Inspirasi Model Atap Teras Rumah Minimalis Depan

Atap teras rumah yang ada sekarang ini sangat banyak model dan bentuknya. Berkembang pesatnya bisnis properti setiap tahunnya memang menghadirkan model desain rumah yang beragam pula, tak terkecuali atap terasnya. Mulai dari atap berbentuk persegi sederhana hingga atap yang memiliki model rumit dan unik, semuanya ingin menunjukan kesan yang menarik tentunya.

atap teras rumah
atap teras rumah – diminimalis.com

Secara umum atap teras memiliki fungsi sebagai pelindung area teras berikut furnitur, pintu dan jendela yang ada di dalamnya agar tidak terkena panas matahari dan air hujan secara terus menerus yang dapat mengakibatkan rusaknya material tersebut. Atap teras juga akan melindungi aktivitas penghuni rumah dan tamu yang biasanya singgah terlebih dahulu di teras sebelum dipersilakan masuk ke dalam ruang tamu.

Bagi Anda yang sedang merencanakan membuat rumah yang memiliki teras di bagian depannya, berikut ini diminimalis berikan 11 Model atap teras rumah depan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Salam diminimalis.

atap teras rumah
atap teras sederhana – diminimalis.com
atap teras rumah
ide atap teras sederhana- diminimalis.com
atap teras rumah
ide atap teras minimalis – diminimalis.com
atap teras rumah
atap teras minimalis- diminimalis.com
atap teras rumah
ragam atap teras minimalis – diminimalis.com
atap teras rumah
macam atap teras sederhana- diminimalis.com
atap teras rumah
ide atap teras melengkung – diminimalis.com
atap teras rumah
contoh atap teras minimalis – diminimalis.com
atap teras rumah
galeri atap teras minimalis – diminimalis.com
atap teras rumah
ide atap teras modern – diminimalis.com
atap teras rumah
gambar atap teras minimalis – diminimalis.com

Selain beberapa desain teras yang dapat diminimalis tunjukkan kepada Anda. Anda juga harus melihat beberapa rekomendasi desain teras lainnya dari bahan yang tidak tercantum pada pembahasan di atas. Berikut ini beberapa rekomendasi teras rumah yang terbuat dari bahan kanopi.

Rekomendasi Desain Kanopi Teras Rumah Anda

Kanopi tidak hanya berfungsi sebagai pelindung pada atap rumah dari cuaca. Kanopi juga dapat berfungsi sebagai desain bangunan yang mempunyai nilai arsitektur yang tinggi. Anda yang berencana untuk memasang kanopi sebagai bahan teras rumah dapat menyimak pembahasan berikut ini.

Kanopi  dari Bahan Kayu Anda yang menyukai nuansa natural namun tetap elegan. Kanopi dengan bahan kayu model rapat dapat menjadi pilihan dalam menciptakan nuansa yang artistik. Pastikan Anda dalam memilih kayu merupakan kayu dengan kualitas kayu terbaik, kukuh dan terhindar dari pelapukan.

Jangan lupa untuk menambahkan penerangan pada atap teras. Anda dapat memilih lampu gantung klasik untuk menambah kesan tradisional pada teras Anda. Anda juga dapat menambahkan meja dan kursi yang dapat disesuaikan dengan desain kanopi agar tetap serasi dan terlihat mewah.

Kanopi dari Bahan Galvalum Bagi Anda yang menginginkan kanopi dengan bahan yang awet, tahan rayap, atau kelembapan dapat menggunakan kanopi dari bahan galvalum. Kanopi dari bahan ini dapat Anda tambahkan warna yang dapat disesuaikan dengan desain eksterior Anda. Rumah minimalis Anda akan terlihat lebih elegan dengan konsep yang sederhana.

Kanopi dari Bahan Metal Kanopi yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik teras rumah selanjutnya yaitu bahan metal. Bahan ini akan menimbulkan kesan futuristik pada hunian Anda sehingga dapat menjadikan tampilan rumah menjadi lebih artistik.

Tidak hanya itu, perkembangan teknologi dengan metode laser cut dapat Anda gunakan untuk membuat atap teras yang sesuai dengan keinginan. Namun, pastikan model yang dibuat menyesuaikan dengan bentuk rumah Anda.

Kanopi dari Bahan Kaca Selanjutnya Anda dapat menggunakan kanopi yang terbuat dari bahan kaca. Kanopi jenis ini dapat Anda gunakan untuk menunjukkan arsitektur rumah. Teras Anda juga akan terlihat lebih luas dan bersih karena penggunaan atap yang transparan dengan warna bening.

Penggunaan kaca pada atap teras juga dapat menghemat energi listrik karena Anda tidak perlu lagi menambahkan aksen lampu sebab sumber cahaya berasal dari sinar matahari dan sinar bulan. Anda dapat menambahkan kursi, meja, dan beberapa tanaman hias pada bagian-bagian sudutnya.

Kanopi dari Bahan Fiber Anda yang menginginkan atap bening dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan bahan kaca, penggunaan bahan fiber dapat menjadi solusi. Bahan fiber ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu anti bocor, anti karat, dan tidak bising. Bahan ini juga lebih aman karena instalasi yang mudah.

Kanopi dengan Nuansa Tanaman Rambat Keberadaan tumbuhan hijau di rumah memang menambah kesan asri dan sejuk. Tidak heran jika sebagian orang menanam beberapa tanaman hias di samping rumah.  Nah, Anda juga bisa menambahkan kesan asri di atap rumah.

Anda hanya perlu menanam beberapa tumbuhan merambat pada kanopi yang telah disiapkan. Jangan lupa juga untuk memberikan penutup atau fiber pada bagian atas kanopi agar terhindar dari cuaca panas atau hujan. 

Tips Merawat dan Mempercantik Atap Teras Rumah Anda

Setelah Anda mengetahui beberapa desain untuk mempercantik teras idaman Anda. Sekarang saatnya Anda mengetahui tips untuk merawat dan mempercantik teras rumah agar tampilan rumah menjadi lebih menawan.

1. Memilih Furniture yang Tepat

Tidak lengkap apabila di depan teras tidak diberikan furnitur berupa sepasang meja dan kursi. Anda dapat memilih kursi dan meja dengan tipe ringan namun kokoh agar menampakkan kesan lega. Tapi apabila Anda ingin menampilkan kesan minimalis, Anda dapat menggunakan karpet dengan beberapa bantal empuk untuk model lesehan.

Tidak hanya itu Anda juga bisa menambahkan beberapa dekorasi seperti rak sepatu, lampu gantung, atau beberapa pernak-pernik dari batu atau kayu untuk menambahkan kesan elegan.

2. Merancang Taman Kecil dan Memilih Tanaman yang Tepat

Teras cantik Anda juga bisa ditambahkan beberapa nuansa hijau dengan memberikan tanaman dalam pot. Tanaman dengan ukuran tinggi dapat Anda letakkan di pojok teras, sedangkan tanaman dengan ukuran kecil dapat Anda gantungkan.

Namun, apabila Anda mempunyai taman kecil tersendiri di depan teras. Anda dapat mempercantiknya dengan memilih beberapa tanaman bunga dengan warna dan harum yang semerbak misalnya bunga melati, bugenvil, anggrek, kembang sepatu, dan lain-lain.

Letakkan dengan rapi dan beri jarak jangan terlalu jauh antara tanaman satu dengan lainnya. Dengan menanam tabulampot misalnya, maka teras rumah akan terlihat semakin cantik dari biasanya. Tinggal Anda pilih jenis bunga yang sesuai selera dan mampu mendukung tampilan teras.

3. Memilih Warna Cat yang Tepat

Memilih warna cat yang tepat adalah langkah yang penting. Anda dapat memilih warna cat yang dapat disesuaikan dengan warna cat rumah Anda. Selain itu, warna cat terang juga menjadi rujukan karena dapat menimbulkan kesan luas dan bersih.

4. Mempertimbangkan Akses Sinar Matahari

Kebutuhan sinar matahari memang sangat penting. Keberadaan sinar matahari juga sangat penting pada teras rumah Anda. Teras akan terasa lebih sehat dan terang. Selain itu, sinar matahari juga dapat berfungsi sebagai proses fotosintesis untuk tanaman yang berada di teras tersebut. 

Itulah ulasan mengenai atap teras rumah yang dapat Anda jadikan pertimbangan dalam menciptakan hunian yang nyaman dan elegan. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. (Is) editted by AL230920.


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.