by

Cara Memasak Rendang Sapi Khas Padang Tanpa MSG

Bagi Anda yang sedang membutuhkan resep dan tata cara memasak rendang sapi, Anda dapat membaca informasi dalam artikel ini. Karena artikel ini akan membahas hal itu semua.

Berhubung sebentar lagi adalah Hari Raya Idhul Adha, Anda pasti memikirkan daging sapi yang akan Anda terima akan dimasak menjadi olahan menjadi masakan apa nantinya. Nah, Anda dapat mengolahnya menjadi rendang sapi.

Kali ini akan dibahas menganai cara memasak rendang sapi khas Padang tanpa MSG. Sehingga lebih sehat dan tetap lezat.

Rendang sapi memang menjadi makan yang spesial. Hal ini karena rendang sapi tidak selalu ada setiap harinya. Sehingga rendang sapi termasuk makanan yang jarang dimasak oleh sebagian orang.

Nah, berhubung jarang memasaknya, pasti banyak juga yang belum tau atau lupa bagaimana sih cara memasak rendang sapi khas padang tanpa MSG? Untuk itu, kita perlu membaca informasi berikut ini:

Cara memasak rendang sapi yang pertama adalah siapkan alat dan bahan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam memasak rendang daging sapi. Untuk itu, langsung saja siapkan alat dan bahan berikut:

a. Alat untuk memasak rendang daging sapi

Alat-alat yang diperlukan untuk memasak rendang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah Anda ketika proses memasak berlangsung. Sehingga Anda tidak perlu repot mencari peralatan yang dibutuhkan.

Nah, berikut peralatan yang perlu Anda persiapkan:

Pertama dan yang paling utama adalah kompor yang siap untuk memasak. Pastikan kompor Anda memiliki gas/bahan bakar yang cukup. Sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Seperti kompor mati saat memasak rendang.

Kedua, Anda perlu menyiapkan wajan dan sudip untuk memasak rendang dan untuk membuat srundeng kelapa.

Ketiga, Anda perlu menyiapkan alat penghalus bumbu. Baik itu blender, cobek, atau lainnya. peralatan tersebut digunakan untuk menghaluskan bumbu untuk rendang daging sapi yang akan Anda masak.

Keempat, pisau dan keperluan lain seperti piring dan mangkuk yang akan sangat berguna dalam proses memasak rendang. Serta dapat membantu Anda dalam menyajikan rendang yang sudah matang.

b. Bahan untuk memasak rendang daging sapi

Selanjutnya Anda perlu menyiapkan bahan yang digunakan untuk membuat rendang daging sapi khas Padang. Berikut bahan-bahan yang Anda butuhkan:

– Bahan utama

Daging sapi sebanyak 3 kg

– Bumbu halus Kering

Untuk membuat bumbu halus kering Anda perlu menyiapkan kapulaga sebanyak 6 butir dan jintan sebnyak 1 sendok makan, kemudian Anda haluskan terlebih dahulu. Setelah itu, masukan 1 sendok makan lada dan 2 sendok makan ketumbar.

– Bumbu halus basah

Untuk bumbu basah, Anda harus menghaluskan bawang merah sebanyak 300 gram, dan bawang putih sebnayak 150 gram.

Setelah keduanya dihaluskan, kemudian Anda dapat memotong serai sebanyak 4 batang, jahe sebanyak 50 gram, kemiri yang sudah disangrai sebanyak 6 butir.

Kemudian bahan-bahan tersebut dihaluskan menggunakan blender dengan menambahkan sedikit minyak goreng. Setelah itu Anda masukan kedalam mangkuk atau tempat yang sudah Anda siapkan untuk menuangkan bahan halus tersebut.

Setelah itu Anda dapat menghaluskan cabe merah segar sebanyak 300 gram dan cabe merah kering sebanyak 300 gram. Setelah itu masukan ketempat yang sudah Anda siapkan.

Untuk cabe segar, Anda dapat membuang bijinya terlebih dahulu jika Anda tidak suka dengan makanan yang pedas. Namun jika Anda menyukai pedas, Anda tidak perlu membuang bijinya terlebih dahulu.

