oleh

Siapa sangka, ternyata inilah Barang Koleksi yang Bisa Dijual Lagi

Menjual aset kerap dijadikan pilihan bagi mereka yang membutuhkan dana secara cepat. Banyak jenis barang  koleksi yang bisa dijual lagi agar kita mendapat modal usaha atau memenuhi kebutuhan lain. Menjual koleksi juga terbilang sebagai cara yang aman dibanding meminjam pada saudara, teman, bank atau lembaga peminjaman manapun. Ini akan menjadi alternatif bagi Anda yang belum siap berinvestasi di bidang properti.

Bukan berarti pinjam uang adalah pilihan buruk. Namun, kita harus tahu bahwa meminjam berarti berhutang, dan hal ini bisa semakin menambah beban apabila kita tak lekas melunasi hutang tersebut. Apalagi, pinjaman dana di bank atau lembaga lainnya kerap akan disertai bunga dan biaya-biaya tambahan. Oleh karena itulah, koleksi yang bisa dijual kembali akan menjadi salah satu penyelamat kita saat sedang membutuhkan dana darurat.

Jadi, Anda pun bisa memanfaatkan hobi dengan mengumpulkan beberapa barang-barang antic antik dan memiliki nilai estetika. Bermula dari sebuah hobi, Anda pun bisa mengubah barang-barang koleksi menjadi aset yang berguna untuk membantu kebutuhan finansial Anda. Berikut adalah aneka barang koleksi yang bisa dijual lagi.

barang Koleksi yang Bisa Dijual lagi, barang Koleksi yang Bisa Dijual Kembali, barang investasi adalah, barang investasi masa depan, barang yang bisa diinvestasikan, investasi yang menguntungkan saat ini, macam macam benda koleksi
Mainan merupakan salah satu barang koleksi yang bisa dijual lagi – Diminimalis.com

Barang Koleksi yang Bisa Dijual Lagi

1. Mainan

Siapa sangka mainan termasuk sebagai barang yang bisa diinvestasikan dan tentunya dijual kembali saat kita membutuhkannya? Mainan seperti action figure biasanya akan dihargai tinggi, apalagi jika koleksi yang kita miliki adalah limited edition yang hanya muncul di saat-saat tertentu. Aset ini akan bisa dijual demi memenuhi kebutuhan dana. Termasuk di antaranya adalah Lego, Funko, Hot Wheels hingga boneka Barbie asli.

2. Komik

Keuntungan Memiliki Villa Pribadi, Keuntungan investasi Villa, bisnis investasi villa
Komik merupakan salah satu koleksi yang bisa Anda jual kembali – Diminimalis.com

Komik termasuk juga buku bacaan sejenis seperti novel, biasanya akan dikoleksi oleh mereka yang hobi membaca. Jika sedang butuh dana, kita pun bisa menjualnya kembali. Kolektor komik pasti akan memburu komik-komik langka, begitu pun dengan orang-orang yang gemar membaca komik yang biasanya tergabung dalam sebuah komunitas tertentu.

Jangan menjual buku komik ataupun novel ini per kilo, karena kita akan mendapatkan harga yang jauh di bawah harga pasaran. Jual per buah atau per seri agar keuntungan yang didapat bisa cukup tinggi. Komik langka atau novel yang sudah tidak dicetak ulang lagi akan mendatangkan keuntungan cukup besar jika dijual.

3. Perhiasan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa perhiasan emas ialah barang investasi masa depan. Emas adalah salah satu alat investasi dan seringkali orang akan membeli perhiasan emas bukan hanya untuk dipakai, tapi juga bisa disimpan dan dijual kembali saat membutuhkan uangnya. Baik emas perhiasan ataupun batangan, nilai jual akan lebih tinggi dibanding nilai beli. Namun, pastikan emas yang dimiliki dilengkapi sertifikat resmi, karena jika tidak akan dikira curian dan dihargai murah.

4. Jam Tangan

 Koleksi yang Bisa Dijual Kembali, barang Koleksi yang Bisa Dijual Kembali, barang investasi adalah, barang investasi masa depan, barang yang bisa diinvestasikan, investasi yang menguntungkan saat ini, macam macam benda koleksi
Arloji juga merupakan barang koleksi yang bisa dijual kembali dengan harga yang mahal – Diminimalis.com

Tentu bukan sembarang jam tangan yang bisa dijual kembali dengan harga tinggi. Jam tangan yang dimaksud di sini adalah jam tangan premium, termasuk di antaranya merk Richard Mille, Rolex, Hublot, dan lain-lain. Jam tangan kelas menengah seperti Vostok atau Victorinox juga bisa dijual kembali dengan harga pantas apabila serinya termasuk langka. Pastikan untuk menjualnya ke orang yang paham akan jam, bukan ke penjual biasa.

5. Tas

Sama halnya seperti jam tangan, tas premium juga akan memiliki nilai tinggi. Pastikan tas yang hendak dijual adalah merek asli. Oleh karena itu, dibutuhkan skill dan kejelian tingkat tinggi untuk mendeteksi barang palsu. Jangan remehkan nilai tas karena artis-artis saja banyak yang tertipu ketika melakukan pembelian tas branded.

6. Sepatu

Koleksi sepatu bermerk tentunya adalah aset tersendiri karena bisa dijual kembali saat kita membutuhkan dana. Pastikan sepatu masih dalam kondisi bagus serta merknya asli, bukan palsu. Apalagi jika sepatu masih dilengkapi boks lengkap, maka peluang untuk terjual kembali dengan harga tinggi akan semakin besar.

7. Pakaian

Pakaian ialah kebutuhan pokok tiap manusia. Koleksi pakaian mahal dan bermerk termasuk macam macam benda koleksi yang bisa dijual lagi jika memiliki label tertentu. Makin tinggi nilainya serta bagus kondisinya, maka pakaian tersebut akan dapat dengan mudah terjual dan harganya tinggi pula.

Demikian daftar beberapa barang koleksi yang dapat kita jual kembali di saat terdesak. Jika kita mengoleksi aneka barang dan merawatnya secara, maka kita dapat menjualnya lagi sebagai tambahan modal. Inilah pentingnya melakukan perawatan rutin pada barang-barang koleksi. Salah satunya agar kita dapat menjualnya kembali dengan harga tinggi suatu saat nanti.

Mungkin akan ada rasa sayang pada diri kita saat menjual aneka barang koleksi yang umurnya sudah bertahun-tahun itu. Namun, mantapkan tekad dan niat dalam memulai usaha agar tak ada rasa tak rela saat menjual aneka barang koleksi. Jika usaha yang dijalankan dengan modal dari hasil penjualan barang-barang koleksi tersebut bisa berjalan lancar, maka kita bisa membeli kembali barang-barang tersebut atau menambah koleksi lain.

Jual barang-barang koleksi pada mereka yang memang gemar akan suatu merek atau barang tertentu. Selain mengerti harga pasarannya, mereka juga akan bisa merawatnya dengan baik. Barang koleksi yang bisa dijual kembali di atas akan jadi penyelamat kita saat membutuhkan dana dalam waktu terdesak. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.