Daftar Benda-Benda yang Wajib Ada di Kamar Mandi Anda

Bicara tentang kamar mandi tak sekedar soal ukuran luasnya, seberapa lengkap fasilitasnya, atau pertanyaan “klasik” lebih baik pakai shower atau tidak. Ingatlah bahwa bukan hanya sabun dan peralatan mandi saja yang kudu ada. Hal-hal lain juga mestinya jadi pertimbangan misalnya terkait kebersihannya, strategi apa yang akan Anda terapkan? Sudah adakah peralatan khususnya?

Ada banyak benda-benda yang wajib ada di kamar mandi selain yang sudah mainstream. Keset, wadah sabun, cermin, tempat sampah adalah beberapa benda yang kami maksud itu. Seberapa penting benda-benda tersebut sebaiknya ada di kamar mandi? Rasanya tidak perlu dijelaskan di paragraf ini. Jika Anda penasaran silakan gulir saja ke bawah.

Pentingnya Menambahkan Peralatan Penunjang Kebersihan dan Kerapihan Kamar Mandi

Seperti sudah disinggung sebelumnya di atas bahwa kamar mandi tidak hanya sekedar tempat untuk membersihkan kotoran di badan saja. Lalu dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu lama dan berharap kondisinya akan tetap bersih dan baik-baik saja. Itu jelas tidak mungkin.

 benda-benda yang wajib ada di kamar mandi, benda-benda yang wajib ada pada kamar mandi minimalis, peralatan mandi wanita

Ada banyak peralatan yang semestinya harus ada di kamar mandi Anda – diminimalis.com

Anda tetap harus melakukan pembersihan sesering mungkin. Lalu sebenarnya seberapa penting sih kamar mandi ada alat-alat semacam itu?

Jika bicara soal fungsinya, maka jelas sudah bahwa penting untuk kebersihannya tetap terjaga. Kondisi yang hampir selalu lembab dan tempat dimana setiap hari Anda membuang kotoran badan di dalamnya, jelas tidak ada solusi lain selain rutin membersihkannya.

Alat-alat inilah yang nanti bisa digunakan untuk menjamin kebersihan kamar mandi Anda tetap terjaga dengan baik. Keset hingga pembersih kaca sebaiknya tak luput dari kebutuhan Anda mengusahakan kamar mandi tetap bersih terawat.

List Benda-benda yang Wajib Ada di Kamar Mandi Anda

Kamar mandi menjadi bagian penting dari sebuah hunian. Ironisnya, kamar mandi menjadi salah satu area yang sering luput dari perhatian untuk dirawat secara intens. Padahal kamar ini menjadi tempat yang bisa jadi pendanda gaya hidup sehat atau tidaknya penghuni rumah.

Kondisinya yang rentan terhadap kuman penyebab penyakit membuatnya butuh perawatan ekstra dengan peralatan tertentu. Lalu bagaimana cara merawat kamar mandi yang benar? Sebaiknya apa saja benda-benda yang wajib ada di kamar mandi yang kami maksud?

Keset

 benda-benda yang wajib ada pada kamar mandi, benda-benda yang wajib ada pada kamar mandi minimalis, peralatan mandi wanita
Adanya keset di depan kamar mandi dapat menghindarkan penyebaran bakteri ke berbagai ruangan lain – diminimalis.com

Dari sekian banyak benda-benda yang wajib ada di kamar mandi, keset ada di urutan pertama. Keset ini umumnya diletakkan di luar kamar mandi. Tujuannya ialah agar ketika keluar dari kamar mandi, kaki Anda sudah dalam keadaan kering untuk melangkah ke ruangan lain.

Tanpa adanya keset, kuman-kuman dari dalam kamar mandi yang terbawa di telapak kaki bisa tersebar ke berbagai ruangan. Disnilah poin pentingnya menambahkan keset di pintu bagian luar kamar mandi.

Tempat sampah

Seringkali, sisa-sisa botol shampo, tissu, bungkus sabun, dan benda-benda bekas lain, bisa jadi membuat Anda bingung kemana akan dibuang yang dekat dengan jangkaun. Mau dibuang lewat jendela, jelas ini bukan kebiasaan yang baik. Bisa-bisa kotoran menumpuk di luar.

