Bentuk atap rumah terbaik model rumah minimalis tropis ada bermacam-macam. Pemilhan atap rumah menjadi salah satu hal utama yang perlu diperhatikan dengan baik terkhusus untuk rumah yang dibangun pada daerah iklim tropis seperti yang ada di Indonesia. Atap rumah yang tidak mampu menyesuaikan kondisi iklim tropis akan lebih cepat rapuh dan akhirnya tidak tahan lama. Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh panduan memilih atap rumah khusus untuk perumahan yang ada di daerah iklim tropis.

Bentuk Atap Rumah, jenis Atap Rumah,desain atap rumah minimalis
Atap model sandar pada rumah minimalis – diminimalis.com

Bentuk Atap Rumah Terbaik Model Rumah Minimalis Tropis

model atap rumah minimalis, model atap rumah minimalis tampak depan, model atap rumah bagian depan
Atap rumah model pelana – diminimalis.com

a. Bentuk Atap Pelana

Yang pertama adalah bentuk atap pelana. Atap pelana mempunyai tingkat kemiringan hingga 30-45 Derajat. Kita sering kali melihat perumahan yang menggunakan jenis atap ini. Untuk tingkat ketahanannya sendiri, jenis atap pelana lebih tahap terhadap cuaca yang sering berubah-ubah. Tentu saja bahan ini, tahan terhadap bocor.

b. Bentuk Atap Limasan

Kemudian yang kedua adalah bentuk atap limasan atau perisai. Bentuk atap limasan ini merupakan penyempurnaan dari jenis atap pelana. Tingkat kemiringannya hampir sama dengan bentuk seperti trapesium.

c. Bentuk Atap Pelana dan Limasan

Kemudian bentuk yang ketiga ini merupakan kombinasi dari dua bentuk atap yang sudah saya jelaskan diatas. Kedua bentuk atap ini biasa disebut dengan perumahan Joglo. Jenis atap kombinasi lebih tahan lama dan memiliki peluang yang lebih besar terhindar dari kebocoran.

d. Bentuk Atap Datar

Bentuk atap ini biasanya sering kali digunakan untuk atap bagian teras perumahan. Atap datar termasuk jenis atap rumah yang proses pembuatannya mudah karena sangat sederhana. Desain ini biasanya di buat dengan berbagai jenis material seperti beton bertulang, seng tebal dan lain sebagainya.

Namun jenis atap ini lebih rentan bocor karena bentuknya yang datar sehingga dapat mengakibatkan genangan air saat hujan. Bila Anda memilih menggunakan atap model ini, alangkah baiknya Anda membuat sistem drainase yang bagus untuk menghindari luapan air yang dapat masuk ke dalam rumah minimalis Anda.

Berikut beberapa contoh rumah yang mempunyai atap datar:

Atap Datar Minimalis

Model atap ini mempunyai bentuk yang rata. Fasad pada bangunan ini juga sangat minimalis dengan dominasi warna putih.

Atap Datar Modern Natural

Atap jenis ini sangat cocok untuk dikombinasikan dengan material yang alami pada area fasad. Sentuhan dari kombinasi ini akan memberikan aksen bangunan yang lebih menarik.

Atap Datar Kayu

Bentuk atap rumah jenis ini menggunakan bahan dasar kayu. Beberapa material alami lainnya juga mendukung konsep natural, sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.

Atap Datar Modern

Atap datar modern ini tak jauh berbeda dengan model atap minimalis. Namun pada atap ini warna dan material yang digunakan jauh lebih beragam.

e. Atap Grambel

Atap grambel merupakan bentuk atap rumah yang berasal dari Belanda. Modelnya mempunyai dua sisi simetris dengan 2 lereng pada setiap sisi atapnya. Pada bagian lereng atas terdapat sudut yang dangkal, sedangkan lereng yang lebih rendah kemiringannya lebih curam.

f. Atap Mansard

Model jenis ini banyak sekali di jumpai di negara Perancis. Atap jenis ini mempunyai 4 sisi, yang mana setiap sisi lerengnya sangat curam. Bentuk atap rumah ini mempunyai ciri khas terdapat jendela yang timbul pada sisi depan. Namun, atap jenis ini pada umumnya hanya digunakan untuk ruang penyimpanan barang.

