Estimasi Biaya Pembuatan Kitchen Set Apartemen

Biaya pembuatan kitchen set apartemen merupakan hal yang harus Anda ketahui sebelum Anda membuat kitchen set untuk apartemen Anda. Pembuatan kitchen set apartemen dapat Anda lakukan sendiri di rumah bagi Anda yang bisa membuatnya atau dapat juga membelinya dari pembuat kitchen set apartemen.

Bagi Anda yang bisa membuat kitchen set apartemen sendiri, Anda sebaiknya mengetahui rincian biaya pembuatan kitchen set apartemen. Namun, jika Anda memilih untuk membelinya secara langsung, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu harga dari kitchen set tersebut.

Jika Anda membelinya secara custom Anda juga harus menanyakan terlebih dahulu harganya kepada pembuat kitchen set agar Anda bisa menyiapkan semua kebutuhan uang yang harus Anda bayarkan.

Biaya pembuatan kitchen set apartemen dengan membelinya secara langsung

Pembelian kitchen set secara langsung memang cukup praktis dan mudah. Hal ini sangat direkomendasikan untuk yang tidak bisa membuatnya sendiri.

Pembuatan kitchen set apartemen termasuk salah satu hal yang sulit dan memerlukan ketrampilan. Sehingga tidak semua orang bisa membuatnya sendiri. Oleh karena itu, sebagian orang lebih memilih untuk membelinya langsung ke pengrajin kitchen set.

Pembelian langsung ke pengrajin atau ke toko furniture merupakan pilihan yang tepat untuk yang tidak ingin ribet membuatnya sendiri. Anda hanya cukup menyedian uang sebanyak harga kitchen set yang Anda inginkan.

Harga kitchen set dipasaran sangat beragam, sehingga Anda harus bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Dengan demikian Anda akan mendapatkan kitchen set apartemen yang tepat.

Berikut beberapa rekomendasi kitchen set apartemen guna menjadi salah satu referensi dan gambaran terkait harganya dan bisa menjadi bahan acuan dalam pemilihan kitchen set yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

1. Kitchen set modern minimalis

Kitchen set model ini merupakan model yang sangat cocok untuk Anda yang memiliki ukuran dapur minimalis. Jadi Anda bisa menggunakan kitchen set ini sebagai bagian dari dapur pada apartemen Anda.

Estimasi Biaya Pembuatan Kitchen Set Apartemen 1
biaya pembuatan kitchen set apartmen via encrypted-tbn3.gstatic.com

Kitchen set seperti ini dapat Anda dapatkan di toko furnitur terdekat dengan estimasi harga sebagai berikut. Contoh perhitunagn harga kitchen set modern minimalis ini adalah sebagai berikut.
Kitchen set bagain atas: 105 cm + 132 cm = 2,37 m
Kitchen set bagian bawah: 90 cm + 60 cm + 70 cm= 2,20 m
Total kitchen set atas dan bawah = 4,57 m
Jadi total biayanya adalah 4,57 m x Rp2.500.000= Rp11.425.000

Demikian penghitungan biaya kitchen set modern minimalis tersebut. Jika Anda hendak membelinya dengan harga seperti pada contoh di atas, maka Anda perlu menyiapkan uang sebanyak Rp11.425.000.

Jadi Anda dapat langsung menyiapkan uang sebanyak itu agar Anda tidak kekurangan saat akan membayar kitchen set tersebut.

2. Kitchen set HPL

Kitchen set rekomendasi selanjutnya adalah kitchen set HPL yang terbuat dari kayu HPL. Model ini termasuk model kitchen set yang bagus dan tidak ketinggalan jaman.

Jadi bagi Anda yang ingin memiliki kitchen set dengan desain yang bagus dan menggunakan bahan HPL, Anda dapat menggunakan contoh ini sebagai referensi utama dalam memilih kitchen set untuk apartemen Anda.

Estimasi Biaya Pembuatan Kitchen Set Apartemen 2
biaya pembuatan kitchen set apartemen via encrypted-tbn3.gstatic.com

Kitchen set dijual dengan harga lebih dari Rp1.900.000 per metar. Jadi bagi Anda yang ingin memiliki kitchen set ini, Anda bisa memulai dengan mengukur dapur apartemen Anda agar bisa mengestimasi harga kitchen set HPL dengan model ini.

