Rumah Minimalis Semakin Berbinar dengan Atap Kaca Skylight

Rumah yang minim pencahayaan akan membuat siapapun kurang betah berlama-lama di dalamnya. Lagi pula tidak mungkin juga selalu mengandalkan lampu listrik sebagai penerangan. Nah, atap kaca skylight dapat menjadi ide yang tepat dalam penerangan ruangan.

Anda bisa menerapkan ide pencahayaan ini untuk mengganti salah satu atap ruangan yang terlalu gelap. Tidak perlu khawatir kaca ini akan mudah pecah, karena jenis-jenis genteng kaca skylight sudah didesain sedemikian rupa mulai dari transparansi hingga kekuatannya.

Ide Membuat Atap Kaca Skylight di Salah Satu Ruangan Rumah

Atap kaca skylight biasanya digunakan pada rumah yang menginginkan cahaya alami dari matahari agar masuk ke dalam rumah agar rumah menjadi terang tanpa harus menyalakan lampu.

Skylight secara prinsip sebetulnya mirip dengan jendela, yaitu sebuah bukaan yang memiliki fungsi sebagai tempat sirkulasi udara sekaligus tempat masuknya sinar matahari. Perbedaannya terletak pada peletakkannya saja.

Pengaplikasian skylight terletak pada langit-langit rumah yang dapat menjadi ‘lampu alami’, sehingga bisa mengurangi penggunaan listrik PLN yang tentunya akan menghemat biaya juga.

atap kaca skylight
skylight terbuka – diminimalis.com

Selain, penggunaannya yang membuat nyaman pengguna rumah, penggunaan atap skylight mempunyai beberapa manfaat lain yang dapat Anda rasakan. Namun, tidak hanya itu atap skylight juga mempunyai kelemahan yang dapat menjadi perhatian bersama. Berikut penjelasannya.

Keunggulan dan Kelemahan Atap Kaca Skylight

Tidak hanya dapat mengganti penerangan dari listrik ke alami. Atap skylight mempunyai beberapa keunggulan yang dapat Anda nikmati.

1. Memancarkan Cahaya Natural

Atap kaca skylight merupakan perantara pencahayaan dari sinar matahari agar masuk ke dalam ruangan rumah. Cahaya natural ini mempunyai manfaat untuk menghangatkan suhu ruangan dan meningkatkan penerangan alami ketika siang hari.

Selain itu, pencahayaan alami ini juga dapat meningkatkan mood Anda ketika pulang kerja atau sedang dalam kondisi lelah. Sifat terang dan alami ruangan, seakan membawa Anda pada tempat terbuka dan lapang.

2. Menghemat Listrik

Tagihan Anda semakin hari semakin melonjak? Listrik dirumah semakin membutuhkan banyak daya. Anda dapat menggunakan atap skylight untuk membantu mengurangi tagihan listrik.

Pencahayaan yang didapatkan secara alami akan mengurangi penggunaan lampu pada siang hari. Ini terbukti bahwa sinar matahari dapat dengan mudah memantulkan cahaya melalui kaca. Adanya cahaya yang masuk ke dalam ruangan juga bisa membuat mata tidak mudah sakit.

3. Menambah Ventilasi Udara

Tidak hanya dapat menghemat energi. Penggunaan skylight pada atap rumah juga dapat menambah sirkulasi udara menjadi lancar.

Sirkulasi udara yang lancar dapat dengan mudah terjadi apabila ventilasi udara juga lancar. Skylight yang menggunakan mode geser dapat menjadi solusi untuk menambah ventilasi udara menjadi lancar.

4. Menambah Kesan Luas dan Indah

Menggunakan atap skylight dapat menambah kesan indah karena atap ini di desain dengan nuansa modern. Selain itu, rumah Anda juga akan memancarkan warna alami pada interior rumah.

Pencahayaan yang dipancarkan dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Ini dikarenakan ruangan akan terlihat dari berbagai macam sudut dan menimbulkan efek terbuka.

Itulah beberapa kelebihan yang dapat Anda nikmati apabila memasang atap skylight di rumah. Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa kekurangan untuk menimimalisasi dampak buruk yang akan terjadi.

1. Konstruksi yang Rumit

Pemasangan atap skylight tidak mudah, namun juga tidak sulit seperti yang dibayangkan. Pemasangannya membutuhkan perhitungan dan material yang tepat.

Apabila Anda tidak teliti dalam pengerjaannya dan salah, atap akan roboh dan membahayakan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tukang yang sudah ahli untuk melakukan pemasangan.

