Aquarium Ikan Hias Semakin Menarik Dengan Tips Mudah Berikut

Keberadaan aquarium ikan hias di dalam rumah memang akan memberikan kesegaran dan keindahan tersendiri bagi yang memilikinya. Suasana panas saat Anda berada di luar rumah akan terobati dengan hadirnya aquarium yang menyejukkan pandangan. Ikan yang riang berkejar-kejaran di dalamnya juga akan semakin menambah keceriaan.

aquarium ikan hias
aquarium ikan hias – diminimalis.com

Untuk menunjang tampilan sesuai dengan yang diinginkan maka harus ada elemen penunjang yang mesti disiapkan. Aquarium beserta seluruh isinya sangat penting untuk dipilih yang terbaik. Hal paling utama ialah ikannya, dimana pemilihan jenis ikan hias sudah seharusnya dilakukan dengan penuh pertimbangan.

Jenis ikan hias dan harga yang ada di pasaran saat ini sangat variatif. Anda bisa memilih jenis ikan hias termahal maupun yang murah, tinggal sesuaikan saja dengan keadaan kantong sendiri. Mahal ataupun murah, harga ikan hias yang Anda pilih tidaklh begitu berpengaruh, yang terpenting Anda menikmati dan merasakan manfaatnya.

Tips Menjadikan Aquarium Ikan Hias Semakin Menarik

Menarik atau tidaknya sebuah aquarim tentu saja sangat bergantung kepada bagaimana cara kita merawat ekosistem di dalamnya. Apalah gunanya memiliki aquarium ikan hias minimalis yang berisi ikan berharga mahal dengan ornamen mahal pula jika tidak pandai merawatnya. Tentu lama-kelamaan tidak akan menarik lagi.

Bagaimana merawat aquarium yang benar menjadi hal yang wajib Anda ketahui sebelum memiliki aquarium agar manfaat terbaiknya bisa Anda raih. Bagaimanakah caranya, berikut ulasan singkatnya untuk Anda. Selamat menyimak.

Menentukan Bahan Aquarium

Hal utama yag harus Anda utamakan untuk dipertimbangkan adalah pemilihan material aquariumnya. Di pasaran hingga saat ini, ada dua jenis material untuk sebuah aquarium yaitu dari kaca dan vinyl. Kedua bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika daerah Anda termasuk yang rawan gempa, bisa pilih aquarium dari bahan Vinyl. Sementara jika daerah rumah Anda tidak rawan gempa bisa pilih aquarium minimalis dari kaca.

Ukuran aquarium

Memperhatikan seberapa besar ukuran sebuah aquarium yang Anda hendak pilih menjadi poin selanjutnya yang perlu diperhatikan. Jangan sampai ukuran aquarium yang Anda pilih memiliki ukuran yang terlalu besar maupun terlalu kecil. Ukuran aquarium yang terlalu besar bisa menjadikan ruangan terasa sempit dan juga bisa mengganggu aktivitas penghuni di dalamnya.

Sesuaikan saja dengan ukuran space dimana Anda akan meletakannya. Penting untuk mempertimbangkan ukuran karena dari situ nanti akan terlihat serasi atau tidak dengan ruangan.

Gunakan air bersih

Pastikan untuk isi aquarium menggunakan air yang bersih saja. Air yang bersih tentunya jauh lebih aman dan sehat untuk keberlangsungan hidup binatang yang hendak Anda masukkan ke dalamnya. Pemandangan di dalam aquarium ikan hias juga akan terlihat lebih jelas jika Anda menggunakan air yang bersih.

Bibit ikan baik

Anda harus sangat selektif saat menentukan bibit ikan hias yang akan dipelihara di dalam aquarium Anda. Bibit ikan yang sehat tentunya memiliki ketahanan hidup yang baik dan juga memiliki tekstur tubuh lebih indah dibandingkan dengan bibit yang sakit. Belilah di tempat penjual ikan hias yang terpercaya agar didapat bibit yang baik.

Anda juga mesti paham tentang bagaimana ciri-ciri ikan yang sehat untuk dipelihara. Carilah referensi sebanyak-banyaknya, bila perlu tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman.

Volume Aquarium

Masih soal aquarium, pilihlah volume aquarium yang akan dipakai sesuai dengan ukuran yang dipelihara jika nanti besar-besar. Memperhatikan volume aquarium ini hampir sama dengan menentukan ukuran aquarium. Hanya saja, ini ada kaitannya dengan ornamen tambahan seperti terumbu karang, batu-batuan dan sebagainya.

Tambahkan ornamen penghias secukupnya saja, agar tidak sampai menggangu ekosistem ikan hias Anda. Terlebih lagi bahwa ikan pasti akan bertumbuh besar, jadi tidak perlu over dalam penambahan ornamennya agar ikan bisa bergerak dan tumbuh dengan leluasa.

Komposisi ikan di aquarium

Komposisi ikan di dalam aquarium ikan hias haruslah seimbang agar indah dan enak dilihat. Pengaturan komposisi yang pas juga menghindarkan ikan saling memakan satu dengan lainnya. Aquarium berukuran besar bisa Anda isi dengan ikan hias kecil namun berjumlah banyak maupun beberapa saja ikan berukuran besar.

aquarium ikan hias
aquarium minimalis ikan hias – diminimalis.com

Sortir ikan yang tidak sehat

Seperti halnya manusia yang sakit ada kalanya masuk ke dalam karantina untuk mencegah penularan pada orang lain. Ikan juga mesti mendapat perlakuan yang sama ketika ditemukan ada diantaranya yang tidak sehat. Secara fisik ikan yang tidak sehat terlihat dari gerakannya yang tidak lincah lagi dan juga sudah tidak bernafsu untuk makan.

Oleh karenanya, hal yang bisa Anda usahakan adalah memindahkan ikan tersebut keluar aquarium. Letakkan secara terpisah di wadah lain, atau bila perlu beli yang baru untuk mengisi kekurangan ikan di aquarium tadi.

Mungkin demikan saja dulu ulasan singkat tentang bagaimana tips memilih aquarium ikan hias dan menghiasnya agar semakin menarik. Semoga tips singkat di atas bisa membantu. Salam diminimalis (am). Editted by RN21032020


Comment