Dengan demikian Anda bisa mendapatkan kitchen set yang Anda butuhkan dan inginkan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

3. Kitchen set Blockboard

Rekomendasi selanjutnya adalah kitchen set blockboar minimalis elegan. Sangat cocok untuk dapur minimalis seperti dapur yang ada di apartemen.

Estimasi Biaya Pembuatan Kitchen Set Apartemen 3
biaya pembuatan kitchen set apartemen via encrypted-tbn3.gstatic.com

Kitchen set ini memiliki ukuran panjang 1 meter, tinggi 20 cm dan lebar 30 cm dan dijual dengan harga sekita Rp9.990.000. Jadi bagi Anda yang memiliki apartemen dengan dapur yang cukup dengan ukuran seperti di atas, Anda dapat menggunakan kitchen set ini untuk dapur apartemen Anda.

4. Kitchen set multifungsi

Kitchen set ini merupakan kitchen set yang didesain untuk dapur minimalis yang dapat digunakan juga untuk apartemen. Modelnya yang simpel tetap sangat bagus karena dibalut dengan warna yang mewah dengan memaksimalkan fungsinya.

Sehingga kitchen set ini hadir untuk melengkapi kebutuhan dapur Anda sehingga bisa membantu Anda dalam menjalankan aktivitas di dapur, juga bisa menjadi salah satu faktor penyemangat Anda dalam memasak.

Estimasi Biaya Pembuatan Kitchen Set Apartemen 4
biaya pembuatan kitchen set apartemen via encrypted-tbn3.gstatic.com

Kitchen set model ini dijual dengan harga sekitar Rp2.000.000 per meter. Jadi Anda bisa mengkalkulasikan biaya yang Anda butuhkan dan disesuaikan dengan ukuran dapur Anda. Sehingga Anda bisa mengestimasi biaya yang dibutuhkan untuk membeli kitchen set apartemen Anda.

Biaya pembuatan kitchen set apartemen dengan membuatnya sendiri

Bagi Anda yang memilih untuk membuatnya sendiri, Anda perlu menyiapkan berbagai kebutuhan yang akan Anda butuhkan dalam proses pembuatannya. Biaya ini didapatkan dari sususan berbagai material yang akan Anda gunakan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang akan membuat kitchen set apartemen, sebaiknya Anda segera membuat list kebutuhan yang akan Anda butuhkan saat proses pembuatan kitchen set apartemen.

Dari semua alat dan bahan yang dibutuhkan tersebut Anda bisa membuat daftar harga dari masing-masing kebutuhan. Sehingga akan diperoleh total biaya yang perlu Anda siapkan sebelum membuat kitchen set apartemen.

Dengan demikian Anda bisa menyiapkan kebutuhan uang yang akan Anda keluarkan untuk memenuhi semua kebutuhan kitchen set apartemen. Sehingga Anda bisa mengatisipasi jika Anda hal-hal yang tidak diinginkan terutama dalam masalah keuangan.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan referensi rincian biaya pembuatan kitchen set apartemen, berikut informasi terkait estimasi biaya pembuatan kitchen set apartemen. Namun, sebelumnya Anda harus mengetahuin faktor apa saja yang bisa mempengaruhi perbedaan biaya dalam pembuatan kitchen set apartemen.

1. Desain kitchen set apartemen

Faktor pertama yang mempengruhi adanya perbedaan harga pembutan kitchen set apartemen adalah desainnya. Semakin rumit desain kitchen set apartemen maka biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak.

Sebaliknya, semakin simpel desain kitchen set apartemennya maka akan semakin kecil biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan kitchen set apartemennya. Oleh karena itu, sebelum membuat kitchen set apartemen, buatlah desain kitchen set yang tepat agar Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

Dengan demikian Anda tidak menyesal dan bisa memiliki kitchen set idaman yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Jadi mulailah dengan desain kitchen set yang tepat agar proses pembuatan kitchen set bisa berjalan dengan lancar.

2. Ukuran kitchen set apartemen

Faktor yang ke dua adalah ukuran kitchen set apartemen. Ukuran merupakan faktor yang mempengaruhi secara langsung akan biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan kitchen set apartemen.