Bila Anda terus membiarkan kotoran tersebut tercecer di luar atau tersedot di pipa pembuangan, lama-lama akan menyumbat saluran. Percayalah, ini akan jadi masalah baru Anda di kemudian hari.

Dengan menyediakan tempat sampah sebagai salah satu wishlist benda-benda yang wajib ada di dalam kamar mandi, maka tidak perlu bingung lagi saat mau buang sampah kecil seperti bungkus sampo atau sabun. Jika sudah penuh tinggal dibawa keluar untuk dibuang ke tempat sampah yang lebih besar. Kebiasan ini akan membuat kamar mandi ideal terwujud di rumah Anda.

Pembersih kamar mandi

Peralatan pembersih mutlak perlu ada di kamar mandi Anda. Anggaplah ini sebagai investasi Anda kamar mandi sehat. Beli sikat khusus lantai, sikat cuci baju, sulak kloset dan lain-lain.

Begitu pula dengan detergen pembersihnya, terkadang mengosok dan menyiram dengan air saja tidak cukup. Oleh karenanya, Anda perlu menambahkan pembersih kamar mandi lengkap dengan produk bahan kimianya.

Plunger atau penyedot WC dan sikat gosok toilet

Benda yang satu ini juga jangan sampai luput ya. Penyedot WC sangat dibutuhkan terutama saat toilet kamar mandi Anda mampet.

Jadikan satu paket dengan sikat gosok untuk mebersihkan area badan kloset. Biasanya noda yang sulit dihilangkan dengan air akan rontok jika digosok dengan bantuan sikat ini. Pembersihan yang rutin akan menghambat pertumbuhan jamur dan kuman penyebab timbulnya lumut.

Cermin

Kenapa cermin masuk dalam list ini? Bukan hanya agar Anda bisa berlama lama dan dandan selepas mandi. Cermin menjadi penting untuk ditambahkan karena mungkin Anda perlu memeriksa apa-apa yang kurang setelah Anda mandi. Barang kali masih ada sisa pasta gigi di wajah, atau shampoo di antara sela rambut, Anda bisa membersihkannya dulu sebelum keluar.

Tempat sabun dan sikat gigi

Ini juga salah satu benda-benda yang wajib ada di kamar mandi Anda. Bayangkan misalnya sabun dan sikat gigi Anda tercecer tanpa adanya wadah, tentu akan sangat mengganggu bukan?

Dengan begitu banyak produk wadah sikat gigi dan sabun yang murah dijual di luar sana, tidak ada alasan untuk meletakkanya sembarangan lagi.

Tisu toilet

Untuk Anda yang tidak terbiasa mungkin akan menganggap ini kesia-siaan saja. Padahal, tisu toilet punya banyak manfaat. Misalnya ingin membersihkan tangan atau permuakaan tertentu sementara sedang tidak ingin terkena air.

Bisa juga dipakai dalam kondisi darurat ketika sewaktu-waktu air habis atau berhenti mengalir dan Anda perlu membersihkan sesuatu kotoran di tubuh Anda. Percayalah, benda ini tetap berguna meski sepele.

Pembersih kaca khusus

Kamar mandi Anda perlu ada amunisi khusus untuk menjaga segala sesuatu berbahan kaca terhindar dari kotoran yang membandel. Adanya pembersih kaca khusus bisa membnantu Anda melakukan rutinitas pembersihan tanpa kesulitan.

Modelnya cukup banyak dijual di pasaran. Anda tinggal pilih sesuai selera dan budget Anda. Jangan lupa untuk sekaligus beli cairan pembersihnya agar nanti bekerjanya lebih efektif.

Pengharum ruangan

Terakhir, salah satu dari sekian benda-benda yang wajib ada di kamar mandi adalah pewangi ruangan. jika Anda ingin kamar mandi Anda tampil sempurna dan nyaman digunakan, maka tambahkan pengharum ruangan.

Adanya pengharum ruangan dapat membuat kamar mandi Anda menjadi wangi dan mampu menjaga mood bersih-bersih Anda lebih bagus. Anda bisa beli model pengharum ruangan yang digantung ataupun kristal yang diletakkan di lantai kamar mandi.

Dari sekian benda-benda yang wajib ada di kamar mandi di atas, mana yang sudah dan belum ada di rumah Anda? Segera pertimbangkan ya untuk membelinya jika belum ada. Percayalah, dampaknya akan luar biasa untuk kamar mandi Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN01062020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.