Meski rumah Anda dari luar tampil bagus dan menawan kalau tidak ada perencanaan yang matang soal lay-out nya biasanya akan dicap aneh. Termasuk dalam menentukan arah rumah yang baik untuk dipilih.

Mau menghadap ke arah mana nantinya rumah Anda tidak bisa dilakukan dengan sembrono. Bahkan soal ini ada ilmunya tersendiri, baik dari sudut pandang islam maupun primbon jawa.

Ya, meskipun semua arah tidak terlalu berarti apa-apa, namun jika bicara soal hunian maka tidak boleh main-main. Sebab, rumah akan dipakai selamanya dan sebisa mungkin tidak akan ada renovasi.

Nah, pada kesempatan kali ini, diminimalis akan membantu Anda mencarikan ide dalam menntukan arah rumah Anda dengan tepat.

Kami juga akan berikan sedikit penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing arah tersebut jika dipilih.

Kenapa Penting Memilih Arah rumah yang Baik?

Sebetulnya selain dari alasan keindahan, ada juga alasan lain kenapa Anda perlu menentukan arah rumah yang baik dengan tepat.

Salah satu alsan pentingnya memilih arah rumah yang baik untuk dipilih adalah demi kualitas hunian yang nyaman. Tidak hanya itu, penentuan arah rumah juga bisa dilihat dari perspektif desain ruang, dan itulah yang akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini.

Arah Rumah yang Baik, Arah Rumah yang sehat, Arah Rumah ideal
setiap arah ruamh memiliki konsekuensinya masing-masing – diminimalis.com

Cara Menentukan Arah Rumah yang Baik untuk Dipilih dan Maknanya

Di bawah ini kami ulas untuk Anda tentang masing-masing konsekuensi arah rumah untuk Anda pilih, diantaranya adalah:

Letak arah rumah, Arah Rumah yang Baik, Arah Rumah yang sehat, Arah Rumah ideal
menentukan arah rumah terbaik- diminimalis.com

Arah utara

Arah utara menjadi pilihan terbaik apabila Anda senang dengan sinar matahari pagi yang masuk ke teras rumah. Sinar matahari pagi tentu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan terutama untuk kulit dan tulang.

Namun perlu diperhatikan bahwa biasanya pada siang hari, sinar matahari akan terasa begitu menyengat. Jadi, jika Anda termasuk yang tidak suka dengan sengatan matahari siang hari lebih baik pertimbangkan lagi ketika akan memilih arah ini.

Meski begitu, ada solusinya kok. Anda dapat menanam pohon peneduh untuk meredam hawa panas tersebut. Pilih pohon-pohon yang bisa berdaun lebat/rindang. Dengan begitu, suasana akan lebih berat.

Arah selatan

Memiliki rumah yang menghadap ke arah selatan, membuatnya terhindar dari suhu yang lembab sehingga ruangan tidak pengap.

Arah selatan juga menerima intensitas cahaya matahari yang banyak untuk masuk ke teras, meskipun arahnya tidak langsung ke depan melainkan ke samping.

Sebagai tambahan, arah selatan juga baik untuk melakukan aktivitas rumah tangga seperti menjemur pakaian, area olahraga.

Arah timur

Arah rumah yang baik untuk dipilih lainnya adalah timur. Rumah yang menghadap ke timur tentu akan menerima sinar matahari langsung dari depan.

Sinar matahari ini akan membuat fasad menjadi lebih hangat pada pagi hari. Namun, pada siang hari, suhu ruangan memang akan terasa sangat panas.

Untuk mengatasinya, jika terpaksa memilih arah timur, Anda dapat membuat kanopi atau menanam tanaman untuk meredam kemungkinan munculnya hawa panas tersebut.

Arah barat

Rumah menghadap barat biasanya tidak direkomendasikan untuk rumah minimalis. Sebab, cenderung membuat rumah menjadi lembab akibat tidak mendapatkan pencahayaan yang cukup dari sinar matahari.

Apabila Anda tetap menginginkan arah barat sebagai arah rumah Anda, solusinya adalah dengan membuat ventilasi yang cukup. Lalu rutinkan setiap pagi untuk membuka jendela agar sirkulasi udara lancar.

Sebagai tambahan penyejuk, tempatkan beberapa tanaman hias yang digantung. Selain bermanfaat untuk kesejukan rumah, juga bisa menambah kesan indah serta suhu ruangan jadi lebih baik.

Nah, dari empat arah di atas, mana yang akan Anda pilih untuk menjadi letak arah rumah Anda? Apapun arah yang Anda ambil, sebaiknya pelajari plus minus masing-masingnya.

Tujuannya adalah agar rumah yang Anda tinggali bisa memberikan kenyamanan yang sempurna sebagai tempat tinggal.
Tugas Anda sekarang adalah tentukan arah rumah Anda sesuai dengan tipe dan konsep yang ada agar Anda dan keluarga semakin nyaman menempatinya.

Jika masih bingun dan dilematis soal menentukan arah rumah yang baik, Anda bisa bertanya pada teman atau ahlinya agar lebih mantap. Semoga pilihan yang Anda ambil berguna untuk kenyamanan Anda selaman menempatinya. (ls) editted by RN18082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *