Ingin Memilih Bahan Atap Carport Minimalis? Pertimbangkan Hal Ini!

Atap carport minimalis jika dalam pembuatannya Anda perhatikan dengan baik tentunya bisa menambah nilai tersendiri. Area carport yang biasanya terletak pada fasad rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai area yang dapat memperindah ekterior sebuah hunian. Terlebih jika desain atap carport dibentuk dengan indah, pastinya menambah kesan tersendiri.

Atap carport minimalis yang sering terkena panas matahari dan air hujan secara terus menerus tentunya harus Anda perhatikan dalam pemilihan bahan penyusunnya. Dengan pemilihan yang tepat Anda akan terhindar dari cepat rusaknya atap carport minimalis Anda. Semakin tepat Anda memilih bahan atap carport, semakin hemat juga biaya yang akan Anda keluarkan.

Bahan Atap Carport Minimalis

atap carport minimalis
Atap carport minimalis – diminimalis.com

Ada banyak bahan yang dapat Anda gunakan sebagai material penyusun atap carport, masing-masing dari Anda memiliki selera yang berbeda tentunya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menentukan bahan atap apa yang hendak Anda gunakan. Selamat menyimak!

Biaya dan Waktu

Untuk masalah biaya, secara umum semua bahan atap memiliki besaran biaya yang sama, yaitu sekitar Rp100.000 hingga Rp500.000/m2 keseluruhan belum termasuk ongkos pemasangan dan pembuatan strukturnya. Semakin kuat struktur atap yang diinginkan biasanya juga semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

Jika Anda menghendaki pemasangan yang cepat, pemilihan bahan polycarbonat bisa dipilih. Atap carport minimalis yang menggunakan bahan polycarbonat biasanya hanya memerlukan waktu satu hari dalam pemasangannya. Namun jika Anda lebih menyukai atap berbahan kaca, Anda harus sedikit bersabar, dikarenakan pembuatan strukturnya cukup rumit. Hal ini dimaksudkan agar atap aman saat digunakan.

Mudahnya Perawatan

Semakin mudah perawatan yang dibutuhkan sebuah atap carpot, maka akan sedikit pula biaya yang harus Anda keluarkan. Atap bermaterial dak beton menjadi atap yang memiliki perawatan termudah diantara jenis lainnya. Jika terjadi kebocoran biasanya terjadi dikarenakan kesalahan saat pengecoran dan hal ini bisa diatasi dengan penerapan waterproof pada area yang bocor.

Bagi Anda yang mengunakan kaca sebagai bahan atapnya, pembersihan rutin harus dilakukan agar atap selalu terlihat bersih sehingga sinar matahari bisa masuk pada area carport. Untuk atap polycarbonat cukup dilakukan pergantian setiap 5-10 tahun, terkecuali Anda sudah bosan atau dikarenakan atap tertimpa sesuatu yang mengakibatkan kerusakan parah.

Desain Sesuai

Pada pendahuluan sudah diminimalis sampaikan bahwasanya kesesuaian desain atap carport minimalis dengan hunian bisa digunakan sebagai pemanis eksterior. Konsep rumah minimalis sangat cocok dipadukan dengan desain atap carport bergaris tegas dengan sudut kemiringan tertentu.

Daya Tahan

atap carport minimalis
Daya tahan bahan – diminimalis.com

Poin terakhir ini menjadi poin terpenting dalam pemilihan atap carport. Memang area carport bisa difungsikan sebagai pemanis eksterior sebuah rumah jika didesain dengan indah. Namun, apalah artinya jika fungsinya tidak maksimal dikarenakan penggunaan material atap carport minimalis yang tidak tahan lama.

Selain akan menambah biaya perawatannya, pemilihan bahan yang tidak awet akan merusak kendaraan dan lantai carport minimalis Anda. Atap berbahan genting dan dak beton merupakan bahan atap yang memiliki daya tahan paling baik.

Rekomendasi Jenis Atap Carport yang Wajib Anda Ketahui

Setelah Anda menyimak beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memasang atau menggunakan carport minimalis di rumah. Sekarang Anda wajib mengetahui beberapa jenis atap carport yang dapat Anda aplikasikan di rumah minimalis idaman Anda.

Carport Membrane

Bahan selanjutnya yaitu carport membrane. Carport ini mempunyai desain yang unik dan keren, tak heran jika banyak diminati. Carport ini biasanya digunakan pada atap parkir, lapangan olahraga, cafe, gudang, kolam renang, dan taman.

Bahan dari carport membarane adalah kain membrane. Kain ini mempunyai beberapa jenis yaitu agtex, haytex, dan serge ferrari. Bahan ini mempunyai ketahanan hingga 10-30 tahun tergantung dengan mereknya.

Bahan ini mempunyai keunggulan anti robek, tidak mudah terbakar, dan mampu menahan berat lebih dari 150 kg. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk ketahanan carport ini tapi Anda juga perlu untuk menghindarkan dari benda-benda tajam.

