Begini Cara Bijak Menggunakan AC agar Tagihan Listrik tidak Bengkak

AC adalah singkatan dari Air Conditioner yang merupakan satu dari sekian alat elektronik rumah tangga yang sudah dikenal luas. Kberadaan AC di sebuah rumah sudah bukan hanya mengkondisikan udara dalam ruangan saja. Namun sudah menjadi bagian dari ciri kemodernan sebuah rumah. Lihat saja, kebanyakan pemilik rumah minimalis modern saat ini memasang AC sbagai bagian dari ruangan dalam rumah mereka.

Mengingat masifnya penggunaan AC maka tidak heran jika item yang satu ini jadi buruan. Namun, ditengah maraknya tren pemakaiannya, jarang sekali yang tahu bagaimana cara bijak menggunakan AC. Ruangan apapun sudah seperti wajib diberi AC tanpa tahu bagaimana caranya agar listrik tidak bengkak, dan mesin pendingin bekerja maksimal.

Nah, pada kesempatan ini, kami tidak akan membahas soal bagaimana cara memasang AC karena kami yakin Anda lebih paham. Namun, yang akan kami bahas adalah seputar tips penghematan dan cara bijak menggunakan AC di rumah.

Alasan Banyak Orang Menggunakan AC daripada Kipas Angin

Memasang AC mungkin adalah solusi yang tepat untuk sebuah rumah yang sering berhawa panas karena cuaca. Namun, apakah AC tersebut selalu bekerja efektif pada sebuah rumah? Belum tentu. Sebab ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab AC hanya sebuah pemborosan jika tidak tahu bagaimana tips hemat menggunakannya.

Tapi, sebelum sampai kesana, kita akan coba bahas apa saja sih alasan banyak orang menggunakan AC? Kenapa tidak kipas angin saja, kenapa memilih AC? Lebih hemat AC atau kipas angin? Mungkin ini alasannnya:

  • AC lebih efektif mendinginkan ruangan dengan sedikit ventilasi

Banyak orang memilih AC lantaran alat elektronik pengkondisi udara ini bekerja lebih efektif mendinginkan ruangan dibandingkan kipas angin. Hal ini diprertegas dengan kesamaan sumber energi dimana sama-sama menggunakan listrik untuk menghidupkannya. Jika sama-sama menggunakan listrik yang berpotensi boros kenapa tidak pilih yang lebih baik?

Nah, AC dinilai lebih baik dalam hal mendinginkan ruangan. AC yang cara kerjanya dengan menyisir seluruh sudut ruangan sangat berbeda dengan kipas angin yang kurang lembut. Itulah kenapa AC sering dipilih untuk ruang-ruang kantor yang menuntut profesionalitas kerja.

  • AC lebih praktis

Alasan lainnya, AC lebih praktis dibandingkan dengan kipas angin. Jika ingin menyalakan dan mengatur suhu AC maka tinggal pencet pada remot dari kejauhan. Beda dengan kipas angin yang harus mendekat untuk memutar knob atau menarik tali pemutar knob pada kipas angin dinding. Masyarakat modern tentu lebih memilih yang praktis dong?

  • AC lebih banyak pilihan

Di pasaran saat ini, AC sudah tersebar secara masif. Sangat mudah menemukannya di toko-toko elektronik. Hadir dengan berbagai vaian merk dan model yang bisa dipilih. Merk-merk terkenal seperti Daikin, Panasonic, Sharp jelas menjadi pilihan yang sangat bagus untuk siapapun. Soal harga, Anda bisa menyesuaikannya dengan kapasitas, kualitas penghematan, dan efektivitas pendinginan yang diusung masing-masing model.

  • AC bekerja dengan halus

Tidak seperti kipas angin yang bekerja dengan suara yang sedikit kasar, AC lebih halus dan nyaris tanpa suara. Ini juga jadi salah satu pertimbangan bagi seseorang ayng tidak nyaman dengan suara-suara yang dihasilkan oleh peralatan elektronik.

Cara Bijak Menggunakan AC, cara menghemat listrik ac rumah, suhu ac yang baik saat tidur

Gunakan AC secara bijak dan efisien – diminimalis.com

Jenis-Jenis AC

Tahukah Anda bahwa AC yang beredar di pasaran dengan berbagai merk ternyata terdiri dari beberapa jenis? Ya, berikut adalah 3 jenis AC yang umum kita kenal dalam wujud berbagai merek saat ini.

