Inspirasi Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Perabot Rumah

Barang bekas pakai dalam bentuk apapun seringkali teronggok begitu saja di sudut rumah atau ruangan tanpa termanfaatkan denga baik. Padahal, dengan sedikit ketelatenan dan kreativitas Anda bisa merubahnya menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Dengan memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai otomatis dapat menghindarkan rumah Anda dari menumpuknya barang yang bisa menjadi tempat bersarangnya penyakit. Selain itu, dari sisi kenyamanan dipandang juga rumah akan terlihat lebih rapi.

Khusus untuk furnitur bekas yang masih layak pakai namun sudah kusam termakan usia bisa Anda manfaatkan kembali dengan cara makeover. Anda hanya perlu memeriksa kondisi furnitur yang hendak Anda poles agar siap dibuat baru. Pastikan kerusakannya tidak terlalu parah sehingga tidak akan cepat rusak jika nanti digunakan kembali.

Langkah selanjutnya setelah Anda memilah dan memilih furnitur yang masih layak pakai tersebut adalah membersihkan dan juga merapikan bagian-bagian yang perlu dirapikan. Baru setelah itu Anda dapat memolesnya dengan mengubah struktur atau mengganti warna sesuai yang Anda inginkan.

Barang bekas
memanfaatkan barang tak terpakai- diminimalis.com

Keuntungan yang Didapat dari Memanfaatkan Barang Bekas

Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk berkreasi terhadap barang-barang yang sudah tak terpakai di rumah masing-masing. Tahukah Anda bahwa dengan memanfaatkan barang bekas tadi jadi barang siap pakai kembali, ada banyak keuntungan yang akan Anda peroleh? Setidaknya 5 hal berikut akan Anda dapatkan jika melakukannya.

Jadi sampah yang berguna, mengurangi pencemaran

Barang-barang lepas pakai yang teronggok tanpa status penggunaan yang jelas hanya akan memenuhi bak sampah saja. Padahal dengan sedikit berpikir dan berkreasi untuk membuat sesuatu yang lebih bermanfaat untuk dipakai sebenarnya bisa.

Menambah space kosong yang bisa dimanfaatkan

Biasanya, barang-barang yang sudah tidak terpakai akan diletakkan di tempat tertentu dulu. Nah, dengan mengolah kembali barang bekas tadi jadi barang berguna maka akan mengurangi penggunaan space di dalam atau sekitar rumah. Anda jadi bisa memanfaatkannya untuk hal lain, bukan?

Mengasah kreativitas

Membuat sesuatu yang baru apalagi memanfaatkan yang sudah ada meski rusak butuh kreativitas yang tinggi dan tenaga ekstra meski tidak serepot merenovasi rumah. Nah, jika Anda melakukannya maka berarti Anda sudah berusaha mengasah kreativitas dan kedepannya akan bermanfaat untuk keseharian.

Modal lebih sedikit dari beli baru

Menggunakan barang bekas yang dibuat jadi baru dan bisa dipakai lagi terbilang menguntungkan. Modal yang dikeluarkan berpotensi besar lebih sedikit dari pada harus beli barang baru di toko. Terlebih lagi, barang-barang kerajinan dapat dibuat sesuai selera asal ada niat dan keinginan.

Bisa untung jika dijual lagi

Seperti sudah disinggung di poin sebelumnya bahwa modal untuk membuat barang baru dari benda-benda bekas butuh modal yang relatif kecil. Jika Anda membuat barang-barang baru untuk dijual kembali maka margin keuntungannya akan relatif besar. Apalagi jika Anda membuat sesuatu yang memang sesuai dengan minat pasar.

Jadi bagaimana, mau coba peruntungan di dunia pengolahan barang bekas pakai? Jika iya selamat mencoba ya.

Contoh Inspirasi Kreativitas dari Barang Bekas

Soal melakukan make over barang bekas furniture, jika hanya sedikit bagian furnitur yang masih baik, apakah masih bisa berguna? Tentu saja masih. Anda bisa membuat beberapa perabot-perabot minimalis yang dipakai keseharian.

Sebagai pelengkap, di bawah ini beberapa contoh ide pemanfaatan barang bekas pakai berupa furniture menjadi barang lain yang semisal. Anda bisa cari mana yang sesuai dengan kebutuhan di rumah Anda agar lebih termanfaatkan dengan baik.

barang-bekas-6
pot bunga dari rak bekas – diminimalis.com
barang-bekas-10
hiasan dinding dari kayu bekas – diminimalis.com
barang-bekas-11
display pajangan dari kayu bekas – diminimalis.com
barang-bekas-3
storage dari box bekas – diminimalis.com
barang-bekas-4
pot bunga dari wadah bekas – diminimalis.com
barang-bekas-2
hiasan dinding dari papan bekas – diminimalis.com
barang-bekas-5
storage unik dari box bekas – diminimalis.com
barang-bekas-7
rak dari panel bekas – diminimalis.com
barang-bekas-9
rak dari bekas tangga – diminimalis.com

Kesimpulannya adalah bahwa Anda bisa saja membuat rumah Anda terbebas dari barang-barang bekas yang tidak terpakai dengan sedikit memanfaatkan kreativitas. Jika Anda berani ambil tantangan ini maka tidak akan ada lagi barang-barang bekas di rumah Anda yang terbengkalai. Selamat mencoba (am) editted by RN18052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.