Apa itu Aeroponik dan Efektifitas untuk Rumah Minimalis Anda?

Sayuran yang ditanam dengan metode aeroponik - diminimalis.com

Apa itu Aeroponik?, pernah mendengar istilah ini?. Dua kata ini sepertinya cukup asing di telinga kita. Bila diartikan secara harfiah aero ponik berasal dari penggabungan kata aero (udara) dan ponus (daya), sehingga dapat disimpulkan bahwa aero ponik ialah memberdayakan udara. Kini aero ponik dijadikan media menanam selain hidroponik. Metode menanam ini hanya menggunakan air tanpa pasir dan kerikil.

Apa Itu Aeroponik, Apa Itu sistem Aeroponik, keuntungan Aeroponik
Sayuran yang ditanam dengan metode aeroponik – diminimalis.com

Apa Itu Aeroponik dan Manfaatnya?

Adapun kelebihan menggunakan teknik aero ponik adalah membantu para petani yang tidak memiliki lahan untuk melakukan kegiatan bercocok tanam. Selain kelebihan tersebut, ada beberapa kelebihan lain atau manfaat lain yang dapat dirasakan. Jadi, apa itu aero ponik dan manfaatnya?, anda bisa menyimaknya di bawah ini :

1. Dapat digunakan di lahan sempit

Seperti yang telah dijelaskan di atas, aero ponik tidak membutuhkan lahan yang luas. Aero ponik hanya mengandalkan air bukan pasir atau kerikil. Metode ini menggunakan styrofoam serta akar beberapa tanaman yang akan digantung untuk memperoleh udara. Aero ponik dapat digantung di pekarangan rumah Anda.

Apa Itu Aeroponik, Apa Itu sistem Aeroponik, keuntungan Aeroponik
Produksi kentang lebih tinggi menggunakan metode aeropinik – diminimalis.com

2. Menghasilkan produksi lebih tinggi

Selain dapat ditanam di lahan sempit, ternyata aero ponik dapat menghasilkan jumlah produksi tanaman yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh oksigenasi dari setiap butiran kabut halus larutan hara yang dapat menghasilkan banyak enerji untuk pertumbuhan jangka panjang.

3. Tahan dari serangan hama penyakit

Metode aero ponik juga membuat tanaman yang ditanam tidak rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Adanya oksigen tambahan yang diterima oleh tanaman akan menghambat pertumbuhan patogen berbahaya.

4. Membantu menjaga lingkungan

Aero ponik merupakan salah satu terobosan baru yang hemat sumber daya alam. Aero ponik membantu menjaga kelestarian lingkungan dengan menghemat air. Selain itu, aero ponik juga tidak memerlukan banyak tenaga kerja, sehingga lebih efisien.

Jadi apa itu aero ponik dan manfaatnya?. Jawaban di atas merupakan beberapa manfaat yang akan Anda peroleh jika mencoba metode aero ponik untuk menanam tanaman di rumah. Anda bisa memanfaatkan rumah minimalis Anda untuk menanam melon tomat, bawang merah, bawang putih dan lain-lain.

Demikian ulasan kami tentang apa itu aeroponik, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang metode hidroponik pekarangan rumah lahan sempit di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Apa itu hidroponik? dan apa saja kelebihannya untuk Anda?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.