Kelebihan Batu Bata Merah sebagai Material Dinding Rumah Minimalis (Bagian #1 dari 2)

Bata merah merupakan salah satu jenis bahan dasar konstruksi bangunan yang sangat umum digunakan di Indonesia. Kualitasnya yang sudah teruji dan kemudahan mendapatkan material inilah yang jadi alasan batu material ini cukup populer penggunaannya.

Batu bata merah sendiri tersedia dalam berbagai ukuran. Biasanya memiliki panjang 18 cm, lebar 8 cm dan tinggi 8 cm meski ada juga yang berukuran panjang 18 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 5 cm. Biasanya tergantung produsen yang membuatnya dan peruntukkannya.

bata merah, cara memasang batu bata, cara memasang batu bata yang benar, cara memasang batu bata merah, cara memasang tembok, cara pemasangan dinding bata merah
mendirikan dinding rumah minimalismenggunakan batu bata merah – diminimalis.com

Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Merah sebagai Material Konstruksi Bangunan

Proses menjadi batu bata merah dimulai dari tanah yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sehingga benar-benar kering, mengeras, berwarna kemerah-merahan lalu siap digunakan.

Tanah yang digunakan untuk membuatnya pun tidak sembarangan, melainkan jenis tanah yang agak liat sehingga bisa menyatu saat proses pencetakan. Prosesnya yang lama dan penuh perhitungan inilah yang membuat material batu bata selalu diunggulkan.

Bahkan rumah yang dindingnya dibangun dari material batu bata terasa berbeda dari sisi kenyamanan saat ditempati. Ditambah lagi kelebihan lainnya ialah aman dari api.

Jika dibuat dalam bentuk list, berikut ini kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh batu bata yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Kelebihan:

  1. Ukurannya kecil sehingga memudahkan untuk pengangkutan dan siap dipakai.
  2. Tahan panas, sehingga dapat menjadi perlindungan terhadap api yang sering membahayakan bangunan rumah.
  3. Dari segi struktur mempunyai kekuatan yang tinggi dan tahan lama dibanding dengan batako.
  4. Mudah memasangnya karena tukang tidak harus memiliki keahlian khusus
  5. Pada pekerjaan yang sempit,lebih cocok menggunakan material ini.
  6. Mudah didapatkan dimana pun.
  7. Lebih nyaman dari segi suhu ruangan karena bisa menyesuaikan dengan suhu luar.
  8. Jarang terjadi retak-retak pada dinding.
  9. Tidak membutuhkan perekat yang khusus.

Dari segi harga per buah memang lebih murah tapi tentu harus dihitung per satuan luas terlebih dahulu.

cara memasang batu bata, cara memasang batu bata yang benar, cara memasang batu bata merah, cara memasang tembok, cara pemasangan dinding bata merah
batu bata merah yang retak karena kesalahan pemasangan – diminimalis.com

Kekurangan:

  1. Sulit untuk membuat pasangan bata yang rapi
  2. Menyerap panas pada musim panas dan menyerap dingin pada musim dingin, sehingga suhu ruangan tidak dapat dikondisikan atau tidak stabil.
  3. Cenderung lebih boros dalam penggunaan material perekatnya.
  4. Karena sulit mendapatkan pasangan yang cukup rapi, maka dibutuhkan pelsteran yang cukup tebal untuk menghasilkan dinding yang cukup rata.
  5. Waktu pemasangan lebih lama dibandingkan bahan dinding lainnyakarena ukurannya kecil.
  6. Berat, sehingga membebani struktur yang menopangnya.
  7. Bata merah menimbulkan beban yang cukup besar pada struktur bangunan.
  8. Dari segi estetika untuk pemasangannya kurang begitu rapi.
  9. Lebih boros dalam menggunakan campuran spesi seperti semen dan pasir karena harus memiliki ketebalan minimal 1,5 cm atau 2 cm.
  10. Lebih banyak yang terbuang untuk potongan-potongan batu bata.
  11. Kurang cocok untuk dinding rumah tinggal 2 lantai ke atas. karena rumah 2 lantai ke atas struktur utama adalah kolom. dan batu bata membebani lebih banyak daripada batako yang relatif lebih ringan.
  12. Saat akan pemasangan harus direndam atau dibasahi terlebih dahulu supaya rekat dengan spesi

Kesimpulan:

Batu bata merah memang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh material lain. Namun, di sisi lain, ada kelemahan yang melekat pada material bangunan yang satu ini. Dimulai dari bahan pembuatannya yang terbuat dari tanah liat sehingga bobotnya bisa dibilang cukup berat.

Kemudian dari sisi kelebihan lainnya, batu bata merah punya kekhasan yang tidak dimiliki oleh material saingannya seperti batu alam, batako dan sejenisnya. Warnanya yang kemerahan bisa dibuat tanpa plester alias model ekspos.

Baca juga: Cara memasang batu bata merah untuk dinding rumah (Bagian #2 dari 2)

Dari kelebihan dan kekurangan yang ada, apakah Anda berniat untuk mengadopsi bata merah sebagai material dinding rumah Anda? Jika iya, Anda sudah menentukan pilihan yang tepat. Tinggal siapkan saja budgetnya, meskipun sedikit lebih banyak hasilnya akan awet bertahun-tahun.

Mungkin itu saja ulasan dari kami tentang kelebihan dan kekurangan dari batu bata merah untuk material dinding bangunan khususnya rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. (ls) editted by RN06052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.