by

4 Aturan Menonton Televisi di Rumah yang Umum Diterapkan

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam rumah adalah aturan menonton televisi di rumah. Aturan yang di terapkan di setiap rumah terkait dengan menonton televisi beraneka ragam alias berbeda-beda. Sehingga Anda perlu mengetahui secara umum atauran menonton televisi di rumah.

Aturan menonton televisi di rumah sering kali diabaikan oleh banyak orang. Namun, sebenarnya aturan tersebut sangatlah penting. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui, agar Anda dan penghuni rumah yang lainnya tidak terganggu.

Menonton televisi merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan. Namun menonton televisi juga menjadi salah satu penyebab adanya permasalahan. Sehingga perlu adanya suatu aturan.

Anda harus mengikuti aturan yang berlaku, jika Anda hendak menonton televisi. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan masalah yang mungkin terjadi akibat Anda tidak mematuhi aturan yang berlaku.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui aturan menonton televisi di rumah yang umum diterapkan. Berikut 4 aturan menonton televisi di rumah yang perlu Anda ketahui:

Aturan menonton televisi di rumah yang pertama volume suara

Terkait dengan volume suara, disini ada dua pengertian. Yang pertama, volume suara tv dan yang ke dua adalah volume suara penonton televisi. Keduanya perlu ada aturan yang mengatur.

Aturan Menonton Televisi di Rumah

Hal tersebut dikarenakan kedua hal tersebut memiliki efek secra langsung terhadap kenyamanan penghuni rumah lainnya yang tidak ikut menonton televisi. Sehingga keduanya perlu diatur.

Pertama kita bahas terkait volume suara televisi. Sebagian besar aturan menonton tv di rumah menerapkan agar menonton tv dengan volume suara yang tidak terlalu keras. Hal tersebut dikarenakan akan mengganggu kenyamanan orang lain termasuk tetangga.

Anda hanya perlu menyalakan televisi dengan volume suara yang sedang, atau yang sekiranya terdengar oleh telinga Anda. Sehingga orang lain tidak terganggu. Selain itu Anda dan orang lainpun akan merasa nyaman tanpa adanya gangguan suara televisi yang keras.

Kedua adalah volume suara penonton. Dalam hal ini adalah Anda yang menonton televisi. Karena biasanya yang menonton tv-pun mengeluaran suara yang keras bahkan lebih keras dari volume televisi.

Misalnya tertawa yang berlebihan dengan volume suara yang sangat keras. Sehingga orang lain akan terganggu. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga sikap saat menonton televisi.

Mengatur volume merupakan hal yang sangat penting, baik volume suara tv ataupun suara penontonnya sendiri. Dengan pengaturan ini diharapkan dapat menciptakan kenyamanan pada setiap orang.

Aturan menonton televisi di rumah yang ke dua waktu menonton

Aturan menonton televisi di rumah yang ke dua adalah waktu menonton tv. Waktu menonton yang dimaksud adalah waktu saat menonton televisi dan durasi lamanya menonton tv.

Yang pertama akan dibahas terkait waktu saat menonton yang tepat. Waktu yang tepat untuk menonton tv adalah waktu yang tidak mengganggu/ bersamaan dengan waktu istirahat (tidur).

Ketika waktunya untuk tidur, misalnya pukul 11 malam, maka lebih baik Anda jangan gunakan untuk menonton tv. Hal tersebut dikarenakan akan sangat mengganggu orang lain yang sedang beristirahat.

Bagi Anda yang ingin menonton pada waktu istirahat seperti hal di atas, Anda harus memperhatikan volume suara. Anda disarankan untuk mengatur volume suara yang rendah/kecil.

Yang ke dua adalah durasi lamanya menonton tv. Durasi menonton juga sangat penting diperhatikan. Anda sebaiknya tidak menonton tv dengan durasi yang sangat lama.

Selain memakan biaya listrik yang banyak, durasi menonton yang lama juga akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Sehingga Anda perlu memperhatikan hal tersebut.

Dengan adanya aturan tersebut, diharapkan Anda dapat menonton tv dengan nyaman tanpa ada gangguan masalah yang akan ditibulkan.

Aturan menonton televisi di rumah yang ke tiga jarak tv dengan tempat menonton

Aturan yang ketiga adalah jarak menonton. Anda disarankan untuk menonton pada jarak yang tepat. Tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh.

Karena jarak menonton akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda. terutama kesehatan mata. Sehingga Anda perlu berhati-hati dan perlu memperhatikan aturan ini.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui jarak tv dengan tempat menonton yang tepat. Jarak yang tepat adalah lima kali diagonal layar televisi Anda.

Maksudnya jarak diagonal tv adalah jarak antara ujung kiri atas layar tv ke ujung bawah kanan layar televisi. Nah, jarak yang tepat untuk Anda duduk adalah lima kali jarak diagonal tersebut.

Aturan ini harus Anda perhatikan dan diterapkan. Karena aturan ini adalah aturan yang berkaitan langsung dengan kesehatan Anda. Untuk itu, Anda perlu mempraktikan aturan ini setiap saat ketika Anda menonton televisi.

Aturan menonton televisi di rumah yang ke empat pilih tontonan yang tepat

Aturan yang terakhir adalah memilih tontonan yang tepat. Memilih tontonan yang tepat biasanya didasarkan pada usia penonton. Karena tidak semua acara di televisi boleh ditonton oleh semua usia.

Sehingga Anda perlu jeli memilih acara televisi yang pas untuk ditonton, khususnya untuk Anda yang menonton dengan anak-anak. Karena tontonan akan sangat cepat berpengaruh terhadap tingkah laku si anak. Oleh karena itu harus sangat selektif terhadap tontonan.

Aturan Menonton Televisi di Rumah

Acara yang tepat ditonton adalah acara yang mendidik, menghibur dan bermanfaat. Sehingga apa yang Anda tonton tidak sia-sia, karena berimbas kepada peningkatan pengetahuan Anda.

Sekian informasi terkait 4 aturan menonton televisi di rumah secara umum yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahun dan Anda dapat menerapkannya dalam keseharian Anda.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti atauran yang ada, karena aturan tersebut dibuat untuk kemaslahatan bersama. Sehingga sangat penting dan bermanfaat jika Anda mematuhi aturan yang ada. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.