Batako sebagai salah satu bahan konstruksi bangunan khususnya bagian dinding ternyata banyak diminati juga. Kelebihan batako untuk dinding sendiri bermacam-macam, mulai dari pemasangannya yang lebih simpel ketimbang bata merah dan hasil konstruksi yang kuat.

Meski demikian, batako bukan satu-satunya material dinding terbaik. Masih ada material lain yang juga tidak bisa dibilang jelek, seperti bata beton dan batu bata merah.

Material seperi bataton dan bata merah tetap punya kualitas unggulan. Hanya saja, kelebihan dan kekurangannya lah yang membedakan masing-masing material tersebut.

Kebetulan saja pada artikel kali ini, kami hanya akan mengulas tentang penggunaan batako untuk dinding bangunan. Yang mana pembahasannya kurang lebih tentang manfaat/keunggulan bataton untuk dinding konstruksi.

Jika Anda sedang mencari informasi seperti ini, silakan tinggalkan jejak dengan membaca artikel ini sampai selesai ya.

Kelebihan Batako untuk Dinding dari Sisi Anggaran

Batako merupakan bahan material bangunan yang terbuat dari campuran pasir dan semen dengan perbandingan semen: pasir sekitar 1:8. Biasanya, batako memiliki dimensi ukuran 10 x 20 x 40 cm.

Dari segi analisa biaya, kelebihan batako dibanding bata merah ialah sedikit lebih hemat anggaran biaya. Hal ini bisa dilihat dari cara pengaplikasiannya untuk dipasang sebagai konstruksi dinding.

Dimana batu bata merah memerlukan bahan lain seperti adukan semen dan pasir untuk merekatkannya. Sementara batako sedikit lebih praktis dimana tinggal mengaplikasikan mortar yang sudah siap pakai sehingga lebih efisien.

Material mana yang terbaik sebagai pilihan untuk mendirikan dinding? Jawabannya tergantung dari pertimbangan Anda sendiri tentunya. Yakni setelah mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing material tersebut.

manfaat batako untuk dinding, manfaat batako untuk dinding rumah, dinding batako tanpa plester, kelebihan batako
Penggunaan batako untuk dinding bangunan – diminimalis.com

Kegunaan Batako untuk Dinding Bangunan Rumah

Seperti sudah disinggung di atas bahwa mana material terbaik untuk dinding bangunan jika dilihat dari berbagai sisi? Tentu tergantung dari sudut pandang mana Anda melihatnya.

Ada banyak manfaat dan kegunaan yang akan Anda peroleh ketika memilih menggunakan batako untuk dinding rumah minimalis Anda, diantaranya:

1. Batako lebih ringan secara bobot

Dari sisi bobot, batako cenderung lebih ringan daripada bata merah, teksturnya pun terlihat lebih halus.

Lantaran ukurannya yang lebih ringan namun tetap kuat, maka cocok dipakai pada rumah tinggal 2 lantai atau bangunan yang struktur utama ditopang oleh kolom.

2. Dimensi ukuran lebih besar

Dilihat dari sisi dimensi, batako mempunyai ukuran yang lebih besar daripada bata merah. Ukuran yang lebih besar ini membuatnya lebih mudah dipasang dan memrlukan waktu yang lebih singkat dibanding dengan bata merah yang berukuran lebih kecil.

3. Hemat anggaran dalam penggunaan material pendukung

Bila dibandingkan dengan bata merah, penggunaan batako mampu menghasilkan penghematan dalam beberapa segi. Misalnya untuk setiap satu meter persegi luas dinding akan lebih sedikit jumlah batako yang dibutuhkan.

Dengan batako juga Anda bisa menghemat pemakian adukan semen hingga 75%. Jadi, batako secara fisik bisa menghasilkan penghematan anggarn untuk pembelian material pendukung.

4. Estimasi anggaran jadi lebih tepat

Karena ukurannya yang presisi, maka kalkulasi perhitungan kebutuhan batako tidak akan melenceng terlalu jauh dari perencanaan awal. Anda bisa meminimalisir resiko kerugian dalam mengalokasikan dana untuk pembelian batako.

5. Terdiri dari banyak varian jenisnya

Terdapat jenis batako yang memiliki lubang di tengah (hollow block) yang bisa digunakan sebagai isolasi udara untuk dinding rumah minimalis Anda.

6. Pra penggunaan yang lebih simpel

Anda tidak harus merendam batako terlebih dahulu sebelum memasangnya. Lain dengan bata merah yang memerlukan perendaman agar lebih menempel pada adukan semen sebagai perekatnya.

7. Batako lebih kedap air

Material batako cenderung lebih kedap air, sehingga ketika dijadikan dinding tidak berpotensi ada rembasan air atau bocor.

Manfaat batako untuk mendirikan dinding, manfaat batako untuk dinding rumah, dinding batako tanpa plester, kelebihan batako
dinding batako yang tidak perlu diplester karena dipasang dengan rapi – diminimalis.com

8. Bisa tanpa plester jika konstruksi dinding tersusun dengan rapi

Karena bentuknya yang rata dan halus, Anda tak perlu memplester dinding bila pemasangannya bisa rapi, dari sini ada penghematan biaya untuk plester.

Baca juga: Jenis jenis Bataton dan Manfaatnya Sebagai Bahan Kontruksi Bangunan (Bagian #2 dari 2)

Kesimpulan:

Dari beberapa uraian tentang kelebihan batako untuk dinding bangunan, tentu saja Anda jadi punya bayangan kan sekarang?

Menentukan mana yang terbaik untuk Anda pilih bisa dengan mempertimbangkan plus minusnya di atas.

Terakhir, semoga pilihan Anda adalah hasil pertimbangan yang matang atau setelah berkonsultasi dengan ahli bangunan. Sebab jika tidak, mengingat dinding perannya sangat krusial maka bisa berpotensi jadi masalah baru di rumah Anda.

Mungkin demikian saja ulasan kami tentang kegunaan batako untuk dinding bangunan. Sebagai penyeimbang referensi, Anda juga bisa membaca ulasan tentang kekurangan batako sebagai material dinding di sini. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN 24092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *