Menciptakan Area Bebas Gadget di Rumah, dan Alasan Kenapa Anda Perlu Menerapkannya

Kecanggihan teknologi yang terus berkembang nyatanya berdampak pada penggunaan gadget yang juga terus mengalami kenaikan pesat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya produk-produk gadget yang hadir dengan berbagai inovasi baru.

Tidak hanya kalangan dewasa tentunya, pengguna gadget juga sekarang sudah mulai didominasi oleh anak-anak dan remaja. Gaming dan medsos jadi beberapa diantara beragam konten adiksi yang bisa dilakukan via gadget.

Anda sebagai orang tua mesti bijak menyikapi ini. Coba bereksperimen untuk memberlakukan area bebas gadget di rumah Anda.

Tujuannya adalah agar anak Anda yang masih balita ataupun remaja tidak berlebihan menggunakan gadget selama di rumah. Tidak hanya berlaku untuk mereka saja tentunya, aturan ini juga berlaku sama untuk Anda. Jadi ini dikemas seperti kesepakatan bersama.

Buatlah “aturan internal” tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika bermain gadget. Termasuk, kapan dan kondisi seperti apa gadget boleh dipakai tidaknya. Hal ini secara otomatis akan membantu anak-anak Anda belajar disiplin.

Menerapkan Aturan Area Bebas Gadget di Beberapa Ruangan Khusus

Tanpa didisiplinkan dengan aturan yang ketat, sepertinya mustahil membuat anak-anak Anda tahu pentingnya membatasi diri bermain gadget. Oleh karenanya atur keseluruhannya untuk mengontrol anak kecanduan gadget agar lebih mampu membatasi.

Sebagian orang kini sudah banyak yang menerapkan area bebas gadget di rumah. Kebanyakan mereka menerapkan ini demi menghindarkan efek buruk gadget bagi anak-anak.

Sebab kalau di telusuri, bahaya paling nyata dari gadget ialah dampak buruk pada kesehatan. Seperti rentan terjadi penyakit akibat kuman dan bakteri. Menumpuknya kuman yang menempel pada layar dan bodi gadget lalu pindah ke tangan bisa jadi awal yang buruk utamanya bagi anak-anak. Benda yang satu ini tanpa disadari ternyata punya banyak potensi buruk.

Untuk tujuan itulah, Anda mesti membuat aturan baru termasuk ruang-ruang mana saja yang boleh dan tidak boleh dipakai bermain gadget. Sebagai gambaran, diantara ruang yang sebaiknya layak diterapkan area bebas gadget di rumah diantaranya:

1. Ruang Keluarga

Salah satu ruangan yang cukup urgent untuk jadi area bebas gadget di rumah adalah ruang keluarga. Kenapa ruang keluarga? Tentu saja karena bisa dilihat dari esensi ruangan ini yang identitasnya lebih sebagai tempat berkumpul. Ditambah dengan mobilitas tinggi yang menjadi ruangan khusus ber-quality time. Jika tidak diatur demikian maka sulit antar keluarga membangun simpati apalagi empati.

Ruang keluarga merupakan tempat sakral untuk berbagi cerita setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Memperbanyak komunikasi dengan sesama anggota keluarga di ruangan ini cukup penting. Sehingga, meminmalisasi penggunaan gadget di ruangan ini juga amat penting.

2. Dapur

 Area Bebas Gadget di Rumah, ruangan bebas gadget, bahaya gadget pada anak-anak, cara menggunakan gadget yang baik dan bijak

Membawa gadget di dalam dapur membuat kita tidak fokus untuk memasak – diminimalis.com

Aktivitas memasak hingga menyajikan makanan jangan sampai tidak maksimal akibat fokus Anda yang teralihkan ke gadget. Hal ini karena banyak hal detail pada setiap tahapan memasak, yang perlu dilakukan secara totalitas. Bayangkan misalnya saat tengah asyik meracik bumbu sembari bermain hp bsa jadi kalau Anda lupa memasukkan bahan masakan, atau bisa jadi gosong.

Disinilah pentingnya, dapur dijadikan sebagai salah satu area bebas gadget di rumah yang perlu diberlakukan juga. Jika mungkin Anda ingin mengabadikan momen selama memasak atau memotret menu masakan mungkin tidak masalah, yang penting Anda kontrol dan segera simpan gadget Anda setelah selesai.

3. Ruang Makan

Ruangan selanjutnya yang direkomendasikan dalam daftar area bebas gadget di rumah adalah ruang makan. Kami pikir tidak perlu dijelaskan panjang lebar kenapa ruangan ini amat penting agar dijauhkan dari hp dan semacamanya.

Selain menghilangkan fokus, secarta etika juga kurang bagus. Makanan yang seharusny dimakan dengan penuh rasa, bisa jadi akan tidak terasa apa-apa karena fokus teralihkan ke gadet.

Aturan Penggunaan Gadget yang Aman untuk Keluarga

Area bebas gadget di rumah tersebut juga cukup efektif untuk memaksimalkan quality time bersama keluarga. Tak perlu lagi mengalihkan perhatian ke notifikasi di gadget masing-masing. Tanpa gadget, kumpul sesama anggota keluarga akan lebih khusyu’.

Sebagai tambahan, Anda perlu mensosialisasikan cara-cara bijak menggunakan gadget baik selama di rumah maupun di luar, diantaranya :

Jangan menggunakan gadget sembari dicharge.

Menggunakan gadget saat sedang dicharge, ternyata berpotensi bahaya lho. Misalnya seperti bisa terjadi konsleting listrik yang dapat berakibat kebakaran. Atau bila saat turun hujan,  maka fatalnya gadget bisa meledak.

Jangan menggunakan gadget smartphone pada saat berkendara.

Anda pasti pernah dengar berita kecelakakan yang disebabkan kelalaian menggunakan gadget saat sedang berkendara. Ini juga yang menjadi pemicu keluarnya himbauan masif kepolisian bahwa tidak boleh berkendara sambil bermain gadget. Bahkan sudah ada sangsinya bagi yang melanggar.

Matikan smartphone saat Anda tidur atau setel airplane mode

Selain mendukung kualitas tidur yang lebih baik, mematikan handphone juga membuat tidur lebih tenang dan nyenyak. Bandingkan dengan saat tidur dan smartphone dalam keadaan hidup, selain mengganggu tidur juga radiasi smartphone kurang baik untuk kesehatan, lho. Mulailah dengan memasukkan kamar tidur sebagai area bebas gadget di rumah Anda.

Jangan tempatkan gadget smartphone pada saku celana yang ketat.

Sebaiknya taruhlah gadget di tas, atau saku jaket Anda ketika sedang bepergian dan lain-lain. Gelombang frekuensi yang dipancarkan oleh smartphone Anda akan memberikan efek buruk pada jangka panjang, bila sering diletakkan menempel pada area selangkangan Anda.

Beri kesempatan mata agar bisa istirahat.

Karena sepanjang hari sangat intens dengan gadget, porsi waktu bersosial kita jadi terampas oleh sosial media. Bangun kembali semangat membaur bersama lingkungan dan keluarga demi menjaga interaksi tetap baik terhadap sesama.

Jadi, pentingkah memberlakukan area bebas gadget di rumah Anda? Silahkan dijawab dengan sepositif mungkin. Semoga apa yang kami sampaikan di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga. (ls) editted by RN13062020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.