Teknis dan Cara Budidaya Ikan Oscar yang Benar

Ikan Oscar adalah salah satu ikan yang sangat unik. Sehingga, cara budidaya ikan oscar pun memerlukan perlakuan khusus. Mirip seperti cupang dalam hal kehati-hatian perawatannya. Jika tidak hati-hatii dan perhitungan bisa-bisa ikan Oscar yang Anda beli malah mati.

Untuk itulah, artikel ini hadir di layar handphone atau komputer Anda untuk membicarakan soal bagaimana cara budidaya ikan oscar agar makin berkembang. Namun sebelum itu, tentu kita harus terlebih dahulu mengenal seperti apa karakter ikan oscar ini.

Karakteristik Ikan Oscar dan Cara Terbaik Membudidayakannya

Topik terkait cara budidaya ikan oscar menjadi bahasan yang akan kami ulas mengingat banyaknya penggemar ikan hias yang satu ini. Sebagian diantara kita tidak hanya senang memelihara, namun ada juga ingin membudidayakan ikan hias untuk dijual lagi karena penggemarnya yang semakin banyak.

Karena habitat asli ikan oscar berasal dari Amerika selatan, maka dengan teknik budidaya, akan menjadi solusi untuk mencukupi kebutuhan pasar karena permintaan ikan hias ini selalu tinggi.

Ikan Oscar dapat mencapai ukuran 35 cm, akan tetapi rata-rata ikan ini berukuran maksimal 30 cm. Oscar termasuk ikan cerdas dan memiliki kepribadian. Mereka dapat belajar dengan cepat mengenai jadwal makannya. Hampir semua Oscar yang beredar saat ini adalah hasil dari pembudidayaan, karena habitat aslinya jauh di Amerika selatan sana.

Ikan Oscar berasal dari sungai yang memiliki keasaman tinggi. Meski demikian, ikan ini mampu menyesuaikan pada hampir segala kondisi air. Namun demi kenyamanannya, Anda perlu mengkondisikan suhu air antara 26° – 30° C dan memberi dasar akuarium dengan pasir dan beberapa bebetuan besar.

Cara budidaya ikan oscar, Cara budidaya ikan hias oscar, budidaya ikan hias oscar albino,
cara budidaya ikan oscar yang masih kecil sennag hidup berkelompok – diminimalis.com

Cara budidaya ikan oscar yang tepat

Pada dasarnya tidak ada yang jauh berbeda dengan perawatan untuk ikan hias lainnya. Hanya saja, ikan oscar ini punya karaktersistik khas yang perlu disesuaikan dengan teknis perawatannya. Berikut ini beberapa tips, teknis, dan cara budidaya ikan oscar.

Upayakan Pencahayaan yang baik pada akuarium

Untuk mendapat hasil bibit ikan Oscar yang baik maka dibutuhkan pencahayaan yang cukup. Namun, untuk jenis ikan Oscar Anda harus menutup sebagian wadah aquarium dengan koran. Sebab, pencahayan yang terlalu besar akan merusak tubuh ikan oscar yang sensitif. Cahaya yang baik untuk ikan Oscar adalah cahaya buatan seperti lampu dan bukan cahaya alami.

Lakukan Pembersihan Aquarium Secara Rutin

Untuk menjaga ikan oscar agar tetap terawat dan baik cara merawat dan mengembangbiakkan ikan oscar adalah dengan menjaga aquarium ikan tetap bersih. Anda dapat melakukan pembersihan aquarium seminggu sekali untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada dinding aquarium. Selain itu, aquarium yang bersih akan membuat ikan semakin nyaman berada diaquarium dengan tidak adanya biota lain di dalam.

Pilih Indukan

Indukan yang baik yang siap dikembangkan harus berumur sekitar 1,5-2 tahun, memiliki panjang tubuh sekitar 15 cm, tinggi 10 cm, serta memiliki warna cerah. Sejak ikan berumur 5-6 bulan, pemilihan indukan sudah saatnya dilakukan. Anda bisa memasukkan ikan jantan dan betina masing-masing 5 ekor ke dalam wadah, kemudian biarkan mereka mencari pasangannya masing-masing. Setelah saling berpasangan maka kita bisa pisahkan di bak tersendiri.

Pahami Perbedaan Induk Jantan dan Betina

Induk Jantan

– panjang badan relatif lebih panjang
– alat kelamin lebih menonjol

Induk Betina

– induk yang telah matang perutnya gendut
– lubang kelamin lebih besar

Pemijahan

Caranya, siapkan kolam yang berukuran 1.5x1x0.5 meter lalu isi dengan air setinggi 30-40 cm. Beri sekat jika ukuran kolam terlalu luas, kemudian masukkan indukan ikan ke dalam kolam. Pada tiap kolam Anda perlu memasukkan batu ceper warna gelap, untuk membuat kondisi kolam menyerupai habitat aslinya.

Ikan oscar akan memijah pada sore dan siang. Ikan hias ini mampu memproduksi sekitar 1000-3000 butir telur. Anda bisa memindahkan telur yang telah dibuahi kemudian dipindah ke akuarium berukuran 70x40x10 cm dan air setinggi 10 cm. Tunggu hingga 25 hari, kemudian benih siap dipindah ke wadah dengan ukuran lebih luas.

Pembesaran

Wadah pembesaran sebaiknya berukuran sekitar 2x1x3 m, lalu isi degan air hingga ketinggian 20-25 cm untuk 300 ekor anakan oscar. Tambahkan tumbuhan air misalnya eceng gondok agar matahari yang masuk ke dalam kolam tidak terlalu terik. Di saat musim hujan, tutup kolam menggunakan seng plastik sehingga air yang masuk bisa dikendalikan.

Keindahan Ikan Oscar, harga Ikan Oscar, makanan Ikan Oscar
ikan oscar dewasa yang siap dipijahkan – diminimalis.com

Setelah dua bulan, Anda perlu memberikan cacing rambut sebagai pakan. 5-6 bulan kemudian ganti pakan dengan udang hidup atau udang rebon segar. Saat itu Anda sudah bisa mulai melakukan seleksi ikan untuk dijadikan calon indukan lagi.

Pada kesimpulannya, ikan oscar akan terawat dengan baik apabila cara memeliharanya benar. Jika cara peliharannya salah maka bisa jadi cara budidaya ikan oscarnya juga salah.

Demikian ulasan kami tentang cara budidaya ikan oscar, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang keindahan ikan oscar sebagai ikan hias cerdas di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN07022021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.