Aneka Pagar Hidup yang Bisa Ditanam di Samping Rumah Minimalis Anda

Ada banyak sekali aneka pagar hidup atau tanaman pagar yang sering kita jumpai sebagai pengganti pagar konvensional. Apabila rumah Anda menggunakan pagar jenis ini, maka biaya pembuatannya pun lebih hemat. Pagar juga bisa tahan lebih lama, tidak retak, tidak patah, dan tidak berkarat, selama pemilik rumah bisa merawat pagarnya.

aneka pagar hidup, macam-macam tanaman pagar, tanaman untuk pagar rumah minimalis
rumah minimalis dengan pagar hidup yang indah p diminimalis.com

Aneka Pagar Hidup yang Bisa Ditanam di Taman Minimais Anda

Bagi Anda yang berminat memiliki pagar tanaman, berikut ini aneka pagar hidup yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik hunian Anda.

aneka pagar hidup, macam-macam tanaman pagar, tanaman untuk pagar rumah minimalis
Tehe-tehan yang dijadikan tanaman pagar pada sebuah rumah minimalis – diminimalis.com

1. Teh-tehan

Tumbuhan ini memang sekilas mirip denga teh karena termasuk tanaman semak. Tanaman ini juga banyak ditumbuhkan untuk kemudian dipangkas dengan beragam bentuk, mulai bentuk kotak standard, bulat, spiral, sampai aneka binatang.

Tanaman ini selain mudah dibentuk, juga bisa melindungi rumah dengan jarak tumbuh yang cukup rapat. Perawatan tanaman ini cukup mudah, cukup dengan disiram secukupnya setiap hari saat usianya belum dewasa.

2. Duranta Repens 

Duranta repens sangat mudah tumbuh dan sering kita temui di halaman rumah atau taman umum. Umumnya memang digunakan sebagai tumbuhan pembatas ground cover dan hanya setinggi 20 cm-an. Duranta repens terdiri atas 2 warna, warna hijau dan hijau kekuningan. Kelemahannya adalah jika sudah tumbuh lebih dari 75 cm, maka bagian bawah tidak lagi bercabang dan berdaun, jadi terkesan ada lubang di pagar. Untuk memperbanyaknya, Anda bisa menggunakan metode stek.

3. Bunga Soka

Bung soka merupakan aneka pagar hidup yang sangat cantik jika dijadikan pagar, terlebih tampilannya cerah dan berwarna merah membuat bunga ini nampak meriah. Bunga soka termasuk tumbuhan perdu dan mudah dipangkas. Soka perlu disiram secara rutin dan diberi kompos paling tidak sebulan sekali. Bunga ini akan mengeluarkan harum yang sedap pada malam hari di bulan April dan Mei setiap tahunnya.

4. Beluntas

Selain bisa dijadikan obat-obatan herbal dan jamu, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar pekarangan rumah. Tanaman ini bisa tumbuh bahkan tanpa perawatan khusus. Namun, untuk memiliki tampilan yang rapi, perlu dipangkas setidaknya sebulan sekali.

5. Bunga Sepatu

Selain bunga soka, tanaman berbunga yang bisa dijadikan pagar hidup adalah bunga sepatu. Tanaman ini juga sangat maksimal menaungi lingkungan sekitar dari sinar matahari. Untuk memperbanyak atau mengembangbiakkannya, bisa dilakukan dengan pencakokan.

6. Bunga Bougenville

Aneka pagar hidup selanjutnya adalah tanaman bunga bougenville atau bunga kertas. Bunga bougenville mempunyai kelopak yang sangat tipis, bahkan hampir mirip daunnya sendiri. Meskipun demikian, sentuhan bunga bougenville dapat mempercantik pagar rumah Anda. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam sebagai pagar. Apalagi di iklim tropis, bunga ini dapat tumbuh subur sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus.

7. Lidah Mertua

Tanaman pagar hidup selanjutnya adalah lidah mertua. Tanaman ini mempunyai keistimewaan dapat menyaring senyawa berbahaya yang terdapat di udara, seperti karbondioksida, formaldehyde, benzene, dan trichlorethylene. Udara disekitar rumah Anda akan terasa bersih dan segar. Selain dapat Anda gunakan sebagai tanaman pagar, tanaman ini bisa Anda gunakan sebagai tanaman hias.

8. American Holly

Aneka pagar hidup yang dapat Anda gunakan sebagai pagar selanjutnya adalah american holly. American holly mempunyai daun hijau yang lebat dengan tinggi hingga 20 meter. Anda harus rajin untuk memangkas daun ini agar tidak tumbuh berantakan. Pada kenyataannya tanaman ini sangat dikenal sebagai tanaman pagar di seluruh dunia.

9. Bambu Kuning

Anda yang ingin membangun pagar yang tinggi dan kokoh, wajib menggunakan bambu kuning sebagai solusinya. Penggunaan bambu ini akan menambah cantik rumah Anda dengan warna kuning menyala dan daun berwarna hijau. Tidak hanya itu, selain dapat digunakan sebagai pagar, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai bahan furnitur rumah.

10. Booxwood

Booxwood merupakan tanaman pagar yang mempunyai banyak kelebihan. Tanaman ini mempunyai tinggi mencapai 6 meter. Rumah Anda akan terlihat lebih hijau dan asri. Tampilannya pun sangat mudah dibentuk. Anda dapat membentuknya sesuai kebutuhan agar lebih rapi. Lakukan pemotongan secara berkala agar tidak terlalu lebat dan mudah terserang oleh hama.

Tanaman Pagar Merambat yang Cocok untuk Hunian Anda

Aneka pagar hidup memang berbagai macam. Terdapat pula berbagai macam tanaman pagar merambat yang sangat cocok untuk mempercantik rumah Anda. Berikut ini berbagai tanaman merambat untuk pagar Anda:

1. Lee Kuan Yew

Lee kuan yew merupakan aneka pagar hidup yang seringkali dapat Anda lihat di hotel-hotel berbintang. Tumbuhan ini cepat tumbuh dan sangat mudah berkembangbiak, tentunya harga belinya juga murah. Tanaman ini mempunyai batang yang menjulur ke bawah dan memanjang, sehingga sangat disarankan untuk diletakkan dibagian atas. Perawatan untuk tanaman ini juga mudah, Anda dapat menyiramnya secara rutin, jangan sampai mengalami kekeringan.

2. Bunga Thunbergia

Bunga thunbergia mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan bunga matahari, namun bunga ini mempunyai ukuran yang lebih kecil. Bunga ini berasal dari Swedia yang biasanya digunakan sebagai tanaman pagar rumah atau pagar kebun. Sifat dari tanaman ini dapat menahan panas dan mekar pada pagi hari dan kuncup pada petang hari.

3. Bunga Mandevilla Sanderi

Aneka pagar hidup selanjutnya adalah bunga mandevilla sanderi. Tanaman ini memang cukup asing ditelinga, namun keindahan bunga dapat menjadi lebih hidup dan berwarna. Warna bunga yang dihasilkan dari tanaman ini biasanya berwarna pink, merah dan putih dengan kelopak bunga yang cukup cantik apabila dipandang.

4. Tanaman Sirih

Tanaman merambat selanjutnya adalah tanaman sirih yang dapat Anda jadikan referensi aneka pagar hidup. Selain dapat Anda gunakan sebagai pagar rumah, tanaman ini juga dapat Anda jadikan sebagai obat herbal. Anda bisa menggunakannya untuk mengatai gangguan pencernaan, mengatasi karies gigi, membantu menurunkan berat badan, dan lain-lain.

5. Bunga Lipstik

Bunga ini mempunyai ciri bunga berwarna merah merona yang terletak disetiap ujung tanamannya. Memang pada umumnya bunga ini digunakan sebagai tanaman hias yang digantung. Namun, banyak juga yang menggunakannya sebagai referensi aneka pagar hidup rumah. Anda dapat menggunakannya untuk mempercantik pagar rumah Anda, karena tanaman ini sangat indah dan cantik.

6. Tanaman Clematis

Tumbuhan merambat yang satu ini sangat mirip dengan morning glory. Pada saat musim mekar, warnanya sangat cantik dengan kombinasi ungu dan putih. Sangat cocok untuk menghiasai pagar rumah Anda agar lebih terlihat alami. Perlu diperhatikan bahwa masa hidup tanaman ini pendek, sehingga Anda harus memperhatikan asupan pupuk dan air yang cukup. Dibutuhkan perawatan yang ekstra untuk memperoleh masa tumbuh yang bagus.

Demikian ulasan kami tentang aneka pagar hidup yang bisa ditanam di taman minimais Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang tanaman pagar rumah minimalis, solusi hijau pengamanan hunian. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL120421.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.