Bagian Rumah yang Cocok dengan Warna Biru, Mana Saja?

Rumah ­dengan warna yang indah merupakan dambaan setiap orang. Anda pasti setuju. Namun, apakah setiap warna mampu memberikan dampak yang bagus secara fungsi dan visual? Tentu saja tidak. Ada warna-warna tertentu yang jika diterapkan pada sebuah ruangan jatuhnya malah norak.

Sebaliknya, ada juga warna yang cukup bagus untuk diterapkan sebagai warna pilihan pada sebuah rumah, diantaranya ialah warna biru. Warna ini bisa dibilang netral dan fleksibel karena cocok dengan warna apapun. Nah, sekarang pertanyaannya, yang mana bagian rumah yang cocok dengan warna biru?

Sebelum kesana, kit tahu bahwa biru merupakan warna yang melambangkan kejernihan berfikir. Kesan yang dimunculkan warna biru ini terlihat lebih universal. Aura dari warna ini seperti memberikan rasa kenyamanan dan terhindar dari kesan kaku. Jadi, jika diminta contoh, maka warna ini sangat cocok diusung pada  plafon. Mungkin juga lebih cocok pada tempat lain asal dipadukan dengan warna yang senada.

Bagian Rumah Yang Cocok Dengan Warna Biru, perpaduan warna yang cocok dengan biru muda, perpaduan warna biru yang cocok, warna dapur minimalis

Bagian dapur dengan warna biru – diminimalis.com

Kenali Bagian Rumah yang Cocok Dengan Warna Biru

Untuk warna biru ide pengombinasiannya sudah cukup banyak. Meski begitu prinsip utamanya sebenarnya hanyalah menyesuaikan dengan selera masing-masing.

Jika biru yang ada gunakan berwarna gelap maka padukan dengan warna suci seperti putih untuk melepaskan kesan dingin yang dibawanya.

Bagian rumah yang cocok dengan warna biru ini seperti bagian depan. Atau di bagian ruang tamu dimana dinding berwarna biru gelap dengan sebagian kursi dan bantal hias berwarna putih. Tampilan ini akan menunjukkan corak lukisan yang lembut seperti lukisan langit di pagi hari.

desain rumah minimalis, warna cat rumah minimalis, warna cat rumah, kombinasi cat warna, model cat rumah minimalis

paduan warna biru dan putih menjadikan ruang terlihat bersih dan tenang – diminimalis.com

Untuk bagian kamar mandi anda dapat mendesainnya antara biru gelap dengan turquoise. Kombinasi warna ini akan memberikan kesan terang sekaligus tampak selalu bersih pada kamar mandi.

Untuk area ruang belajar hadirkan kombinasi warna biru dengan merah agar terkesan memotivasi. Jika rumah Anda bergaya vintage, ada baiknya memasukan warna yang tidak terlalu terang atau gelap. Pilihlah warna yang memiliki tingkat gradiens yang seimbang agar tak melepaskan kesan vintage yang sederhana namun modern.

Kelebihan Warna Biru Terhadap Nuansa Ruangan Tertentu dalam Rumah

Setiap ruangan dalam rumah memang dibuat untuk aktivitas tertentu. Warna biru sendiri sangat pas untuk diterapkan pada setiap ruangan dalam rumah. Adapu kelebihan yang dimiliki warna biru ini diantaranya:

1. Biru menampilkan sisi berani, unik, dan menarik

Warna biru akan membuat rumah Anda terlihat unik dan menarik. Kok bisa? Ya, amati saja kebanyakan desain interior rumah minimalis saat ini masih umum dengan pilihan warna putih. Sementara Anda terlihat berani dan beda tampil dengan warna biru. Inilah hal yang unik dari warna biru jika diusung dan dikombinasikan dengan warna yang lain.

2. Biru mengusung nuansa sejuk dan segar

Ruangan dalam rumah yang mengusung warna biru mampu merefleksikan suasana yang sejuk dan segar. Warna biru yang diaplikasikan pada plafon misalnya, akan memberikan efek yang cerah seperti langit saat diterangi cahaya lampu. Termasuk juga jika diaplikasikan pada dinding ruangan, akan seperti suasana pantai yang mampu membangkitkan mood. Begitulah nuansa yang akan didapat jika warna biru diaplikasikan sebagai cat interior rumah.