Alderon UPVC

Alderon UPVC merupakan bahan carport terbaik selanjutnya. Bahan ini anti bocor meskipun dilanda hujan yang sangat deras. Selain itu, bahan ini juga mampu meredam suara hujan dari luar, sehingga tidak terlalu berisik.

Bahan ini juga cukup kuat untuk menahan beban di atasnya, sekitar 150 kg. Anda yang menggunakan carport ini tidak perlu khawatir terhadap ketahanannya. Carport ini dapat bertahan hingga 15 tahun.

Merek terbaik yang bisa Anda gunakan yaitu Alderon Twinwall dengan tebal 10 mm, lebar 839 mm, dan harga kisaran Rp400.000 per m2. Kedua, Alderon RS Roma dengan tebal 1,2 mm, lebar 764 mm, dan harga kisaran Rp230.000 per m2. Ketiga yaitu, Alderon RS Trimdeck dengan tebal 1,2 mm, lebar 762 mm, dan kisaran harga Rp200.000 per m2.

Spandek

Bahan spandek ini terbuat dari aluminium dan seng yang tidak terlalu tebal. Bahan ini sangat cocok untuk kerangka yang terbuat dari besi, baja ringan, atau kayu. Ketahanan untuk bahan ini berkisaran 10 hingga 15 tahun.

Spandek juga mempunyai bahan yang ringan sehingga dapat dipasang oleh satu orang saja. Anda juga perlu hati-hati dalam pemasangannya. Pastikan baut atau paku terpasang dengan benar dan kuat agar tidak mudah goyah.

Spandek mempunyai beberapa jenis yang dapat Anda gunakan yaitu:

1. Spandek Zincalume

Spandek ini biasanya digunakan pada bangunan komersil karena mempunyai bahan yang sederhana. Atap ini terbuat dari campuran aluminium 55%, zinc 43%, dan silikon 2%.

2. Spandek Pasir

Sesuai dengan namananya atap ini mempunyai lapisan pasir yang dapat digunakan meredam suara dari luar. Spandek ini mempunyai berat yang ringan sehingga aman untuk perumahan. Anda dapat mengkombinasikannya dengan atap baja ringan.

3. Spandek Laminasi

Bahan dasar dari spandek ini yaitu aluminium dan penambahan lapisan foil di bagian luarnya. Spandek ini mempunyai ketahanan yang lebih kuat terhadap benturan dan mempunyai masa pakai lebih lama dibandingkan dengan spandek lainnya.

4. Spandek Transparan

Atap jenis ini sangat cocok untuk dipasang pada carport rumah Anda. Hal ini dikarenakan spandek ini tidak mempunyai warna atau transparan. Atap ini terbuat dari plastik atau kaca, sehingga lebih ringan dan lebih murah.

5. Spandek Warna

Spandek ini mempunyai bahan yang sama dengan spandek zincalume. Namun yang membedakan adalah warnanya. Spandek warna mempunyai berbagai variasi warna yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Itu berbagai jenis spandek, sedangkan untuk harganya Anda dapat membeli bahan ini kisaran Rp55.000 hingga Rp85.000 per lembarnya. Harga ini tergantung dengan jenis dan mereknya.

Polycarbonate

Bahan polycarbonate adalah bahan yang paling banyak digunakan dalam pembuatan carport. Bahan ini terkenal kuat dan ringan, sehingga mempermudah dalam pemasangannya.

Bahan ini mempunyai berbagai tipe diantaranya:

1. Twinlite polycarbonate

Bahan jenis twinlite ini merupakan bahan terbaik dari polycarbonate. Bahan ini dapat bertahan kira-kira 10-15 tahun. Harganya memang cukup tinggi, namun kualitas dan daya tahan tidak dapat diragukan lagi.

2. Solarlite polycarbonate

Selanjutnya jenis solarlite polycarbonate yang mempunyai masa tahan maksimal 10 tahun. Dibandingkan dengan twinlite harga untuk solarlite lebih murah. Namun, kualitasnya dibawah twinlite.

3. Solite polycarbonate

Bahan dari polycarbonate dengan kualitas nomor tiga adalah solite. Bahan ini mampu bertahan maksimal 5 tahun. Meskipun kualitas paling rendah, bahan ini paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Carport ini juga mampu menembus cahaya hingga 40% dan sederhana ketika diaplikasikan dalam kerangka. Apabila pengaplikasian carport pada kerangka tidak dipasang dengan benar. Carport ini akan rawan terkena bocor.

Sedangkan harga dari polycarbonate bervariasi tergantung dengan merek dan tipe. Merek Solarflat tipe polos/tekstur harganya Rp520.000 sampai Rp1.040.000. Merek Solartuff tipe roma dengan harga Rp135.000. Harga dapat berubah-ubah tergantung tempat dan waktu pembelian.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih bahan atap carport minimalis. Semoga bisa menjadi rujukan, salam diminimalis. (Is) editted by AL05112020.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.