by

Estimasi Biaya Pembuatan Rumah Kayu Sederhana Tahun 2019

Biaya pembuatan rumah kayu menjadi salah satu faktor penentu apakah Anda akan melanjutkan untuk merealisasikan adanya rumah kayu idaman atau bahkan Anda akan mundur dikarenakan anggaran biaya yang dibutuhkan

Oleh karena itu, Anda sangat perlu dan sangat membutuhkan rancangan anggaran biaya. Rancangan biaya pembuatan rumah kayu sederhana perlu Anda ketahui sebelum Anda membuat rumah kayu idaman.

Bagi Anda yang penasaran terkait berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat rumah kayu, Anda dapat memperhatikan perhitungan anggaran biaya untuk membuat rumah kayu berikut ini:

Biaya Perlengkapan yang digunakan

Hal pertama yang akan dibahas adalah terkait biaya perlengkapan yang digunakan untuk membuat rumah kayu sederhana. Biaya ini pasti akan Anda keluarkan ketika hendak membuat rumah.

Biaya Pembuatan Rumah Kayu

Nah, biaya apa saja dan berapa banyak yang perlu Anda persiapkan sih? Berikut informasinya untuk Anda:

NoNama PerlengkapanBiaya
1.KayuRp100.000/m
2.Pembuatan PondasiRp8.000.000
3.GentengRp3.000/buah
4.Jendela@Rp1.000.000
5.PintuRp2.000.000
6.CatRp100.000/kg
7.PakuRp40.000/kg
8.PlafonRp70.000/lembar
9.Biaya pasang listrik baruRp2.000.000

Tabel di atas memperlihatkan estimasi biaya bahan-bahan yang perlu Anda siapkan sebelum proses pembuatan rumah kayu dimulai. Jadi, Anda perlu menyiapkan semua bahat di atas dan juga perkiraan budgetnya.

Dengan demikian, proses pembuatan rumah kayu akan berjalan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Selain itu, dengan persiapan yang matang akan membuahkan hasil yang masimal.

Biaya Tukang

Selanjutnya adalah biaya tukang. Biaya ini pasti akan dikeluarkan mengingat ketika Anda membuat rumah kayu, anda akan membutuhkan tenaga tukang yang akan mengerjakan/ membuat rumah Anda menjadi nyata.

Berikut daftar estimasi biaya tukang per hari yang perlu Anda ketahui:

NoJenis TukangBiaya Per Hari
1.Tukang galiRp90.000
2.Tukang KayuRp120.000
3.Tukang cat/ pliturRp120.000
4.Tukang Listrik Rp120.000
5.Tukang Ledeng Rp120.000
6.Asisten Tukang Rp100.000
7.MandorRp160.000
JumlahRp830.000

Peranan tukang dalam pembuatan rumah sangat penting. Anda juga perlu memikirkan berapa jumlah tukan yang akan diperkerjakan untuk membuat rumah kayu sesuai dengan desain yang Anda inginkan.

Sedangkan untuk waktu pengerjaan, Anda dapat berdiskusi dengan mandor terlebih dahulu. Sampai membuahkan suatu kesepakatan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Sehingga Anda tidak akan menyesal dan tidak akan menimbulkan masalah finansial. Karena Anda sudah membuat daftar estimasi biaya sebagai dasar untuk menghitung dan menyesuaikan dengan keadaan keuangan Anda.

Tips untuk menghemat biaya tukang, Anda dapat membuat rumah dengan sistem borongan. Sehingga biayanya akan lebih murah dan waktu pengerjaannya juga lebih cepat dan tepat sesuai dengan keinginan Anda.

Namun, sistem borongan memiliki kekurangan, yaitu hasil dari pekerjaan yang dilakukan oleh tukang. Hasil yang diperoleh biasanya lebih jelek dari pada sistem lainnya. Hal ini dikarenakan sistem borongan terbatas oleh waktu. Dan yang pasti tukang akan lebih terburu-buru dalam pengerjaan rumah tersebut.

Sehingga hasilnya tidak maksimal dan tidak sesuai harapan atau keinginan Anda. Jadi Anda dapat memilih sistem mana yang akan Anda gunakan untuk membuat rumah. Anda perlu mempertimbangkan baik buruknya juga Anda perlu menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

Biaya pembuatan rumah kayu lainnya

Estimasi biaya yang selanjutnya adalah biaya lainnya yang termasuk biaya penting juga dalam pembuatan rumah kayu. Pertama, biaya yang terkait dengan tanah dan luas bangunan.

Biaya Pembuatan Rumah Kayu

Untuk menghitung biaya ini, kita perlu membuat suatu perumpamaan. Misalnya Anda akan membuat rumah dengan tipe 36/75 dengan luas tanah 75m2. Sedangkan harga tanah sekitar Rp3.100.000 per meter persegi. Jadi Anda harus meghitung Rp3.100.000 X 75 m2= Rp232.500.000.

Jadi untuk membeli tanah Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp232.500.000. Biaya tersebut bisa dibilang biaya yang cukup banyak. Sehingga Anda perlu menyiapkannya dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Anda akan sangat terbantu, jika Anda sudah memiliki tanah sendiri. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu dan Anda bisa lebih hemat jika sudah memiliki tanah.

Kedua, jika Anda membangun rumah dengan sistem pembiayaan dihitung per m2. Sedangkan untuk biaya membuat rumah per m2 adalah sekitar Rp2.500.000. Maka, Anda dapat menghitung Rp2.500.000 X 36 m2= 90.000.000. Jadi Anda perlu menyiapkan uang sebanyak Rp90.000.000 untuk membuat rumah tipe 36/75.

Ketiga, biaya cadangan. Biaya ini perlu Anda persiapkan sebagai persiapan Anda untuk menutup jika suatu saat ada kekurangan. Biaya ini dapat Anda persiapkan sekitar 10% dari seluruh total biaya yang Anda keluarkan untuk membuat rumah kayu sederhana sesuai dengan keinginan Anda.

Sehingga jika Anda suatu kekurangan, Anda tidak akan merasa khawatir karena Anda sudah memiliki biaya cadangan yang akan membantu Anda dalam mengatasi masalah keuangan yang mendadak terjadi saat proses pembuatan rumah.

Demikian penjabaran terkait biaya pembuatan rumah kayu sederhana tahun 2019. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam merencanakan anggaran biaya untuk membangun rumah kayu impian.

Dengan anggaran biaya pembuatan rumah kayu di atas, Anda akan lebih mudah mengatur keuangan jika Anda belum memiliki cukup dana. Sehingga informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai patokan untuk membuat perencanaan keuangan dengan baik.

Sehingga Anda tidak akan terkenal masalah defisit finansial dan keuangan Anda tetap dalam keadaan yang baik. Semoga semua informasi di atas dapat membantu Anda dan sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Selamat mempersiapkan pembangunan rumah secara matang khususnya secara finansial. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.