g. Atap Skillion

Atap bonet merupakan bentuk atap rumah yang tidak asing bagi rumah tipe minimalis. Anda dapat menemukan model atap ini di Australia. Ciri-ciri dari model atap ini adalah memiliki permukaan atap miring tunggal. Bentuk atap yang unik ini menjadikan model atap skilion sebagai pilihan untuk arsitektur modern.

h. Atap Melengkung

Memang tidak banyak banyak rumah yang menggunakan model atap melengkung. Pada umumnya model atap ini hanya digunakan sebagai pelengkap untuk menambah kesan unik dan ditempatkan di atas teras rumah. Bentuk atap ini merupakan bentuk estetika yang sangat menawan.

i. Atap Rumah Bonet

Model atap rumah Bonet merupakan kombinasi dari model atap rumah limah dan model atap hip, namun sedikit berbeda. Atap ini mempunyai konsep atap rumah bertingkat dengan desain pada bagian bawah atap yang sedikit lebih menjorok ke bagian luar. Anda bisa menemukan model atap rumah ini seperti rumah Joglo.

j. Atap Palang Runcing

Bentuk atap rumah yang selanjutnya adalah atap palang runcing. Bentuk dari jenis ini menyerupai model atap rumah Hip, namun sedikit berbeda. Posisi dari atap ini terlihat menyilang dan membentuk pola segitiga yang cantik. Model ini memiliki dua sisi pokok atap yang sama, sehingga dari samping membentuk segitiga.

Tips Merawat Atap Rumah agar Tampak Indah

Anda sudah tahu apa saja bentuk atap rumah yang cocok untuk daerah tropis. Selanjutnya, diminimalis akan sajikan beberapa tips merawat atap rumah agar selalu tampak indah dan tidak lelang oleh waktu.

1. Rutin Membersihkan Atap secara Berkala

Langkah pertama untuk merawat atap rumah Anda adalah membersihkannya secara berkala. Bentuk atap rumah memang berbeda-beda, sehingga bersihkanlah semua bagian yang dapat merusak atap seperti sampah, lumut, atau kotoran lainnya. Anda juga dapat memastikan saluran air lancar dan tidak adanya kotoran yang menyumbat. Alangkah baiknya, Anda melakukan perawatan ini dua minggu sekali.

2. Bersihkan Ventilasi

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memastikan lubang ventilasi atap dalam kondisi yang bersih atau cemerlang. Apabila ventilasi gelap atau buram, artinya terdapat sampah, debu, atau kotoran yang menumpuk. Bersihkan ventilsi udara apabila sudah terlalu kotor, agar sirkulasi uap air dapat berjalan dengan baik.

3. Terbebas dari Gangguan Binatang

Hama merupakan salah satu penyebab atap menjadi rusak. Hewan yang biasanya sering membuat kerusakan adalah tikus. Binatang-binatang ini dapat menyusup dan menyebabkan kondisi atap memburuk. Kotoran ini dapat menjadi sumber penyakit dan menyebabkan bau tidak sedap.

Anda dapat mencegah munculnya tikus di rumah, Anda dapat membuat jebakan di lantai. Selain itu, untuk mencegah binatang lain seperti semut dan kecoa. Anda dapat membuang sampah di tempat yang benar. Tutup semua makanan agar tidak mudah dihinggapi lalat.

4. Pemilihan dan Pemasangan Atap

Langkah utama dalam memasang atap rumah yang benar adalah memilih atap yang berkualitas tinggi. Anda bisa menambahkan pelindung cat agar tidak mudah bocor dengan cat waterproofing. Selain itu, penggunaan cat waterproofing juga tidak mudah pudar dan memiliki daya rekat yang kuat.

Demikian ulasan kami tentang aneka bentuk atap rumah terbaik model rumah minimalis tropis, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang model atap rumah minimalis yang cocok untuk wilayah tropis. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL190321.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *