Meski dinding rumah Anda dilapisi dengan wallpaper yang bagus, bisa jadi ada saatnya Anda akan bosan bukan? Menggantinya dengan yang baru bisa membuat suasana jadi beda lho. Nah, namun kendalanya memang tidak semudah itu melepas lapisan wallpaper yang sudah tertempel lama. Ada trik khusus cara melepas wallpaper agar bisa terlepas keseluruhan dan tidak merusak struktur dinding.

Caranya memang tidak benar-benar mudah, namun juga tidak sulit-sulit banget. Anda harus menyiapkan beberapa peralatan khusus yang diperlukan untuk menguliti lapisan wallpaper di dinding rumah Anda.

Belum lagi, bila jenis wallpaper yang dipasang termasuk yang sulit dilepas dan dibersihkan. Langsung mengaplikasikan wallpaper baru malah bisa jadi bumerang. Alih-alih rapi malah berantakan tidak esetetis sama sekali.

Untungnya, artikel kali ini akan coba mengangkat topik ini. Yaitu tentang bagaimana cara melepas wallpaper agar tidak membuat lapisan dinding rusak dan mengaplikasikan yang baru bisa terlihat rapi.

Jenis-jenis Wallpaper dan Pemasangannya

Tentu saja untuk tahu solusi harus tahu sebabnya. Dalam hal ini jika Anda ingin sukses melepas sekaligus mengganti wallpaper lama maka setidaknya harus tahu jenis wallpaper yang terpasang. Tidak harus paham betul tapi minimal jika tahu karakternya bisa mudah mencari celah cara melepasnya.

Ini tidak lain karena cara melepas  wallpaper yang telah lama menempel pada dinding memang butuh beberapa tahapan penting. Supaya proses pelepasan wallpaper tersebut bisa dilakukan dengan mudah, mengenali karakter wallpaper ini jelas penting.

Bagi Anda yang memasang wallpaper di dinding rumah, bisa jadi saat ini atau suatu saat nanti akan bosen dan ingin mengganti dengan tema baru. Atau wallpaper lama Anda telah usang dan mengelupas? Maka segera ambil tindakan, lepas dan ganti yang baru. Jangan dibiarkan begitu saja, karena estetika ruangan itu penting dan sebenarnya melepas wallpaper itu juga tidak seribet yang dibayangkan.

cara melepas wallpaper dinding, cara melepas wallpaper lama, cara membuka wallpaper dinding, cara merawat wallpaper dinding, cara mengganti wallpaper dinding
Cara melepas wallpaper tanpa merusak dinding – diminimalis.com

Wallpaper yang cenderung sulit dilepaskan biasanya disebabkan karena  lamanya waktu wallpaper tersebut  menempel di dinding Anda. Namun, apabila Anda belum paham dengan caranya dan asal lepas saja, bisa jadi malah akan merusak struktur dinding Anda.

Akibatnya, meski nantinya akan dilapisi wallpaper baru, permukaan dinding pasti akan mengalami imbas buruk. Lapisan wallpaper kurang rapi dan tampilan dinding jadi berantakan. Maka, alangkah baiknya Anda pahami dengan baik tentang cara melepas wallpaper yang tidak sampai merusak lapisan dinding rumah Anda.

Cara Melepas Wallpaper dengan Mudah

cara melepas wallpaper dinding, cara melepas wallpaper lama, cara membuka wallpaper dinding, cara merawat wallpaper dinding, cara mengganti wallpaper dinding
Peralatan melepas wallpaper – diminimalis.com

Kita bicara soal cara melepas wallpaper dengan bantuan beberapa alat dan perkakas. Anda harus menyiapkan beberapa list alat di bawah ini ya agar pengerjaannya lebih mudah.

Alat-alat:

1.    Botol semprotan
2.    Air hangat
3.    Sabun cuci piring
4.    Kapi dan cutter
5.    Cuka
6.    Kain lap
7.    Selotip
8.    Plastik
9.    Sarung tangan

Langkah-langkah:

Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan agar sukses melepas wallpaper adalah sebagai berikut.

1. Persiapan tempat

Pindahkan semua furniture dalam ruangan ke luar ruangan agar tidak mengganggu pengerjaan. Jika sulit melakukannya, setidaknya geser perkakas saja agar lebih nyaman bergerak. Tutupi perkakas dan lantai dengan koran, plastik, atau kain.

Secara hati-hati, singkirkan semua aksesoris yang menempel di dinding, misal jam dinding, lukisan, foto keluarga, poster, dan lain sebagainya.

Tutupi stop kontak dan tombol lampu menggunakan plastik yang ditempel dengan selotip. Lakukan pelepasan wallpaper di siang hari, karena semua lampu dan alat-alat listrik harus dimatikan.

2. Mulai lepas lapisan wallpaper

Untuk melepas lapisan wallpaper, mulailah dari bagian ujung sudut paling bawah. Pegang salah satu ujung sudut, misal bagian kanan, lalu perlahan-lahan tarik ke atas secara diagonal.

Setelah selesai sekitar hampir 1/3 bagian, lakukan hal yang sama dari sisi berlawanan. Tarik seperti cara sebelumnya, ke atas diagonal. Setelah itu, tarik bersama-sama dari kedua ujung tersebut ke arah atas. Mundur selangkah demi selangkah supaya lebih mudah menariknya.

3. Mencampur pembersih

Campurkan air hangat, sabun, dan cuka ke dalam botol semprotan. Cairan ini digunakan untuk mempermudah lapisan wallpaper lepas dengan sempurna dan bersih.

4. Membersihkan sisa lem

Semprotkan larutan sabun secara merata ke dinding, lalu biarkan selama beberapa menit agar sabun meresap dan lem terlepas dari dinding. Sisa lem akan menggelembung dan mengelupas. Jika masih ada sisa kertas yang menempel, bersihkan terlebih dahulu dengan kapi.

5. Melepas sisa lem

Kikis sisa lem di dinding dengan kapi. Mengikisnya harus searah dengan arah lem tersebut, biasanya secara vertikal.

Baca: Memasang wallpaper dinding bisa Anda lakukan sendiri bila tahu caranya

6. Membersihkan sisa kotoran

Larutkan cuka ke dalam air hangat dengan perbandingan 1:3. Masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan kembali ke dinding, lalu gosok dengan spon. Langkah ini berguna untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang ada di dinding.

Tips tambahan, agar area pembersihan tidak terlalu berantakan, sebaiknya siapkan tempat sampah besar untuk membuang hasil kerak wallpaper yang telah lepas. Ini membantu Anda saat nanti beres-beres.

So, gimana mudah bukan cara melepas wallpaper? Anda bisa lakukan sendiri tanpa harus panggil tukang kok. Selamat mencoba ya. Sampai jumpa. (ls) editted by RN12032021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *