Tips Penting Saat Harus Bekerja di Rumah Agar Nyaman dan Tetap Produktif

Selama masa pandemi covid 19, melakukan kegiatan di rumah saja sudah lumrah dilakukan banyak orang di luar sama. Bahkan termasuk yang menjalani dunia pekerjaan, dimana bekerja di rumah sudah diterapkan sebagai kebijakan pemerintah yang harus dipatuhi para pekerja.

Nah, jika “terpaksa” harus bekerja dari rumah, bagaimana kiat supaya aktivitas bekerja di rumah itu tetap nyaman dan produktif? Apakah ada potensi fokusnya terganggu selama bekerja? Yuk kita bahas secara lugas di artikel edisi kali ini.

Mengenal Berbagai Gangguan Fokus Terhadap Pekerjaan

Meski banyak orang bisa fokus bekerja dalam kondisi apapun, tapi tentu ada juga yang mudah terganggu saat sedang bekerja. Jika Anda adalah salah satu yang mudah kehilangan fokus saat tengah menjalankan aktivitas pekerajaan, Anda cari tahu sumbernya.

Berikut ini beberapa hal yang sering kali membuat Anda atau siapapun jadi tidak fokus bekerja.

bekerja di rumah, bekerja di rumah online, bekerja di rumah dengan internet
lengkapi kebutuhan yang diperlukan saat bekerja di rumah – diminimalis.com

1. Gadget

Ya, tanpa sadar, gadget adalah musuh terbesar dari konsentrasi mengerjakan sesuatu. Gadget/smartphone dan internet menjadi godaan paling besar saat ini. Alih-alih mengecek handphone untuk melihat tugas justru biasanya “nyasar” scroll media sosial. Niat awalnya mungkin hanya lima menit tapi akhirnya sering kebablasan hingga sejam dua jam.

Jadi, jika ingin selamat fokus Anda mengerjakan suatu pekerjaan, jauhkan gadget dari meja kerja Anda. Bila ada berkas apapun di handphone sebaiknya segera pindahkan ke lapotp atau komputer kerja. Bila terpaksa tidak bisa menjauhkan karena sekalian diisi daya di dekat meja kerja misalnya, sebaiknya letakkan saja di belakang laptop atau tutupi dengan benda tertentu.

2. Multi thinking

Ketika ada banyak pekerjaan yang harus diseselesaikan itu bukan berarti sebuah beban berat, kecuali hanya jika Anda pikirkan. Ketika sedang melakukan pekerjaan tertentu, kerjakan dulu satu pekerjaan hingga tuntas, baru lanjut ke pekerjaan selanjutnya.

Memikirikan pekerjaan-pekerjaan selanjutnya sementara sedang mengerjakan pekerjaan tertentu hanya akan membuat otak pusing dan akhirnya tidak ada yang selesai secara maksimal. Buatlah aturan untuk diri sendiri bahwa tidak akan lanjut pekerjaan berikutnya sebelum kerjaan sebelumnya selesai.

3. No Planning

Masih relate dengan poin nomor dua, meski daftar pekerjaan banyak, harus ada rencana strategi penyelesaiannya. Buatlah list to do dari pekerjaan Anda di hari itu. Jangan berpindah ke pekerjaan lain sebelum pekerjaan sebelumnya selesai.

Membuat perencanaan dalam menyelesaikan pekerjaan akan membuat usaha Anda lebih ringang, efektif, dan tentu saja lebih produktif. Harus ingat dan dipedomani bahwa sebuah rencana adalah jalan mengefisienkan pekerjaan.

Tips Agar Bekerja di Rumah tetap Produktif.

Bekerja di rumah tidak melulu bisa dilakukan untuk pekerjaan non kantoran. Bahkan ada juga yang ngantor tapi karena belum pekerjaannya di jam kantor, jadilah dikerjakan di rumah.

Ada banyak manfaat jika melakukan pekerjaan di rumah. Diantaranya adalah gaya kerja yang lebih fleksibel dan banyak waktu senggang. Namun karena di rumah, Anda juga perlu mendisiplinkan diri lantaran tidak mungkin ada atasan yang mengontrol pekerjaan Anda.

Bagi Anda yang juga sering bekerja dari rumah, kami akan bagikan tips bekerja di rumah supaya tetap nyaman dan produktif.

ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
sediakan akses internet cepat di ruang kerja pribadi Anda – diminimalis.com

1. Sediakan layanan internet cepat

Bekerja di rumah berarti harus menyediakan fasilitas yang bisa memudahkan pekerjaan. Jika pekerjaan Anda berkaitan dengan internet, berarti Anda harus menyediakan layanan internet yang cepat agar pekerjaan lancar.