Ukuran yang luas akan menambah biaya pembuatan juga biaya pembelian bahan material yang digunakan untuk kitchen set apartemen. Sebaliknya, jika ukurannya semakin kecil makan biaya pembutan dan bahan material akan semakin sedikit.

Jadi saat mendesain kitchen set apartemen, Anda juga harus tau ukuran dapur apartemen yang akan Anda tambahkan dengan kitchen set apartemen. Selain itu, ukuran juga akan sangat penting dan mempengaruhi bagus atau tidaknya kitchen set apartemen di dalam ruangan tersebut.

Ukuran yang pas akan menjadikan dapur Anda lebih bagus dan rapi sedangkan jika kitchen set tidak pas maka Anda harus lebih pinter menata dan menyasati agar dapur Anda bisa tetap menjadi dapur idaman yang nyaman dan aman digunakan.

3. Material bahan dasar yang digunakan pada kitchen set apartemen

Faktor yang ke tiga adalah material bahan dasar yang digunakan untuk kitchen set apartemen. Hal ini sangat berkaitan dengan kualitas dari material yang digunakan. Semakin bagus kualitasnya maka akan semakin mahal harganya, bagi sebaliknya.

Jadi Anda harus menentukan material yang akan Anda gunakan untuk kitchen set apartemen Anda jauh-jauh hari sebelum pembuatan kitchen set. Dengan demikian Anda bisa mencari informasi harga dari setiap material yang Anda inginkan.

Hal tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan semua biaya yang mungkin akan butuhkan untuk membeli material dasar yang digunakan untuk membuat kitchen set apartemen.

4. Jenis finishing yang digunakan

Faktor yang terakhir adalah janis finishing yang digunakan dalam pembuatan kitchen set apartemen. Finisihing ini dapat Anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Anda dapat memilih jenis finishing seperti HPL, deco sheet, melamic, duco dan lainnya. Pemilihan ini dapat Anda sesuaikan juga dengan kondisi finansial Anda. Sehingga Anda bisa memilih jenis finishing yang memiliki harga sekitar budget yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Hal tersebut dapat membantu Anda dalam mengatur finansial agar tetap aman dan tidak menjadikan Anda menyesal setelah memilih jenis finishing tersebut.

Estimasi Biaya Pembuatan Kitchen Set Apartemen 5
biaya pembuatan kitchen set apartemen via amazonaws.com

Setelah Anda mengetahui beberapa faktor tersebut, berikut contoh perhitungan biaya pembuatan kitchen set apartemen yang dapat Anda gunakan sebagai refernsi.

Misalnya Anda akan membuat kitchen set apartemen dengan desain L dan dengan ukuran 3×3 meter. Berikut detail biaya yang dibutuhkan:

Asumsi triplek kabinet bawah dengan harga Rp1.500.000 per meter
Asumsi meterial triplek atas dengan harga Rp1.400.000 per meter
Top granit dengan harga Rp950.000 per meter.

Rinciannya sebagai berikut:
Kabinet bawah : (3m + 3m) x Rp 1.500.000 = Rp9.000.000
Kabinet atas : (3m + 3m) x Rp 1.400.000 =Rp8.400.000
Top table granit : (3m + 3m) x Rp950.000 =Rp5.700.000
Total biaya = Rp 23.100.000

Demikian kira-kira penghitungan biaya pembuatan kitchen set apartemen dengan ukuran 3×3 meter. Semoga contoh tersebut bisa menjadi salah satu referensi yang dapat Anda gunakan sebagai bahan dasar dalam menentukan anggaran untuk membuat kitchen set apartemen.

Semoga informasi di atas bisa membantu Anda dalam membuat penghitungan biaya pembuatan kitchen set apartemen. Selain itu, Anda juga dapat memilih kitchen set yang sudah jadi dan Anda tinggal membelinya.

Jika Anda ingin membelinya secara langsung maka, jangan lupa memilih kitchen set apartemen yang memiliki ukuran yang pas dengan ukuran dapur pada apartemen Anda.

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan kitchen set apartemen yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansial Anda. Jadi Anda tidak akan menyesal pada akhirnya dan bisa mendapatkan kitchen set apartemen yang tepat. (fy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.