Memiliki AC di rumah, bisa jadi kebanggaan bagi sebagian orang. Suhu yang bisa diatur dan terkesan mewah jadi salah satu motivasi beberapa orang memilikinya. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu cara bijak menggunakan AC di rumah. Padahal, ini penting sebagai salah satu misi penghematan.

Dengan tau cara bijak menggunakan AC di rumah, maka Anda juga berarti telah membantu mengurangi pemanasan global. Kabar baiknya, pengeluaran bulanan Anda juga akan sedikit berkurang.

Peran AC dalam Kehidupan Rumah Tangga

AC sendiri merupakan singkatan dari Air Conditioner. Sebagaimana arti tersebut, fungsi dasar AC adalah untuk mengkondisikan udara, bukan bertujuan utama untuk mendinginkan ruangan.

Artinya, udara di dalam ruangan yang tadinya terlalu panas, bisa dikondisikan dengan menurunkan suhu agar sesuai dengan suhu tubuh. Bila kondisinya stabil, tidak panas dan tidak dingin maka sebetulnya AC tidak perlu menyala. AC juga bisa diatur suhunya sesuai dengan kebutuhan.

Dari fungsi utama AC tersebut, yang merupakan pilihan dinyalakan atau tidak, maka penting untuk tahu kapan menghidupkan dan mematikannya. Sesuai yang sudah disampaikan di atas bahwa di artikel kali ini kita akan bahas mengenai cara bijak menggunakan AC di rumah.

cara bijak menggunakan ac, tips agar ac hemat, menghemat ac rumah
Gunakan AC secara bijak dan efisien – diminimalis.com

Tips dan Cara Bijak Menggunakan AC di Rumah

Meski manfaat AC cukup banyak, sebagai pengguna Anda tetap perlu menggunakannya secara bijak. Selain sebagai salah satu cara menghemat biaya listrik, juga menjaga dampak tidak baik bagi kulit tubuh jika terlalu sering terpapar udara dari AC.

Jadi, upaya-upaya berikut bisa Anda terapkan sebagai cara bijak menggunakan AC di rumah dimulai dari pemasangan. Apa saja? Yuk cek poin-poinnya di bawah ini ya!

Pasang AC hemat energi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara bijak menggunakan AC di rumah adalah dengan memilih mesin AC yang hemat energi.

AC sendiri merupakan pendingin ruangan yang mampu menyejukkan ruangan dengan sangat cepat. Ukuran dari evaporator pendingin dan kipas yang lebih besar akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan AC dalam mendinginkan ruangan. Untuk itulah sebaiknya pilih merk dan tipe AC yang mampu menghemat energi.

Gunakan AC Berfreon Ramah Lingkungan

Selanjutnya, tips kedua adalah memilih AC dengan Freon yang ramah lingkungan. Apa itu Freon? Freon sendiri merupakan bahan cair yang berfungsi menghasilkan udara dingin pada mesin AC. Anda harus pilih Freon yang ramah lingkungan misalnya Freon hidrokarbon yang dikenal aman untuk lingkungan.

Pilih Kapasitas [PK] AC yang Tepat

Cara bijak menggunakan AC di rumah selanjutnya adalah menentukan kapasitas AC (PK) saat pertama kali membeli. Kenapa penting memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan pendinginan ruang? Karena nantinya akan berpengaruh terhadap kinerja AC itu sendiri,

Kesalahan ini sangat sering terjadi karena kebanyakan konsumen membeli AC yang kapasitasnya lebih besar dari yang sebenarnya dibutuhkan. Hal ini sangat tidak baik karena akan menjadi boros energy dan otomatis memakan biaya listrik lebih besar.

Untuk itu, pilihlah AC dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa lakukan perhitungan sendiri dengan rumus menentukan kebutuhan spesifikasi AC, bila bingung konsultasikan dengan toko penyedia AC. Acuan kapasitasnya berkisar antara 600 BTU/jam/m2.

Sering-sering Gunakan Timer

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebagai misi penghematan adalah dengan menerapkan timer untuk mesin AC Anda. Gunakan pengatur waktu pada remote AC agar mesin beroperasi pada saat yang tepat saja.

Logikanya seperti ini, saat sebelum tidaur Anda menyalakan AC karena gerah nah saat bangun pagi Anda akan merasakan suhu super dingin karena AC yang dibiarkan menyala semalaman, Disinilah perlunya mengatur timer agar nantinya AC bisa mati secara otomatis.

Efek Buruk AC, Efek Buruk AC bagi kesehatan, dampak negatif ac bagi lingkungan , Cara Bijak Menggunakan AC, cara menghemat listrik ac rumah, suhu ac yang baik saat tidur
aturlah pemakaian suhu ruangan dengan bijak – diminimalis.com

Atur Suhu Ruangan dengan Thermostat

Cara bijak menggunakan AC di rumah yang terakhir adalah dengan mengatur suhunya menggunakan thermostat. Jika dalam aktivitas sehari-hari, usahakan untuk mengatur suhu AC yang paling optimal baik dari sisi kenyamanan ataupun dayanya.

Anda bisa mengatur suhu AC tidak lebih dari 25 °C atau bisa juga 3-5 °C lebih rendah dari suhu luar ruangan.

Menaikkan atau menurunkan temperatur ini efektif dapat menurunkan konsumsi energi listrik di rumah Anda. Perlu diingat juga bahwa untuk mendapatkan kinerja terbaik pada AC itu perlu perawatan yang baik.

Jadi, jangan lupa untuk terus membersihkan filter AC, coil kondensor, dan juga sirip AC secara teratur atau setiap 3 bulan sekali. Bila tidak bisa melakukannya sendiri, jangan pelit untuk membayar biaya perawatan kepada tukang yang ahli.

Dengan pemeliharaan AC secara rutin, Anda bisa menghemat listrik hingga 20% lho. Energi listrik yang digunakan pun tetap lebih rendah dari pada kondesor yang tidak terkena matahari secara langsung. Jadi intinya, penggunaan AC itu bisa diminimalisasi dalam penghematannya asalkan Anda bisa bijak dari mulai memilih saat pembelian hingga pemeliharaannya.

Baca juga: Tips Merawat AC yang Benar Agar Awet dan Tetap Dingin

Semoga tips-tips dan cara di atas bisa Anda praktekkan sebaik mungkin. Oke itulah tadi beberapa tips dan cara bijak menggunakan AC di rumah yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN22062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *