Atap Limasan Memang Cocok untuk Rancangan Rumah Minimalis

Atap limasan merupakan penyempurnaan dari bentuk atap pelana yang terdiri dari dua bidang miring berbentuk trapesium.

Dua bidang atapnya berbentuk segitiga siku-siku dengan kemiringan yang biasanya sama.

Atap limasan merupakan jenis atap yang kerap digunakan untuk rancangan rumah minimalis karena memilki banyak keunggulan.

Kali ini diminimalis akan mengulas berbagai keunggulan tersebut untuk Anda.

atap limasan, atap limasan minimalis, atap limasan adalah
atap limasan cocok untuk rancangan rumah minimalis – diminimalis.com

Atap limasan untuk rumah minimalis

Atap berbentuk limas terdiri dari empat bidang atap, dua bidang bertemu pada satu garis bubungan jurai dan dua bidang bertemu pada garis bubungan atas atau pada nook.

Jika dilhat terdapat dua bidang berbentuk trapesium dan dua dua bidang berbentuk segitiga. Rumah minimalis idaman biasanya didesain dengan menggunakan atap yang berbentuk limas.

Karena desain atap limas akan memberikan kesan elegan dan mewah sehingga dapat menarik perhatian.

atap limasan, atap limasan minimalis, atap limasan adalah
Model atap limas pada rumah minimalis – diminimalis.com

Pada rumah minimalis, atap limas akan memberi kesan luas dan megah. Selain karena dapat terkesan mewah, rumah minimalis atap limas juga memiliki bentuk yang unik.

Hal ini sangat penting karena atap merupakan obyek utama yang paling awal dilihat dari sisi eksterior rumah. Untuk itu dalam merencanakan bentuk atap harus mempunyai daya arstistik kuat kuat.

Jika dicermati, bentuk atap ini nampak lebih cantik dibanding atap pelana. Tetapi biaya mendesainnya lebih besar karena menggunakan rangka yang lebih banyak.

Kekurangan lainnya yaitu resiko bocor yang cukup riskan, mengingat ada banyak sambungan saat merancangnya.

Kelebihan / Keunggulan

Model jenin atap apapun, tetap akan memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitu juga dengan model atap limasan. Atap limasan memiliki berbagai kelebihan untuk rumah minimalis, diantaranya :

1. Perlindungan Dinding

Dengan sudut 30 hingga 40 derajat pada bagian atapnya, bentuk ini mampu memberikan perlindungan terhadap dinding rumah bagian luar dari panasnya sinar matahari dan derasnya air hujan.

2. Penaungan Merata

Semua jenis atap rumah berfungsi sebagai pelindung rumah. Namun jenis atap lainnya kurang mampu melindungi bagian bawah rumah. Berbeda dengan model Limasan. Atap jenis ini mampu memberikan penaungan dan perlindungan dari matahari dan hujan merata di tiap sisi bangunan.

3. Kesan Megah

Atap jenis ini memberikan kesan lebih megah, jika dibandingan dengan atap model lainnya. Apalagi dengan bentukan yang tinggi seperti asap joglo.

4. Mampu Melindungi Struktur

Model atap limas diyakini mampu dan bisa dalam melindungi struktur bangunan. Struktur bangunan rawan terjadi kerusakan yang diakibatkan karena cuaca ekstrem. Indonesia beriklim tropis. Sering bercuaca panas dan hujan. Kadang juga berlebih. Jadi atap jenis limasan cukup sesuai jika diaplikasikan di Indonesia.

5. Variatif

Bentuk atap limas sangat mungkin untuk diimprovisasikan menjadi berbagai model atap. Bisa dikreasikan dengan menarik dan tampak terlihat lebih proporsional jika dibandingkan dengan atap pelana.

Kekurangan / Kelemahan

Selain memiliki keunggulan (nilai lebih), Atap jenis ini juga mempunyai kekurangan. Kekurangan model limasan sebagai berikut:

  1. Konstruksi rumit dan mahal dengan penggunaan kuda-kuda yang banyak.
  2. Tidak tepat dan tidak efektif bila diaplikasikan pada lahan yang lebarnya minim, misalnya pada lahan perumahan dengan ukuran 9 x 18 m2.
  3. Membutuhkan bahan penutup atap yang lebih banyak.
  4. Rangka atap rumah dengan model limas berpotensi menyebabkan terbuangnya beberapa material genteng. Hal ini dikarenakan dibutuhkannya potongan pada saat pemasangan.
  5. Resiko bocor pada jurai bila pengerjaannya tidak rapi.

Contoh Desain Atap Limasan

Mudah mudahan Anda sepakat bahwa, bentuk atap merupakan elemen yang penting dalam perwujudan (bentuk fasad) sebuah rumah. Model/desain dari atap akan memberikan pengaruh yang besar dalam memberikan tampilan/kesan pada sebuah rumah.

Ada banyak alternatif bentuk atap limas yang bisa diaplikasi saat proses pembangunan rumah. Atap limasan merupakan salah satu jenis atap yang terbilang cukup komersil dan sering digunakan.

Di bawah ini beberapa contoh bentuk atap Limas yagn paling banyak digunakan.

Desain Atap Limas Setengah Terbuka

atap limasan terbuka

Desain Atap Limas Vintage

atap limasan vintage

Desain Atap Limas Persegi Delapan

atap limasan persegi delapan

Desain Atap Limas Gaya Mediterania

atap limasan gaya mediterania

Desain Atap Limas Bergaya Oriental

atap limasan gaya mediterania

Demikian ulasan kami tentang kelebihan atap limasan untuk rumah minimalis, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang bentuk atap rumah terbaik khusus untuk daerah tropis di bawah ini. (ls) – last update: 25/11/2020 by diminimalis

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.