by

Lebih Baik Beli Rumah Baru atau Second?

Anda sedang bingung memutuskan akan beli rumah baru atau second? Sebelum memutuskan membeli rumah baru atau second sebaiknya Anda mengetahui informasi-informasi dalam artikel ini.

Rumah baru dan rumah second merupakan pilihan yang pasti ada ketika Anda akan membeli rumah. Rumah baru merupakan rumah yang baru dibangun dan belum digunakan sebelumnya.

Sedangkan rumah second adalah rumah yang sebelumnya sudah digunakan oleh orang lain. Sehingga banyak perbedaan dalam kedua jenis rumah tersebut. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Ketika hendak membeli rumah, baik rumah baru ataupun second, Anda perlu melakukan beberapa hal yang akan membantu Anda memutuskan apakah jadi membeli atau tidak.

Berikut informasi yang perlu Anda ketahui untuk menambah pengetahuan terkait rumah baru dan second:

1. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli rumah baru atau second

Sebelum membeli rumah, baik itu rumah baru atau rumah second sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini. Hal ini karena akan membantu Anda mempersiapkan secara matang dan yang pasti akan membantu Anda dalam memilih rumah baru atau rumah second.

beli rumah baru atau second

Berikut hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menentukan untuk membeli rumah baru atau rumah second:

a. Budget

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah budget. Seberapa banyak budget yang Anda miliki. Kemudian Anda harus menyesuaikan dengan harga rumah yang menjadi pilihan Anda.

Jangan sampai harga rumah melebihi budget yang Anda miliki. Sehingga Anda tidak mengalami defisit keuangan Anda pribadi.

Terkait rumah baru dan rumah second, Rumah baru biasanya memiliki harga yang lebih mahal dari pada rumah second. Hal ini karena segala sesuatunya pasti baru. Sedangkan hal-hal yang baru biasanya lebih mahal dari yang second.

Sehingga budget untuk rumah baru sangat mahal. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan budget lebih jika Anda memilih untuk membeli rumah baru. Namun, jika Anda memilih untuk membeli rumah second, budget-nya akan lebih sedikit dibandingkan rumah baru.

b. Sertifikat/surat rumah dan tanah

Tanda bukti kepemilikan rumah dan tanah merupakan hal yang wajib Anda miliki jika Anda mengklaim bahwa rumah tersebut adalah milik Anda. Sehingga Anda wajib memiliki sertifikat rumah jika Anda membeli rumah, baik rumah baru ataupun rumah second.

Anda harus mengurus sertifikat kepemilikannya sendiri jika Anda memilih untuk membeli rumah baru. Namun, jika Anda memilih rumah second, Anda harus meminta sertifikat kepemilikannya kepada pemilik lama.

Sehingga jika Anda membeli rumah second, Anda tidak perlu repot mengurus sertifikat kepemilikan. Anda hanya akan mengurus balik nama jika diperlukan.

c. Fasilitas

Rumah baru dan rumah second menawarkan fasilitas yang berbeda. Anda akan dimudahkan jika Anda membeli rumah second dalam hal fasilitas, misalnya listrik, dan air.

Anda tidak perlu repot mengurus pengadaan listrik di rumah Anda karena penghuni lama pasti sudah terlebih dahulu menggunakan listrik. Jadi Anda tidak perlu mengurusi hal tersebut ke pihak yang berwenang, seperti PLN.

Namun jika Anda memilih untuk membeli rumah baru, kemungkinan Anda akan direpotkan dengan mengurus pasang listrik dan lain-lain. Sehingga Anda perlu mempertimbangkan fasilitas sebelum akhirnya Anda menentukan pilihan Anda.

d. Lingkungan

Akhir-akhir ini banyak dibangun rumah baru di lingkungan yang belum ada tentangganya atau belum ada penghuni lain. Sehingga faktor lingkungan mungkin akan menjadi bagian terpenting bagi kita semua yang merupakan makhluk sosial.

Sedangan rumah second biasanya sudah dibangun di daerah yang memiliki banyak penduduk. Sehingga Anda tidak akan merasa kesepian karena Anda memiliki banyak tetangga yang dapat dijadikan teman sehari-hari Anda.

e. Desain rumah

Rumah baru biasanya memiliki desain yang kekinian. Hal ini karena banyak rumah baru yang dibangun mengikuti trend rumah masa kini. Sehingga desain rumah tidak ketinggalan jaman.

Sedangkan rumah second biasanya memiliki desain rumah yang kuno atau desain lama. Sehingga Anda harus menerima apa adanya jika Anda memilih rumah second.

f. Kualitas bangunan

Selanjutnya adalah kualitas bangunan. Dimana kualitas bangunan pada rumah baru biasanya lebih bagus dibanding dengan kualitas rumah second.

Hal tersebut karena rumah baru adalah rumah yang baru dibangun sehingga rumah masih kuat. Sedangkan rumah second adalah rumah yang sudah lama sehingga akan berpengaruh pada kualitas rumah lama yang kurang baik.

2. Hal-hal yang harus dilakukan sebelum beli rumah baru atau second

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru atau rumah second, Anda juga harus mengetahui hal yang harus Anda lakukan sebelum membeli rumah baru dan rumah second.

beli rumah baru atau second

Berikut informasi terkait hal yang harus Anda lakukan sebelum membeli rumah baru dan rumah second:

a. Survei tempat

Hal pertama sebelum memutuskan untuk membeli adalah melakukan survei ke tempat dimana rumah tersebut dibangun. Sehingga dengan mengetahui lokasi, Anda dapat menentukan apakah lokasi sesuai dengan yang Anda inginkan atau tidak.

Survei tempat harus Anda lakukan baik sebelum membeli rumah baru ataupun rumah second. Dengan melakukan survei tempat, Anda tidak hanya mengetahui lokasi rumah tersebu, namun Anda juga dapat mengetahui infromasi lainnya dan dapat melihat secara langsung kondisi rumah.

b. apakah rumah bermasalah

Hal yang ke dua adalah menyelitiki apakah rumah bermasalah atau tidak. Khususnya untuk rumah second. Hal ini karena biasanya rumah second yang dijual merupakan rumah yang ada dalam masalah.

Misalnya masalah harta waris yang diperebutkan, atau ada masalah dengan tetangga. Sehingga rumah tersebut dijual. Sehingga jika Anda membeli rumah yang bermasalah kemungkinan besar Anda juga akan merasakan permasalahan yang dimiliki oleh pemilik sebelumnya.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui informasi tersebut guna mewujudkan kenyamanan untuk Anda dan keluarga.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menentukan apakah beli rumah baru atau second yang tepat untuk Anda pilih. Semua keputusan untuk memilih adalah hak Anda. Sehingga Anda harus menyesuaikan dengan apa yang Anda miliki, butuhkan dan Anda inginkan. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.