2. Suhu Ruangan Tidak Stabil

Atap kaca mempunyai sifat yang dapat menghantarkan panas dengan cepat. Apabila pada skylight tidak dipasangi ventilasi, maka suhu ruangan akan meningkat secara drastis. Dampak ini bertambah jika suhu udara diluar ruangan menjadi sangat panas.

3. Tidak Mudah Dirawat

Proses perawatan untuk atap kaca memang tidak mudah. Anda perlu membersihannya dari dalam dan luar ruangan. Jika atap tidak rajin untuk dibersihkan, maka udara yang masuk akan terhalang oleh debu.

Dari pemaparan di atas, Anda dapat memperhatikan dengan seksama kelebihan dan kelemahan dari penggunaan atap skylight. Namun, tidak hanya itu Anda juga perlu mempertimbangkan pembuatan atap kaca skylight.

Penentuan desain, pemilihan bahan serta komponen penyusunannya adalah poin terpenting yang mesti Anda perhitungkan baik-baik, sebab keamanan penghuni menjadi jaminannya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Atap kaca Skylight

Meski pekerjaan mudah karena mungkin Anda bisa memanggil dan membayar tukang, namun perencanaan tetap mutlak diperlukan. Berikut ini beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan ketika akan memasang atap kaca skylight.

Posisi

Secara umum tidak ada tempat baku untuk pemasangan skylight. Skylight dapat Anda aplikasikan di tempat mana saja di dalam rumah sesuai kemauan Anda.

Tempat seperti kamar mandi, ruang keluarga ataupun dapur bisa Anda gunakan. Namun diminimalis sarankan sebaiknya pemasangan atap skylight anda aplikasikan pada tempat yang memiliki kelembaban ruang tinggi, seperti dapur, kamar mandi dan inner courtyard.

Pemilihan Bahan

atap kaca skylight
inner courtyard – diminimalis.com

Karena fungsinya sebagai bukaan pada rumah rumah, bahan yang dipakai pada skylight menggunakan bahan yang transparan seperti kaca, plastik polykarbonat dan fiber. Gunakan bahan yang kuat namun ringan, sehingga dapat mengurangi beban pada atap yang nantinya bisa memicu keretakan dan kebocoran. Jika bahan kaca ingin Anda gunakan sebagai atapnya, pilih kaca jenis tempered yang mempunyai kekuatan lebih daripada jenis kaca lain.

Intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah bisa Anda atur sesuai dengan keinginan agar ruangan tidak terlalu panas dengan cara memberikan lapisan pada bahan atap berupa sandblast ataupun sticker film. Penambahan kisi-kisi kayu pada atap kaca skylight akan memberikan efek bayangan yang menarik jika terpapar sinar matahari pada siang hari.

Komponen Instalasi Skylight

Atap kaca skylight menawarkan suasana berbeda pada rumah Anda. Hal tersebut tentunya bisa diwujudkan dengan penyusunan komponen instalasi yang tepat. Ada tiga hal pokok yang harus Anda perhatikan baik-baik saat membuat atap skylight agar diperoleh hasil yang sempurna.

Pertama,

Buatlah lubang sesuai dengan ukuran yang telah Anda rencanakan pada tempat yang telah ditentukan. Besaran lubang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda menginginkan ruangan yang terang dan sejuk keseluruhannya maka diperlukan lubang yang besar.

Selanjutnya,

Untuk membuat bukaan Anda bisa memasang rangka skylight yang telah disiapkan pada spot yang telah Anda tentukan. Untuk memudahkan Anda saat memasang rangka skylight mintalah bantuan orang lain agar hasil pemasangan sesuai yang diharapkan.

Terakhir,

Pasang light shaft (lubang cahaya) sebagai penghubung antara langit-langit dan atap. Perhatikan ketinggian light shaft ini agar sinar yang dihasilkan maksimal. Sebagai finishing, Anda bisa menggunakan drywall ataupun bahan lainnya yang biasa dipakai sebagai finishing guna menutupi lubang cahaya serta memberikan sekat pada area loteng.

Demikianlah uraian singkat kali ini mengenai bagaimana cara menjadikan rumah minimalis yang Anda miliki tetap berbinar menggunakan atap kaca skylight. Harapannya meskipun rumah yang Anda miliki sedikit bukaan namun sirkulasi udara dan juga sinar matahari tetap bisa Anda peroleh dengan baik. Salam diminimalis. (Is) editted by AL 13032020.


Comment