by

Cara Memasak Nasi Goreng Jawa yang Lezat

Kali ini akan dibahas mengenai cara memasak nasi goreng jawa. Dimana, nasi goreng jawa merupakan makanan khas yang ada di nusantara. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui cara memasak nasi goreng jawa, Anda dapat membaca artikel ini.

Berikut cara memasak nasi goreng jawa yang perlu Anda ketahui dan dapat Anda praktikan di rumah:

Cara memasak nasi goreng jawa yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasak nasi goreng jawa. Peralatan dan bahan yang digunakan dalam memasak nasi goreng jawa kali ini sangat mudah dan simpel.

Peralatan dan bahan harus Anda siapkan terlebih dahulu guna memudahkan ketika Anda memasak. Ketika peralatan dan bahan sudah lengkap dan siap dimasak maka proses memasak akan berjalan dengan lancar, tanpa ada gangguan karena kekurangan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk mempersiapkan itu semua sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkan kedalam proses memasak nasi goreng jawa. Berikut informasi terkait alat dan bahan untuk memasak nasi goreng jawa yang perlu Anda siapkan:

a. Alat

Peralatan merupakan hal penting yang perlu Anda siapkan. Namun biasanya, peralatan untuk memasak nasi goreng jawa ini sudah dimiliki oleh seluruh ibu-ibu di dapurnya. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari perlatan yang digunakan.

Berikut alat yang digunakan untuk memasak nasi goreng jawa yang perlu Anda siapkan:

Pertama, Anda perlu menyiapkan kompor yang terhubung dengan gas LPG sehingga bisa menyala. Sehingga kompor dapat digunakan untuk memasak nasi goreng jawa.

Kompor ini merupakan perlatan inti yang wajib ada. Hal tersebut dikarenakan kompor memilik peran yang sangat penting dalam proses memasak nasi goreng jawa.

Nah, peralatan ini biasanya sudah tersedia di dapur. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk mencarinya. Karena kompor juga merupakan peralatan dapur yang wajib ada.

Kedua, Wajan dan sudip. Kedua perlatan ini merupakan peralatan yang sulit untuk dipisahkan. Keduanya saling melengkapi dan memudahkan Anda dalam memasak, khususnya memasak nasi goreng jawab.

Dengan wajan dan sudip nasi goreng dapat tersajikan dengan matang sempurna. Sehingga keduanya merupakan peralatan yang sangat dibutuhkan dan memiliki peran penting dalam memasak nasi goreng jawa.

Ketiga, penghalus bumbu. Anda dapat menggunakan blender atau dengan cobek (ciri dan muthu). Anda dapat memilih peralatan yang akan digunakan, baik itu cobek atau dengan menggunakan blender.

Kedua peralatan tersebut sama-sama memiliki fungsi sebagai penghalus bumbu. Namun, peralatan tersebut juga memiliki perbedaan. Anda dapat menggunakan blender yang dapat membuat Anda lebih dimudahkan, karena semuanya serba canggih dengan menggunakan teknologi modern.

Sedangan cobek akan membuat Anda ekstra mengeluarkan tenaga. Karena Anda harus menghaluskan bumbu dengan cara tradisonal. Namun, dengan cara ini biasanya menghasilkan rasa yang lebih enak dari pada dengan memnggunakan blender.

Sehingga Anda dapat memilih salah satu diantara kedua peralatan tersebut yang menurut Anda lebih baik untuk digunakan dalam menghaluskan bumbu nasi goreng jawa yang enak.

Keempat, pisau dan piring/ tempat lain yang dapat digunakan sebai tempat masakan. Peralatan ini akan membantu dan mempermudah pekerjaan Anda.

Peralatan ini juga biasanya sudah tersedia di dapur. Sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mencarinya.

Setelah semua peralatan disiapkan, Anda dapat melanjutkan untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat nasi goreng jawa yang enak.

b. Bahan

Selanjutnya Anda dapat mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak nasi goreng jawa. Bahan yang digunakanpun sangat mudah. Karena bahan-bahan ini tersedia dipasar.

Berikut bahan-bahan yang perlu Anda siapkan sebelum memasak nasi goreng jawa yang enak:

– Bahan Utama

Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah nasi putih untuk ukuran dua porsi, toge secukupnya dan satu butir telur. Ketiga bahan tersebut harus Anda sediakan. Namun, khusus untuk toge, Anda dapat menggunakannya dan bisa juga jika Anda tidak menggunakannya.

– Bumbu Halus

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan bumbu halus. Bumbu ini wajib Anda haluskan dengan menggukan cobek atau blender.

Bumbu-bumbu tersebut adalah bawang merah sebanyak 8 siung, bawang putih sebanyak 3 siung, cabai rawit sebanyak 10 biji, daun jeruk purut sebanyak 2 lembar, garam sebanyak ½ sendok makan, dan trasi sebnayak ½ sendok makan.

Sesudah bumbu sudah lengkap semua, Anda dapat menghaluskannya. Setelah itu, Anda dapat menyiapkan bahan pelengkap.

– Bahan pelengkap

Yang terakhir, Anda perlu menyiapkan bahan pelengkap, yang terdiri dari kecap sebanyak 2 sendok makan, penyedap rasa secukupnya, dan minyak goreng secukupnya.

Setelah semuanya sudah lengkap, Anda dapat langsung melajutkan ke proses selanjutnya, yaitu proses memasak nasi goreng jawa.

Cara memasak nasi goreng jawa yang ke dua adalah proses memasak

Proses selanjutnya setelah Anda mempersiapkan alat dan bahan, Anda dapat langsung melanjutkan ketahap proses memasak. Berikut cara memasak nasi goreng jawa yang perlu Anda ketahui:

Cara Memasak Nasi Goreng

Pertama, siapkan kompor wajan dan sudip. Kemudian Anda panaskan minyak untuk menumis.

Kedua, Setelah panas, Anda dapat langsung menumis bumbu halus yang sudah Anda siapkan. Tumis sampai setengah matang.

Ketiga, Kemudian Anda dapat memasukan telor, kemudian ditumis bersamaan dengan bumbu-bumbu yang sudah ada didalam wajan.

Keempat, Anda dapat memasukan nasi putih kemudian diaduk merata dengan bumbu-bumbu yang sudah ada.

Kelima, Setelah itu Anda dapat memasukan toge kemudian aduk hingga rata, lalu Anda dapat langsung mamasukan kecap kedalamnya. Sambil diaduk-aduk agar kecap dan bumbu yang lain merata.

Keenam, Anda dapat memasukan bumbu tambahan seperti penyedap rasa. Namun jika Anda tidak menginginkan penyedap rasa, Anda juga boleh untuk tidak menggunakannya.

Kemudian Anda aduk merata selama beberapa saat. Kemudian, Anda dapat mematikan kompor karena nasi goreng jawa sudah matang.

Cara Memasak Nasi Goreng

Setelah itu, Anda dapat menyajikan nasi goreng jawa yang lezat dan sehat dengan menggunakan piring atau tempat yang sudah disediakan.

Sekian cara memasak nasi goreng jawa yang dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dan inspirasi untuk Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di dapar setelah Anda gunakan untuk memasak. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.