Aplikasi Warna yang Tepat pada Rumah Tropis Minimalis

Penerapan warna pada sebuah rumah sangatlah penting karena merupakan mampu menunjukkan identitasnya sebagai sebuah hunian. Bayangkan seandainya rumah Anda tidak berwarna, tentu akan terlihat kumuh dan seperti rumah tidak dihuni. Mengingat pentingnya aplikasi warna pada rumah maka penting untuk memilih kombinasi yang paling tepat.

Tujuan dari mengatur kombinasi warna yang dipakai adalah untuk memaksimalkan tampilan rumah agar didapat nilai estetika yang tepat. Selain itu, warna juga mberpengaruh terhadap kenyamanan siapapun yang tinggal atau datang ke rumah. Oleh karenanya tidak ada alasan untuk Anda mengabaikan unsur ini dari rumah minimalis Anda.

Pentingnya Menentukan Aplikasi Warna Interior dan Eksterior Rumah Anda

Penentuan warna pada rumah minimalis sangat penting mengingat elemen ini berpengaruh terhadap kenyamanan dalam rumah. Oleh karenanya setiap warna yang dipilih harus mempertimbangkan banyak hal diantaranya kesesuaian dengan elemen lain.

Pada pembahasan kali ini kita akan lebih fokus pada aplikasi rumah tropis. Warna rumah tropis yang baik tentu saja yang disesuaikan dengan keinginan sang empunya rumah. Desain rumah pada daerah tropis tentu berbeda dengan rumah di daerah pegunungan, begitu pula mengenai pemilihan warnanya. Berikut akan kami ulas mengenai cara pemilihan warna rumah tropis untuk memudahkan Anda dalam memilihnya.

Aplikasi warna , desain rumah ceria, warna-warni cat rumah sederhana, warna-warni cat rumah minimalis rumah ceria
interior rumah dengan penataan furniture bernuansa ceria – diminimalis.com

Aplikasi warna yang cocok untuk rumah tropis

Ada dua hal yang perlu disoroti jika bicara soal rumah, yaitu interior dan eksterior. Ini juga yang akan kita bahas, pada bagian aplikasi warna perlu dibedakan antara penerapan di dalm dan luar rumah.

Aplikasi Warna untuk Interior Rumah

Pada prinsipnya, memilih kombinasi warna untuk interior rumah cukup dengan memadupadankan nuansa yang ada dalam ruangan. Mungkin Anda hanya perlu perubahan warna cerah untuk membuat ruangan jadi lebih hidup. Atau sebaliknya, perlu aplikasi warna gelap untuk menunjukkan sisi teduh. Anda bisa simak tips berikut untuk lebih lengkapnya.

  • Memilih warna cerah untuk dinding dan alami untuk furniture

Tips warna rumah tropis yang pertama adalah dengan memilih warna-warna cerah seperti warna oranye, kuning, atau merah bata. Pemilihannya tentu dengan padu padan yang pas diantara warna tersebut sehingga tidak terkesan norak. Bisa juga dengan mengombinasikan warna dinding kontras dengan warna perabotan rumah Anda sehingga warnanya terkesan lebih pop-out.

Sedikit tips untuk pemilihan warna pada perabot rumah adalah, pilihlah bahan-bahan yang memiliki warna alami, seperti perabot yang terbuat dari rotan, kayu, atau bambu. Hal ini menjadikan keseimbangan pada ruangan di rumah tropis Anda menjadi selaras dan indah dipandang.

desain rumah ceria, warna-warni cat rumah sederhana, warna-warni cat rumah minimalis rumah ceria
rumah dengan pernak-pernik berwarna-warni yang indah- diminimalis.com
  •   Pilih warna netral untuk mendapatkan kesan luas pada ruangan

Cat warna rumah tropis selanjutnya bisa menggunakan warna-warna netral, contohnya adalah putih. Warna putih kerap kali diaplikasikan sebagai warna rumah minimalis karena sifatnya yang mudah dikombinasikan dengan warna lain atau perabotan yang lebih berwarna.

Selain itu, pengaplikasian warna putih pada dinding rumah minimalis memberikan kesan luas pada ruangan. Karakteristiknya yang memantulkan cahaya juga menjadikan ruangan terasa lebih sejuk.

Pemilihan warna rumah tropis berikutnya adalah dengan menggunakan warna biru. Warna ini mencerminkan kedamaian dan ketenangan seperti pada lautan dan langit. Agar terkesan lebih berwarna, padukan warna biru dengan putih untuk warna cat dinding.

Tambahkan beberapa dekorasi yang menunjang dengan warna senada atau warna turunan dari biru untuk memperindah ruang. Jika merasa warna biru terlalu kalem dan monoton, Anda bisa menggunakan warna biru tosca untuk hasil yang lebih bold and chic atau warna hijau limau yang terkesan segar dan memberi energi positif untuk cat warna rumah tropis Anda.

Aplikasi Warna pada Eksterior Rumah

Pada pola aplikasi warna khusus eksterior, dinding rumah bagian luar bisa dipilihkan wanra yang bagus. Misalnya untuk teras rumah, jika ada pohon atau tanaman dalam pot, Anda bisa memilih warna yang cocok dengan warna hijau seperti abu-abu. Atau jika merasa kurang pas dengan warna abu-abu bisa pilih warna putih sekaligus.

Pada intinya, menerapkan aplikasi warna pada rumah khususnya bagian eksterior, Anda hanya perlu memadupadankan kombinasi warna agar didapat yang terbaik. Untuk eksterior memang tidak terlalu kompleks seperti halnya bagian interior. Eskterior lebih kepada bagaimana men dapatkan desain warna yang filosofis. Jika rumah Anda mengusung konsep lalam misalnya, maka Anda hanya perlu menemukan kombinasi warna yang mendukung konsep tersebut.

Anda tidak perlu khawatir salah dalam pemilihan aplikasi warna pada interior dan eksterior rumah. Ini hanya soal selera, jadi pilihlah yang menurut Anda terbaik untuk menunjang tampilan dan kenyamanan Anda sebagai penghuninya.

Mungkin cukup dulu ulasan dari kami tentang aplikasi warna yang cocok untuk diterapkan pada rumah tropis. Semoga apa yang kami bahas dapat bermanfaat sebagai referensi Anda. Salam. (ls) editted by RN02032020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.