2. Mengatur jadwal dengan baik

Semua orang yang bekerja di rumah harus pintar mengatur waktu antara urusan rumah dengan pekerjaan. Bekerja di rumah bisa membuat Anda melihat pekerjaan rumah setiap saat.

Akan sangat baik jika Anda memiliki ruangan sendiri untuk bekerja. Namun jika tidak, pastikan Anda bisa mengatur jam dengan baik antara waktu bekerja dengan menyelesaikan tugas apapun di rumah.

3. Manfaatkan waktu tidur siang

Tidur siang adalah waktu yang berharga untuk setiap orang, namun tidak semua orang mendapatkan kesempatan tersebut. Jika bekerja di kantor, waktu istirahat paling hanya untuk makan siang dan menjalankan ibadah.

Dengan bekerja di rumah, maka Anda bisa mendapatkan jam tidur siang yang cukup untuk memulihkan stamina dan pikiran Anda. Jadi manfaatkan kesempatan ini dengan baik ya.

4. Kerjakan pekerjaan rumah tangga lebih awal

Meski berada di rumah, Anda tetap harus fokus pada pekerjaan yang harus Anda selesaikan lebih dulu. Jangan gunakan waktu tersebut untuk mengerjakan pekerjaan domestik lain di rumah.

Akan lebih baik bila rutinitas pekerjaan rumah dikerjakan sebelum jam kerja Anda dimulai. Ini demi kelancaran pekerjaan Anda. Jika tidak bisa membagi waktu dalam hal ini maka bisa jadi pekerjaan Anda malah yang akan terkalahkan.

5. Sesekali Kerjakan di Luar rumah

Meski bekerja di rumah terasa menyenangkan, Anda bisa saja merasa bosan dengan situasi sendirian lantaran tidak ada teman kerja. Jika sudah bosan, Anda bisa mencari tempat untuk melakukan pekerjaan Anda di luar rumah.

Dengan mencari suasana baru, Anda bisa merasa lebih segar karena berada di situasi dan lingkungan yang berbeda. Jika pekerjaan Anda bisa dilakukan hanya dengan dengan laptop, Anda bisa membawanya ke luar dan mengerjakannya dimanapun Anda mau.

6. Hindari Media Sosial

Tidak diawasi atasan bisa membuat Anda lebih bebas melakukan segala hal, termasuk untuk membuka media sosial. Sebaiknya Anda memiliki kontrol diri yang kuat agar tidak tergoda membuka jejaring sosial terlalu lama. Tidak lain karena media sosial sering kali mengecoh dan bisa bisa pekerjaan Anda tidak selesai sesuai target.

7. Pilihlah tempat terbaik untuk ruang kerja Anda

Hal paling penting dari menyelesaikan pekerjaan dengan nyaman adalah memilih tempat atau ruangan yang cocok. Ada dua kemungkinan dalam memilih ruang kerja di rumah.

Pertama, Anda bisa menggabungkan ruang kerja dengan ruangan lain seperti kamar tidur, atau perpustakaan pribadi. Kedua, Anda bisa menkhususkan satu ruangan tertentu untuk dijadikan sebagai ruang kerja Anda.

Ruang kerja yang lengkap dan nyaman tidak harus luas dan bak ruangan kerja di kantor. Bila Anda memiliki rumah dengan konsep minimalis, Anda bisa memanfaatkan sedikit ruang kosong yang tersisa untuk dijadikan ruang kerja.

Misalkan di area bawah tangga atau sudut kamar. Ruang kerja yang ideal sebaiknya jauh dari keramaian dan segala gangguan, agar bisa fokus dan berkonsentrasi pada apa yang sedang dikerjakan.

Untuk merencanakan untuk mendesain ruang kerja pribadi, tentu ada beberapa elemen yang perlu dimasukkan ke dalamnya. Hal ini untuk memaksimalkan fungsi ruang kerja agar dapat digunakan dengan baik. Anda juga perlu mengetahui lebar ruangan dan cara menyesuaikannya.

Untuk membantu Anda mendesain dan mendekorasi ruang kerja pribadi di rumah, Anda perlu memperhatikan sirkulasi udara ruangan. Pastikan bahwa penempatan furnitur dan benda-benda lainnya tak menggangu akses keluar-masuk atau menyulitkan Anda saat beraktivitas di dalamnya.

Demikian ulasan kami tentang tips bekerja di rumah agar nyaman dan pekerjaannya selesai dengan optimal. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN17022021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.