by

Bolehkah Berenang Saat Puasa? Begini Penjelasanya

Artikel tentang “Apakah Berenang saat puasa diperbolehkan? Begini Penjelasannya ini ditulis oleh Uswatun Khasanah. Beliau bisa dihubungi via email uswatun.h13@gmail.com.

Berolahraga saat puasa sebenarnya tidak dilarang, asalkan aktivitas tersebut tidak sampai membatalkan puasa. Lalu, bagaimana dengan olahraga air seperti berenang? Melakukan aktivitas berenang saat berpuasa diperbolehkan asalkan Anda mempersiapkan apa yang perlu dibawa saat renang.

berenang saat puasa diperbolehkan

Karena sesuatu yang membatalkan puasa adalah masuknya makanan dan minuman ke dalam perut Anda. Tidak hanya itu saja, bisa juga karena melihat dan berbuat maksiat. Karena itu berenang saat puasa tidk otomatis membuat puasa Anda batal.

Baca juga:
Ternyata Ada Dampak Buruk Bila Kita Terlalu Sering Berenang

Penjelasan Kenapa Berenang Saat Puasa Diperbolehkan

Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat, baik dari kalangan dewasa, remaja, anak-anak hingga balita. Lalu bagaimana jika seseorang ingin melakukan aktivitas berenang saat puasa?

Pada intinya yang membatalkan puasa adalah makan dan minum dengan sengaja, muntah, haid dan nifas, memasukan sesuatu ke dalam perut melalui mulut, telingan, dan hidung.

Jadi kalau Anda berenang saat puasa diperbolehkan asalkan hanya sekedar berenang dan tidak berlebihan. Sehingga memungkinkan tidak akan ada air yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, telinga dan dubur.

Manfaat Yang Diperoleh Ketika Berenang Saat Puasa Diperbolehkan

Dari penjelasan diatas Anda dapat mengetahui berenang pada saat menjalankan ibadah puasa itu diperbolehkan asalkan tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh Anda. Selain itu, Anda juga sudah mengetahui manfaat apa saja yg diperlukan ketika renang. Berikut beberapa manfaat yang harus Anda ketahui.

1. Melatih Pernafasan

Berenang mampu melatih pernafasan agar lebih kuat dan panjang, karena gerakan saat berenang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru lebih lancar, dan juga pembuluh darah.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Dengan Anda melakukan olahraga berenang saat puasa, otot Anda akan semakin kuat itu terlihat dari postur tubuh Anda. Karena ketika berpuasa tubuh Anda lemas, dengan melakukan renang otot Anda akan kuat dan semangat dalam menjalankan ibadah puasa Anda.

3. Meninggikan Badan

Jika Anda ingin memiliki tubuh tinggi, maka salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Dengan berenang akan membuat tubuh Anda sehat dan juga tinggi.

4. Menurunkan Berat Badan

Banyak sekali orang yang pada bulan puasa makan yang berlebihan, seperti makan yang manis-manis, daging, ikan, telor, yang membuat tubuh Anda kurang ideal. Oleh karena itu, berenang adalah olahraga yang paling bagus untuk membakar lemak. Jika Anda ingin cepat kurus, maka rajinlah melakukan olahraga renang.

5. Meredakan Radang Sendi

Postur tubuh yang kurang ideal akibat makan yang berlebihan, itu bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenang mampu mengurangi masalah yang sering menyerang tulang belakang. Gerakan saat berenang mampu memperkuat otot dan membuat tubuh Anda semakin kencang.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Saat puasa banyak sekali orang yang makan makanan manis. Nah dengan melakukan berenang mampu menurunkan risiko diabetes. Hal ini, karena berenang mampu membakar kalori dan lemak hingga gula sehingga Anda pun terbebas dari diabetes.

7. Terapi Saat Cidera

Jika saat Anda cidera otot ketika berpuasa maka salah satu alternative pemulihannya adalah melakukan kegiatan berenang. Maka banyak sekali seseorang termasuk Anda, apabila cidera lansung melakukan renang untuk memulihkannya.

5 Elemen Penting Yang Perlu Dipersiapkan Ketika Berenang Saat Puasa

Ketika berenang Anda akan susah mencegah masuknya air kedalam tubuh khususnya hidung, telinga, dan mulut. Untuk itu Anda harus mempersiapkan apa saja yang diperlukan saat berenang agar puasa Anda dapat berjalan dengan lancar dan menyehatkan. Berikut hal yang dipersiapkan renang saat puasa.

1. Penyumbat Telinga

Penyumbat telinga menjadi hal yang penting ketika akan melakukan berenang saat puasa. Beberapa perenang di Indonesia menggunakan penyumbat telinga untuk menghalangi masuknya air ke saluran telinga saat Anda berenang.

Pasalnya air masuk ke telinga dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama beberapa jam setelah melakukan berenang dan juga dapat meningkatkan peluang Anda terkena infeksi telinga luar atau yang sering disebut dengan swimmer’s ear.

2. Penjepit Hidung

Sama halnya dengan fungsi penyumbat telinga, penjepit hidung juga sangat diperlukan saat berenang terlebihnya ketika anda sedang menjalankan ibadah puasa.

Penjepit hidung ini bisa mencegah masuknya air kedalam hidung saat berenang. Selain itu penjepit hidung ini berfungsi agar Anda terhindar dari mikroba kecil yang hidup di kolam masuk kedalam hidung Anda.

3. Kacamata Renang

Sebagian besar air kolam renang mengandung klorin yang tinggi dan bahan kimia lainnya missal kaporit yang sering digunakan di kolam renang pada umumnya untuk membantu menjaga air agar terbebas dari bakteri dan pertumbuhan alga di dalam kolam.

Tahukah Anda apa itu klorin? Kandungan klorin di dalam kolam bisa mengiritasi mata. Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan kacamata renang. Selain membuat penglihatan di dalam air lebih jernih, Anda juga bisa melindungi mata Anda akibat iritasi dari kandungan klorin di dalam air.

4. Pelampung

Jika Anda belum terlalu lancar berenang, Anda juga bisa menggunakan peralatan renang yang memang dirancang untuk melatih kekuatan dan teknik saat berenang, misalnya pelampung.

Pelampung merupakan alat yang berisi busa ataupun udara agar membantu anda mengapung atau mengambang saat berenang. Bentuk pelampung juga sangat beraneka ragam misalnya bisa papan, rompi, ataupun pelampung dari ban karet.

5. Penutup Kepala (Swim Cap)

Penutup kepala (swim cap) adalah salah satu perlengkapan renang yang penting, terutama jika Anda yang memiliki rambut panjang.

Penutup kepala juga berfungsi untuk menjaga rambut Anda supaya tidak menutupi wajah saat berenang dan melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh klorin.

Penutup kepala biasanya terbuat dari bahan silicon atau karet yang elastis. Bahan ini tidak mudah tembus dengan air sehingga aman saat digunakan saat berenang dan Anda tidak akan batal saat menjalankan ibadah puasa.

Nah dari penjelasan di atas berenang saat puasa diperbolehkan asalkan sesuai dengan aturannya dan mempersiapkan apa saja yang diperlukan ketika berenang. Agar puasa Anda teteap terjaga samapi menjelang berbuka. Demikian informasi tentang bolehkah berenang saat puasa. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan semoga Anda lancar menjalankan ibadah puasanya.


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.