempengaruhi perbedaan rasa dari sate kambing yang Anda buat tersebut. berikut informasinya untuk Anda:

1. Bumbu yang digunakan

Faktor yang pertama dan paling berpengaruh pada rasa sate kambing adalah bumbu yang digunakan. Bumbu-bumbu inilah yang membedakan rasa sate kambing. Satu bumbu tidak digunakan maka akan memberikan rasa yang berbeda.

Jangan lupa untuk menyediakan bahan utama terlebih dahulu sebelum Anda menyiapkan bumbu-bumbu yang digunakan. Nah, bahan utama yang digunakan tentunya adalah daging kambing sebanyak 500 gram. Setalah Anda menyiapkan daging kambing, Anda dapat langsung menyiapkan bumbu-bumbu yang digunakan.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bumbu sate kambing yang membuat rasanya menjadi enak dan lezat, Anda dapat menggunakan bumbu-bumbu berikut ini, agar sate yang Anda buat menjadi lebih enak dan lezat sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Beriku bumbu yang digunakan untuk membuat sate kambing yang enak dan lezat:

Pertama, Anda perlu menyiapkan bumbu halus yang digunkan sebagai bumbu daging kambing sebelu Anda memanggangnya menjadi sate. Sehingga dengan bumbu ini sate yang Anda buat akan menjadi sate yang enak dan lezat.

Nah, bumbu halus yang digunakan antara lain menggunakan: bawang merah sebanyak 7 buah, bawang putih sebanyak 5 siung, ketumbar sebanyak 1 sendok teh, merica sebanyak 1 sendok teh, lengkuas sebanyak 2 cm, jahe sebanyak 2 cm dan gula merah sebanyak 40 gram.

Selain itu, Anda juga membutuhkan bumbu pelengkap agar rasa sate Anda lebih enak dan lezat. Bumbu pelengkap ini terdiri dari kecap manis sebanyak 2 sendok, air asam jawa sebnayak 2,5 sendok makan, garam sebanyak 1 sendok teh (secukupnya).

Kemudian yang paling penting dan menjadi salah satu bumbu terwajib untuk sate daging kambing adalah sambal kecap. Sambal ini digunakan ketika memakan satenya. Sehingga sambal ini menjadi salah satu andalan cita rasa sate yang sangat diperhatikan banyak orang.

Nah, untuk membuat sambal kecap, Anda dapat menggunakn bahan-bahan berikut ini: cabe rawit sebanyak 5 buah yang sudah dipotong-potong (jumlah cabe sesuai selera), tomat merah ukuran kecil yang sudah diiris-iris sebanyak 1 buah, kecap manis sebanyak 5 sendok makan, cuka makan sebanyak ½ sendok teh.

Bumbu yang terakhir yang harus Anda persiapkan adalah kecap manis yang akan Anda gunakan ketika Anda memasak sate. Sehingga sate memiliki warna yang menggoda dan menjadikan rasa sate enak dan lezat.

Nah, bumbu-bumbu di ataslah yang digunakan untuk membuat sate dan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap rasa sate yang Anda buat. Sehingga Anda perlu mempersiapkan semua bumbu, jika Anda menginkan rasa sate menjadi lebih enak dan lazat.

2. Cara Memasak Sate Kambing

Faktor yang ke dua yang berpengaruh terhadap rasa sate adalah cara memasak sate kambing. Setelah Anda mengetahui resep bumbu yang digunakan, Anda juga perlu mempersiapkan peralatan yang digunakan untuk memasak sate terlebih dahulu.

Berikut peralatan yang perlu Anda persiapkan sebelum memasak sate, agar ketika Anda dalam proses memasak sate Anda tidak kebingungan menacari peralatan dan perlengkapan yang Anda butuhkan.

Pertama, pemanggang sate. Anda dapat menggunakan pemangga sate yang modern. Pemanggan modern ini merupakan pemanggang yang tidak perlu menggunakan arang karena bahan bakar yang digunakan adalah gas.

Karena bentuknya seperti kompor biasa namun diatasnya didesain layaknya pemanggang sate.Namun, jika Anda hanya memiliki pemanggang sate biasa, Anda harus mempersiapkan arang sebagai bahan bakar yang digunakan.

Kedua, tusuk sate yang digunakan sebagai alat untuk menusuk daging kambing agar mempermudah proses pemanggangan.

Ketiga, pisau dan talenan/ alas untuk memotong daging kambing sehingga mememudahkan Anda dalam proses pemotongan daging sehingga ukurannya lebih kecil.

Keempat, cobek untuk menghaluskan bumbu halus dan tempat untuk meletakan daging kambing dan bumbu-bumbu yang digunakan.

Kelima, Siapkan mangku sambal dan piring untuk menyajikan sate yang sudah matang.

Setelah Anda menyiapkan peralatan yang digunakan, Anda dapat langsung melanjutkan ketahap berikutnya, yaitu proses memasak sate kambing. Berikut cara memasak sate kambing yang perlu Anda ketahui dan ikuti:

Cara Memasak Sate Kambing

Pertama, setelah Anda memotong daging kambing dan mencucinya hingga bersih, Anda dapat langsung menambahkan bumbu halus dan bumbu pelengkap. Kemudian dicampur rata. Kemudian Anda diamkan selama 1 jam.

Kedua, setalah itu Anda dapat langsung memasukan daging kambing ke tusuk sate agar mempermudah Anda dalam memanggang satenya.

Ketiga, Selanjutnya Anda dapat langsung memanggangnya di atas pemanggang sate yang Anda miliki. Kemudian tunggu beberapa saat sambil sesekali Anda balik satenya agar matangnya merata.

Keempat, Setelah setengah matang, Anda dapat melumuri sate dengan kecap manis hingga rata dan selanjutnya panggang sate tersebut kembali hingga matang.

Kelima, setelah matang Anda dapat menyajikannya dengan sambal kecap yang sudah Anda buat. Dan Anda dapat langsung menikmati sate kambing hasil masakan Anda yang sudah Anda buat.

Cara Memasak Sate Kambing

Selamat mencoba dan mengikuti resep dan cara memasak sate kambing sesuai dengan informasi di atas dan menghasilkan rasa sate yang enak dan lezat sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dapur Anda dan jangan lupa untuk merapihkannya kembali. Sehingga dapur Anda akan selalu bersih, rapih dan enak dipandang. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.