Tips Bijak Menggunakan Gadget di Tengah Keluarga

Hampir semua orang pasti memiliki gadget, minimal satu orang punya satu. Nah, saking masifnya, sudah semestinya banyak orang tahu bagaimana cara bijak menggunakan gadget . Hal ini penting agar jangan sampai berdampak buruk pada kesehatan dan produktivitas kerja/kegiatan sehari-hari.

Mengingat kebutuhan akan gadget yang cukup tinggi karena hampir dipakai setiap hari, maka tujuan yang ingin dicapai bukan menghilangkan sama sekali. Namun lebih pada mengurangi penggunaan sekiranya tidak terlalu penting. Di bawah ini akan diminimalis bahas apa saja yang bisa Anda lakukan sebagai upaya bijak menggunakan gadet di rumah dan dimana saja.

Dampak Buruk Menggunakan Gadget Berlebihan

Munculnya berbagai dampak negatif yang kerap ditimbulkan oleh gadget, menuntut siapapun untuk perhatian terhadap penggunaannya setiap hari. Setiap orang dituntut untuk bijak menggunakan gadget atau smartphone jika ingin tidak ada gangguan signifikan.

Adapun yang dimaksud dengan dampak negatif ini bisa berupa efek langsung pada tubuh seperti paparan radiasi berlebih atau bisa juga dampak lainnya yang berkaitan dengan pola penggunaannya. Dampak yang kedua ini biasanya berefek pada menurunnya produktivitas sehari-hari akibat ritme aktivitas yang banyak teralihkan pada gadget.

bijak menggunakan gadget, bijak dalam menggunakan gadget, cara menggunakan hp dengan bijak
Tips bijak menggunakan gadget agar tidak berdampak buruk – diminimalis.com

Tips Bijak Menggunakan Gadget Demi Menghindari dampak Buruk untuk Jangka Panjang

Dinamai smartphone karena alat komunikasi ini tidak lagi hanya sebatas digunakan untuk telfon atau berkirim pesan SMS saja. Hari ini berbagai fitur yang dibutuhkan manusia teramat banyak, mulai dari aplikasi social media, game, berikirm informasi, bisnis, belanja, navigasi map, booking hotel, transportasi, edukasi, semuanya ada.

Sementara kedepan tentu saja masih akan bermunculan ragam aplikasi yang terus dirilis oleh para programmer demi sesuai apa yang banyak dibutuhkan oleh para pengguna. Efeknya, hari ini tidak ada orang yang tidak lepas dari ketergantungannya dengan gadget, baik itu tua maupun muda. Ada yang levelnya kecanduan, dan ada juga yang ketergantungan karena sangat terbantu dengan aneka fitur yang benar-baner dibutuhkan.

Diluar perubahan pola tersebut, da beberapa hal yang utama yang perlu kita imbangi. Contohnya dengan memberi kesempatan mata agar bisa istirahat, karena sepanjang hari sangat intens dengan gadget. Porsi waktu bersosialisasi yang terampas oleh pola penggunaan sosial media juga perlu dibangun kembali dengan membaur bersama lingkungan demi menjaga interkasi terhadap sesama.

Lebih jauh dari itu, masing-masing kita perlu memahami beberapa hal tentang bagaimana memperlakukan gadget dengan tepat, diantaranya yaitu:

Tidak Setiap Saat dan Setiap Hal Membutuhkan Gadget

Ada kalanya kita terjebak pada situasi stuck di kala menunggu sesuatu. Sementara yang pertama terpikir oleh kita saat itu umumnya adalah mengeluarkan gadget untuk bersocial media atau bermain game.

Bila hal ini sering kita  alami, kenapa tidak sesekali manfaatkan waktu tersebut untuk bercengkrama dengan orang di sekitar kita dan membicarakan banyak hal? Tentu ini akan lebih bermanfaat daripada saling sibuk dengan gadget masing-masing.

 Relakan Aplikasi yang Tidak Penting

Cara bijak menggunakan gadget yang berikutnya yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan. Saat ini sudah banyak aplikasi yang hadir dan meramaikan dunia android, namun bukan berarti semua aplikasi tersebut didownload untuk dipakai. Melainkan memang ada hanya untuk tambahan saja atau sekedar tren, jadi lebih baik hapus saja.

Selain karena menguras banyak kuota internet juga menguras baterai, sehingga dampaknya daya cepat habis. Oleh karena itu, pakailah aplikasi yang penting saja dan hapus aplikasi yang tidak penting agar menghemat penggunaan data dan juga hemat baterai.

Matikan Gadget Saat Hendak Tidur

bijak menggunakan gadget, bijak dalam menggunakan gadget, cara menggunakan hp dengan bijak
Sebaiknya Anda mematikan gadget sebelum tidur – diminimalis.com

Untuk menjadikan tidur lebih berkualitas, maka ada baiknya untuk mematikan smartphone. Selain sebagai salah satu upaya tips tidur sehat, juga mendukung Waktu istirhat yang lebih berkualitas, nyaman dan lebih nyenyak.

Bandingkan dengan saat tidur namun smartphone dalam keadaan hidup, selain mengganggu tidur juga radiasi smartphone sangat tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menonaktifkan gadget ketika hendak tidur.

Dengan memahami cara bijak menggunakan gadget yang tepat, maka Anda bisa menjalankan aktivitas harian dengan lebih baik dan optimal. Tidak perlu takut lagi akan terganggu aktivitas hariannya. Mungkin itu saja ulasan dari kami tentang tips bijak menggunakan gadget, semoga bermanfaat.(ls) editted by RN24062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.