AC Low Watt

AC Low Watt adalah satu jenis AC yang sesuai namanya; paling irit. Cara kerjanya hampir sama dengan AC Standard. Perbedaannya hanya pada kompressornya yang berdaya listrik lebih kecil. Kelebihan AC ini tentu saja pada kemampuan menghemat energi listrik. Sementara kekurangannya ialah kinerja pendinginan yang lebih lambat karena tenaga yang dipakai kecil.

AC Standard

AC jenis ini kelebihannya serba standar dengan kelas medium. Kinerja pendinginan terbilang standar namun sedikit di atas AC low watt, termasuk pada efisiensi yang tdak bisa dibilang hemat juga tidak boros. Kekurangan yang paling kentara dari AC jenis ini adalah tarikan energi listrik yang tinggi saat baru dinyalakan. Selebihnya, AC standar tetap cukup bagus untuk dipilih.

AC Inverter

Terakhir, ada AC inverter yang dikenal dengan AC kasta tertinggi. Teknologi pada AC inverter bisa dibilang sangat canggih karena kompresornya mampu menyesuaikan kebutuhan pendingan ruangan. AC ini mampu mempertahankan suhu ruangan dalam waktu lama. Kekurangannya ada pada tarikan listrik di awal yang cukup tinggi sehingga bisa dikatakan tidak hemat enrgi.

Cara Bijak Menggunakan AC di Rumah Minimalis Anda

Tentu semahal apapun AC di rumah Anda, akan menjadi sia-sia jika tidak digunakan secara bijak. Anda harus tau bagaimana cara bijak menggunaka AC di rumah agar keberadaannya justru tidak jadi beban pengeluaran bulanan Anda.

  1. Gunakan AC hemat enerji

Pertama, cara bijak menggunakan AC adalah dimulai dengan memilih jenis yang paling hemat enerji. AC hemat enerji tidak menghabiskan banyak daya. Pilih PK yang sesuai dengan kondisi ruangan. Hindari memilih AC dengan kapasitas PK yang besar jika memang hanya dipakai pada ruang pribadi dalam rumah.

Cara Bijak Menggunakan AC, cara menghemat listrik ac rumah, suhu ac yang baik saat tidur

aturlah pemakaian suhu ruangan dengan bijak – diminimalis.com 

 

2. Mengatur pemakaian suhu ruangan

Selama ini kita sering menggunakan AC dengan suhu minimum agar terasa lebih dingin. Padahal saat baru dinyalakan, AC akan menambah 6% dari daya listrik. Apabila Anda menurunkan suhu ruangan, otomatis daya listrik akan bertambah hingga mencapai batas maksimum. Tentu hal ini akan membuat penggunaan listrik di rumah semakin boros. Idealnya, suhu ruangan dapat diatur antara 25-22 derajat celcius.

3. Menjaga ruangan agar tertutup

Bila Anda menyalakan AC, tutup beberapa bagian rumah yang terbuka seperti jendela, pintu dan ventilasi. Jika ruangan dibiarkan terbuka, udara panas akan mudah masuk ke ruangan dan menyebabkan kerja AC menjadi lebih berat. Untuk itu, jangan biarkan ruangan Anda terbuka lebar saat AC menyala.

4. Mematikan lampu jika tidak digunakan

Agar penggunaan AC lebih hemat, sebaiknya matikan lampu di beberapa ruangan. Lampu menghasilkan panas yang bisa berdampak pada kinerja AC. Sebagai altrnatif, Anda juga dapat menggunakan lampu hemat enerji seperti jenis LED.

5. Membersihkan filter AC secara berkala

Membersihkan filter juga membuat AC bekerja lebih hemat daya hingga 20%. Bersihkan filter AC dari debu atau kotoran yang menempel secara rutin, minimal sebulan sekali.

Itulah beberapa tips cara bijak menggunakan AC yang baik. Cara-cara di atas tergolong sederhana dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat mengurangi penggunaan listrik dengan mematikan barang-barang elektronik lain saat mesin AC bekerja. Dengan menghemat, Anda dapat mengurangi pengeluaran berlebih hingga pemanasan global. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat. (ls) editted by RN20042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.