– Membuat srundeng kelapa

Untuk membuat kelapa srundeng, Anda perlu menyiapkan 1 butir kelapa lalu di parut. Setelah itu Anda dapat memasaknya menjadi srundeng dengan wajan yang sudah Anda siapkan.

Anda perlu memasaknya sampai warnanya berubah kecoklatan seperti halnya srundeng yang Anda ketahui. Setelah srundeng matang, Anda dapat menghaluskannya dengan cobek yang Anda miliki.

Cara Memasak Rendang Sapi

Haluskan srundeng sampai benar-benar halus dan mengeluarkan minyak. Setelah itu Anda dapat memasukan kedalam tempat yang sudah Anda siapkan.

– Bahan Tambahan

Anda dapat menyiapkan daun salam 6 lebar, daun kunyit muda 2 lembar, daun jeruk purut 6 lembar. Daun tersebut tidak perlu Anda haluskan atau dipotong. Anda hanya cukup mencucinya dengan bersih.

Selain itu Anda juga perlu menyiapkan pala sebanyak 1 butir dan sedikit kayu manis. Kedua bumbu itu tidak perlu dihaluskan. Selanjutnya Anda dapat mememarkan lengkuas sebanyak 100 gram. Lengkuas ini hanya cukup Anda memarkan saja. Tidak perlu dihaluskan.

Kemudian Anda perlu menyiapkan kelapa 4 butir, kemudian diperas dan menjadi santan sebanyak 4 liter dan garam sebanyak 50 gram.

Cara memasak rendang sapi yang kedua adalah proses memasak

Setelah Anda menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk memasak rendang daging sapi, Anda dapat langsung memasak daging sapi menjadi rendang khas Padang tanpa menggunakan MSG.

Berikut cara memasak rendang sapi khas Padang tanpa menggunakan MSG:

Pertama, Anda panaskan minyak goreng di atas wajan yang sudah Anda siapkan untuk memasak rendang. Setalah panas, Anda dapat memasukan bawang merah dan bawang putih yang sudah Anda haluskan.

Kedua, Setelah itu Anda dapat memasukan bumbu halus basah yang sudah Anda siapkan. Kemudian masukan lengkuas sambil sesekali diaduk, lalu masukan cabe yang sudah Anda haluska. Setelah itu Anda tumis sampai harum.

Ketiga, Anda masukan daun salam, daun kunyit, daun jeruk, dan bumbu halus kering yang sudah Anda siapkan. Selanjutnya masukan semua bumbu tambahan yang belum Anda masukan, kecuali santan dan garam.

Keempat, Anda dapat memasukan daging sapi yang sudah Anda bersihkan. Kemudian Anda aduk rata dengan bumbu-bumbu yang sudah dimasak dalam wajan. Sampai bumbu benar-benar merata pada daging sapi.

Kelima, Masukan santan yang sudah Anda siapkan. Kemudaian dimasak sampai air santanya menyusut. Sambil sesekali Anda aduk-aduk.

Keenam, Masukan garam dan srundeng. Srundeng ini akan memberikan efek warna yang bagus untuk rendang. Anda tidak perlu menggunakan penyedap, Anda hanya gunakan garam saja. Karena rendang Padang yang asli adalah rendang yang tidak menggunakan MSG.

Ketujuh, Anda aduk-aduk terus hingga air benar-benar berkurang dan itulah menandakan bahwa rendang sudah matang dan Anda dapat mematikan kompor.

Kedelapan, Anda masukan rendang yang sudah matang kedalam tempat yang sudah Anda siapkan. Sehingga Rendang khas Padang tanpa MSG siap disantap dan dinikmati.

Cara Memasak Rendang Sapi

Selamat mencoba tips dan cara memasak rendang sapi khas Padang tanpa MSG. Semoga hasil masakan Anda tidak mengecewakan dan dapat menikmati rendang sapi khas Padang yang lezat dan gurih.

Anda tidak perlu menggunakan penyedap, namun masakan rendang sapi khas Padang yang Anda masak sudah sedap tanpa penyedap. Sehingga lebih sehat dan lebih higieni.

Semoga informasi diatas dapat membantu dan menambah pengetahuan Anda. Selamat mencoba dan menikmati rendang sapi Khas Padang tanpa MSG. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.