Bordes Pada Tangga Sebagai Area Dekoratif Yang Memperindah Interior

Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum terlalu akrab dengan bordes pada tangga. Padahal lemen tangga ini hampir selalu ada dan ditemukan dimana-mana.

Apa yang mendasari sebuah tangga perlu diberi bordes? Tentu saja ada banyak tujuan yang ingin dicapai dari adanya bordes tersebut.

Bordes pada tangga mungkin masih jarang yang mengetahuinya, padahal area pada tangga ini cukup penting untuk dibuat. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu bordes, simak penjelasannya berikut ini. Bordes adalah sebuah area datar pada tangga yang memiliki fungsi sebagai area transisi saat menaiki atau menuruni tangga.

Syarat Kenyamanan dan Pentingnya Bordes pada Tangga

Salah satu pentingnya bordes adalah berguna untuk membantu kemudahan menaiki lantai selanjutnya. Sebab,  kemiringan tangga tidak boleh terlalu curam, dengan kata lain tidak boleh lebih dari 40 derajat agar bisa dikatakan memenuhi syarat kenyamanan tangga.

Secara lengkap, kenyamanan sebuah tangga minimalis modern bisa dikatakan baik jika memenuhi syarat-syarat teknis, seperti berikut:

Panjang pijakan datar (riser atau antrede) berkisar antara 20 cm sampai 30 cm.

Ukuran ini bertujuan agar langkahnya sesuai dengan standar langkah orang normal.

Tinggi pijakan (optrede) berkisar antara 15 cm sampai 20 cm.

Ini bertujuan agar tidak terlalu tinggi saat pejalan mengangkat kaki, khususnya bagi anak-anak dan orang tua.

Sudut kemiringan tangga berkisar 25 – 40 derajat.

Tidak kurang dan tidak lebih dari angka itu.

Perlu diperhatikan bahwa jika misalnya terlalu jauh untuk dinaiki sekaligus, maka kita dapat melandaikannya dengan cara membagi menjadi dua tangga dengan menambahkan bordes (lantai istirahat) seperti yang sedang kita bahas. Disinilah pentingnya bordes pada tangga.

Fungsi Penting Bordes pada Tangga Rumah

Selain berfungsi sebagai tempat transisi saat Anda melintas di atasnya, bordes juga memiliki fungsi yang lain, berikut diantaranya:

• Pertama, sebagai tempat untuk beristirahat sejenak saat Anda melintas di atasnya.

• Selanjutnya, jika panjang tangga pada rumah Anda tidak mencukupi, area bordes bisa difungsikan sebagai belokan tangga yang nantinya akan menjadikan tangga bisa menjangkau area di atasnya.

• Fungsi bordes pada tangga yang terakhir dan ini merupakan fungsi yang paling penting, yaitu untuk meminimalkan resiko terjatuh saat Anda melintasi tangga.

bordes pada tangga
bordes pada tangga kayu – diminimalis.com

Nah, setelah Anda mengetahui seberapa penting keberada bordes pada konstruksi tangga, sekarang pastinya Anda ingin membuatnya bukan? Ada aturan baku yang harus dipenuhi ketika Anda hendak membuat bordes, yaitu bordes harus dibuat pada tangga yang memiliki lebih dari 12 anak tangga. Jadi, setiap 12 ambalan pada tangga pastinya akan terdapat sebuah area datar untuk tempat beristirahat beberapa saat Anda menaikinya.

Bordes pada tangga sebagai area dekoratif

Meskipun tujuan dibuatnya area bordes lebih kepada tujuan fungsional, namun bordes juga bisa Anda fungsikan sebagai area dekoratif yang akan mempermanis interior sebuah rumah. Area dinding bordes yang biasanya kosong bisa Anda tambahkan dengan ambalan minimalis sebagai tempat pajang elemen dekoratif. Penambahan lampu downlight pada bordes juga akan semakin menambah suasana elegan pada area sekitar tangga.

Jika bordes pada tangga memilki space yang cukup luas, Anda bisa menambahkannya dengan lemari gantung yang ukurannya cukup besar sebagai storage untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan, seperti boneka anak. Agar tidak terkesan monoton, Anda juga bisa menambahkannya dengan karpet berwarna mencolok pada area bordes.

bordes pada tangga
mezzanine tangga minimalis kayu – diminimalis.com

Bordes pada tangga yang luas juga bisa Anda manfaatkan sebagai lantai tambahan yang sering disebut sebagai mezzanine.

Anda tinggal mendesain lantainya dengan material keramik atau material lainnya agar memberikan kesan lantai tambahan pada bordes.

Anda bisa memanfaatkan area ini sebagai tempat sarapan bersama anggota keluarga dengan menambahkan kursi dan meja makan minimalis di atasnya. Waktu sarapan menjadi lebih istimewa bukan?

Jika di bangunan-bangunan bertingkat besar, bordes biasanya cukup bagus dengan area yang cukup luas. Namun jika di rumah, maka cukup sekedar untuk berdiri dengan luas 1m2 sudah cukup.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai bordes pada tangga yang bisa Anda gunakan sebagai area dekoratif pemanis ruang. Semoga menginspirasi (am). editted by RN19122019


Comment