Biaya Jual Beli Rumah apa sajakah? Simak Ulasan kami di sini

Dalam setiap transaksijual-beli rumah, ada beberapa biaya yang perlu kita keluarkan - diminimalis.com

Biaya jual beli rumah ada bermacam-macam jenisnya. Dan biaya ini harus kita persiapkan supaya transaksi yang akan kita lakukan bisa berjalan dengan lancar. Jangan sampai proses jual-beli rumah Anda gagal akibat beberapa biaya yang tidak dipersiapkan sebelumnya.

Mengapa dalam setiap proses jual-beli rumah, ada banyak biaya tambahan yang harus dikeluarkan? Hal ini sebenarnya demi melindungi pihak penjual maupun pembeli dari kerugian. Karena biaya tersebut dikeluarkan untuk mengesahkan perpindahan aset (rumah) dari pihak pertama ke pihak kedua.

 Biaya Jual Beli Rumah, Biaya Jual Beli Rumah lewat nitaris, biaya notaris Jual Beli Rumah
Dalam setiap transaksijual-beli rumah, ada beberapa biaya yang perlu kita keluarkan – diminimalis.com

Biaya Jual Beli Rumah apa sajakah?

Bagi para pembeli rumah, memilih rumah ibaratnya seperti memilih jodoh. Rumah cocok tapi belum tentu harganya juga cocok, sebaliknya harga cocok namun ternyata tipe rumah kurang cocok. Transaksi ini terlihat mudah namun sebenarnya sulit untuk dilakukan, itulah hal yang terjadi dalam bisnis jual beli properti.

Hal yang harus Anda ketahui dalam setiap transaksi jual-beli properti, tentu memerlukan beberapa biaya yang harus dikeluarkan. Biaya tersebut terkait dengan administrasi yang dibutuhkan oleh pemilik rumah ataupun pihak yang akan membelinya. Berikut beberapa biaya yang harus dikeluarkan selama proses jual beli properti yang Anda lakukan.

Biaya Akta Jual Beli
Untuk membuat Akta Jual Beli, membutuhkan dana khusus yang harus Anda persiapkan dengan baik. Pihak pembuat akta jual beli yaitu PPAT memiliki tarif pembuatan akta jual beli yang berbeda di setiap daerah. Namun umumnya harga akta tersebut tidak lebih dari 1% dari harga transaksi yang tercantum di dalam akta.

 Biaya Jual Beli Rumah, Biaya Jual Beli Rumah lewat nitaris, biaya notaris Jual Beli Rumah
Biaya balik nama diperlukan agar kepemilikan rumah, sah di mata hukum – diminimalis.com

Biaya Balik Nama
Adapun untuk mengubah atau membalik nama pemilik rumah, bisa dilakukan di kantor pertanahan setempat. Proses yang diajukan oleh Pejabat pembuat akta tanah, akan membutuhkan sejumlah biaya yang sudah ditentukan untuk mengubah nama yang tertera di dalam akta tanah yang sudah di beli.

Pengecekan sertifikat
Sebelum dilakukan proses jual beli tanah atau rumah, harus dilakukan pengecekan sertifikat untuk menjamin keamanan transaksi yang dilakukan. Biaya ini yang dibebankan sesuai dengan ketentuan setiap kantor pertanahan setempat. Karena hanya di kantor pertanahan saja pengecekan sertifikat bisa dilakukan.
Demikian ulasan kami tentang biaya jual-beli rumah dan hal-hal yang terkait di dalamnya, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara mengurus sertifikat tanah sendiri dengan mudah dan murah di bawah ini. (ls)
Mengurus sertifikat tanah sendiri, mudah dan murah

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.