3. Biru adalah warna yang fleksibel

Kelebihan lain yang juga dimiliki oleh warna biru adalah fleksibilitasnya. Biru sangat cocok dikombinasikan dengan warna-warna yang lain. Kelebihan ini jelas akan menguntungkan Anda karena ruangan jadi terkesan blended meski tidak hanya terdiri dari satu warna saja.

Ide Kombinasi Warna Biru dengan Warna Lain

Demi menciptakan nuansa yang optimal pada ruangan, mengkombinasikan warna biru dengan warna lain adalah cara yang paling tepat. Nah, berikut ini ide kombinasi biru dengan warna lainnya jika diterapkan pada interior sebuah ruangan.

  • Perpaduan Warna Biru dengan Putih

Selain dengan hitam, warna biru juga cocok diperpadukan dengan putih. Kombinasi warna biru putih sudah cukup banyak ditemukan pada desain interior rumah minimalis saat ini. Kedua warna ini jika dipadukan dengan baik akan memberi efek yang luar biasa dari sisi tampilan. Kesan lapang dan mewah yang elegan akan trpancar dari kombinasi kedua warna ini.

  • Perpaduan Warna Biru dengan Hitam

Kombinasi warna biru dengan hitam adalah satu dari sekian ide yang sangat cocok diterapkan pada sebuah ruangan. Kombinasi ini mampu memberikan kesan dramatis pada setiap sudut ruangan. Apalagi jika penempatan lampu pencahayaan diatur dengan cara yang tepat. Jika warna biru dan hitam diaplikasikan pada ruangan dengan baik maka efek sejuk dan menentramkan akan terasa.

  • Perpaduan Warna Biru dengan Coklat

Tidak sedikit interior warna biru pada rumah modern saat ini yang dikombinasikan dengan warna putih. Contoh penerapan yang paling sering adalah pada kamar tidur, dimana cat dinding biru dengan ranjang kayu bercat coklat. Kombinasi kedua warna ini secara tidak langsung akan memberikan nuansa kehangatan yang tidak ada duanya.

Contoh Bagian Ruang yang Cocok dengan Warna Biru dan Perpaduannya

Langsung saja, berikut ini saya berikan contoh penerapan kombinasi warna biru dengan warna lainnya pada berbagai ruangan dalam rumah.

Kamar Tidur dan Kamar Mandi: Kombinasi Biru Putih

Perpaduan warna biru dan putih pada kamar tidur ternyata bisa jadi ide yang bagus. Kamar tidur jadi salah satu bagian rumah yang cocok dengan warna biru. Kombinasi biru putih ini akan mampu memberi kesan tenang dan damai. Karena ini diterapkan pada kamar tidur maka hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada kualitas istirahat malam Anda. Selain nuansa tenang yang dibawa, perpaduan ini juga akan memberikan kesan yang elegan.

Kemudian, jika kedua warna ini diaplikasikan pada kamar mandi maka juga akan mampu menciptakan sensasi yang berbeda. Suasana di dalam kamar mandi akan menyenangkan dan membuat Anda semangat untuk membersihkan badan setiap harinya.

Ruang Keluarga, Ruang Makan, dan Dapur: Kombinasi Biru Hitam

Ruang keluarga juga sangat cocok sebagai bagian rumah yang cocok dengan warna biru dan dikombinasikan dengan warna lain, seperti putih. Ruang keluarga akan terasa hangat dan santai. Apalagi jika Anda lihai dalam menata dekorasi maka efek yang akan didapat akan lebih bombastis.

Selain ruang keluarga, ruang makan juga bisa diterapkan perpaduan dua warna ini. Dijamin, waktu makan bersama bisa sangat romantis dan menyenangkan. Tak terkecuali jika diterapkan pada ruang dapur, yang bisa diubah sebagai bagian rumah yang cocok dengan warna biru. Aktivitas memasak pasti akan jauh lebih bersemangat. Untuk gambarannya Anda bisa cari di internet sendiri ya.

Pada intinya, kombinasi setiap warna yang diterapkan sangat penting karena ini yang akan mmpengarui tampilan. Untuk desain rumah yang minimalis gunakan 2 warna pokok saja. Gunakan warna biru gelap dan putih keabu – abuan pada setiap bagian rumah jika bingung mengkombinasikan dengan warna apa. Tambahkan lukisan ataupun aksesoris yang tidak berlebihan untuk memberikan warna pada rumah tersebut.

Mungkin itu dulu ya penjelasan dan uraian kami tentang aplikasi warna biru pada interior rumah. Sekaligus contoh aplikasinya pada bagian rumah yang cocok dengan warna biru. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. (ls) editted by RN19042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.