Kalkulasi Sederhana Biaya Bangun Rumah Minimalis Type 36 1 Lantai, Tidak Sampai 50 Juta

Biaya bangun rumah minimalis type 36- Seperti kita pahami bersama bahwa rumah minimalis merupakan salah satu tren gaya rumah terpopuler saat ini. Popularitas rumah minimalis yang semakin tinggi tidak lain disebabkan oleh kebutuhan tempat tinggal yang tidak linear dengan harga lahan yang semakin mahal. Oleh karenanya banyak orang yang akhirnya autolike dengan rumah minimalis.

Salah satu type rumah minimalis yang banyak diminati karena ukurannya yang medium adalah type 36. Dengan panjang dan lebar hanya 6 x 6 meter, Anda dituntut untuk mampu memetakan lahan yang ada menjadi ruangan-ruangan yang siap huni. Tentu tidak menjadi masalah berarti jika anggaran dana yang ada cukup banyak untuk menunjang pembangunannya, bagaimana jika tidak alias dana minim?

biaya bangun rumah minimalis type 36-diminimalis.com.png2.png

Hitung-hitungan biaya bangun rumah minimalis type 36

Baiklah, jika Anda sudah merasa mantap segera membangun rumah minimalis type 36, berikut ini kami sajikan beberpa gambaran umum soal pembiayaannya. Berikut akan kami ulas lebih rinci soal rekapitulasi anggarannya.

1. Upah Pekerja (kontraktor)

biaya bangun rumah minimalis type 36-diminimalis.com.png2.png

Item pembiayaan paling awal yang akan kita bahas adalah soal upah pekerja. Untuk upah pekerja atau tukang bangunan memang berbeda-beda di setiap daerah. Namun meski begitu, kita tetap bisa mengambil harga rata-rata pasaran saat ini sebagai sampel yang valid.

Jika diasumsikan Anda memperkerjakan tukang bangunan dengan sisetem borongan maka Anda harus merogoh kocek sekitar 500 ribu/m2. Sehingga disesuaikan dengan topik bahasan kita saat ini yaitu bangunan rumah type 36 maka hitungan totalnya menjadi: 36 m² x Rp. 500.000,- = Rp. 18.000.000,-

Baca juga: Biaya Buat Rumah Sederhana Hanya 50 juta? Bisa, Begini Hitung-Hitungannya

2. Kebutuhan Material

biaya bangun rumah minimalis type 36-diminimalis.com.png2.png

Untuk rincian material yang dibutuhkan setidaknya sebagai berikut:


Comment