Aquarium Minimalis Pemberi Kesegaran Rumah Penghilang Kejenuhan

Berbicara soal elemen penghias dalam ruangan, pikiran Anda tentu akan tertuju kemana saja. Salah satu penambah estetika rumah yang sering dibicarakan orang terutama para pecinta aquascape adalah aquarium. Karena kita sedang bicara soal rumah minimalis maka akan lebih tepat juga diarahkan pada aquarium minimalis.

Dalam memilih aquarium yang akan dipakai, Anda bisa berpedoman pada beberapa hal. Diantaranya, bahan kaca yang dipakai, ukuran, dan kesesuaian bentuk dengan ikan yang akan dimasukkan. Namun sebelum kesana, kita akan bahas terlebih dahulu apa saja manfaat dari memiliki aquarium minimalis dalam rumah.

Keuntungan Memiliki Aquarium Minimalis dalam Rumah

Kehadiran sebuah aquarium minimalis di dalam hunian digunakan oleh sebagian orang untuk memberikan sensasi segar pada rumah. Melihat air yang mengalir dengan ikan yang berlalu-lalang di dalamnya memang memiliki kesan keindahan tersendiri. Ditambah lagi jika aquarium yang ada juga mengeluarkan bunyi gemericik tentu akan menambah meriah suasana dalam ruangan.

aquarium minimalis

aquarium minimalis untuk rumah – diminimalis.com

Rumah yang hanya berisi satu atau dua orang saja di dalamnya biasanya akan terasa sepi dan membosankan. Peralatan elektronik seperti televisi dan radio bisa saja Anda hidupkan untuk memecah keheningan namun bisa jadi Anda tetangga Anda akan terganggu olehnya. Belum lagi tagihan listrik yang tentu saja akan membengkak di akhir bulannya.

Tips Mengatur Penataan Aquarium Minimalis dalam Rumah

Memiliki binatang peliharaan di rumah memang memiliki keasyikan tersendiri. Terlebih jika peliharaan yang Anda miliki dapat juga menciptakan kesan interior yang lebih menarik dan hal inilah yang bisa Anda dapatkan jika memilih model aquarium unik yang berisi ikan favorit Anda. Suasana rumah yang sepi dan membosankan seketika akan berubah lebih ceria dan menyenangkan.

Nah, untuk mewujudkan desain akuarium yang bagus dan sesuai dengan keinginan, maka Anda perlu melakukan beberapa hal terkait pengaturannya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar aquarium minimalis Anda tersedia dengan baik.

Memilih Aquarium yang Pas Sesuai Space

Pada intinya, dalam hal apapun yang berkaitan dengan elemen hias, Anda mesti merencanakannya dengan baik dari sisi penempatan.

Anda bisa membeli aquarium minimalis yang sesuai dengan kebutuhan agar diperoleh hasil yang maksimal. Jika ruangan yang ada masih cukup luas, Anda bisa mendesain aquarium berukuran besar agar suasana rumah serasa di sea world. Memilih ukuran aquarium mini juga tidak ada salahnya. Aquarium mini bisa menjadi eyecatcher di dalam rumah, yang penting semua harus dalam pertimbangan yang matang.

Rencanakan Penambahan Pencahayaan

Agar kesan aquarium minimalis lebih nampak anggun dan menarik Anda bisa menambahkan pencahayaan di sekitarnya. Pencahayaan yang ada bertujuan agar Anda tetap dapat menikmati keindahan aquarium pada malam hari. Aquarium akan menjadi penghantar waktu istirahat Anda yang tepat sehingga Anda bangun pada pagi hari dalam kondisi fresh dan bersemangat.

Pemilihan lampu pencahayaan bisa disesuaikan dengan selera dan ukuran space penempatan aquarium. Untuk akuarium yang berukuran besar dan memanjang bisa dengan menambahkan lampu neon yang dipasang di setiap sisi akuarium. Semburat cahaya putih akan membuat tampilan aquarium jadi lebih bagus. Untuk model dan juga dengan harga yang akan Anda pilih, sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki.

aquarium minimalis
aquarium berbentuk minimalis – diminimalis.com

Pastikan Pemasangan Dekat dengan Sumber Air

Ada satu tips lagi yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat ataupun membeli aquarium minimalis. Yaitu, pastikan area yang hendak Anda jadikan sebagai tempat menaruh aquarium tidak terlalu jauh dari sumber air. Jarak yang dekat akan memudahkan Anda saat melakukan perawatan pada aquarium.

Misalnya, jika sumur atau kran air rumah Anda di samping rumah dan menempel dengan tembok bisa mengusahakan peletakkan aquariumnya disana. Pentingnya memprhatikan letak aquarium adalah agar instalasi pemasangannya juga tidak memerlukan terlalu banyak pipa. Ini akan menghemat budget Anda, sehingga bisa dialokasikan pada kebutuhan yang lain.

Penambahan Ornamen Hias Aquarium

Terakhir, jika Anda membeli aquarium yang belum sekaligus dengan elemen hiasnya, Anda bisa membelinya secara terpisah. Ingat selalu bahwa memelihara ikan aquarium bisa saja akan mengganggu jika tidak dipikirkan desainnya secara matang.

Salah satu yang menunjang tampilan akuarium menjadi terlihat bagus atau tidak adalah ornamen penghiasnya. Oleh karenanya memilih ornamen penghias dalam dunia aquascape sangatlah penting. Ornamen penghias aquarium seperti batu-batuan, kerang, dan terumbu karang bisa anda dapatkan di toko-toko ikan hias.

Anda bisa memilih desain seperti apa yang ingin Anda usung untuk aquarium di rumah Anda. Hal terpeting dari semua poin di atas adalah pertimbangkan segala sesuatunya secara matang. Jangan hanya terpaku pada harga belinya yang mahal saja, namun lebih dari itu, pilih opsi terbaik untuk aquarium minimalis yang Anda pilih.

Mungkin demikian dulu pembahasan singkat mengenai aquarium minimalis yang bisa Anda jadikan sebagai penambah kesegaran di dalam rumah Anda. Jika Anda kesulitan saat membuat aquarium dari nol hingga jadi, Anda bisa membelinya yang sudah jadi. Hari ini sudah sangat banyak dijual di toko-toko aquarium dan ikan hias. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). Editted by RN19032020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.