Mengenal Aneka Jenis Desain Tangga pada Rumah Minimalis 2 lantai

Memiliki rumah tingkat tentu ada susah dan senangnya. Bisa jadi memiliki hunian bertingkat malah impian Anda sebelumnya. Meski mungkin idaman hampir semua orang, nyatanya ada beberapa yang hal yang membuat desainnya seakan dilematis. Contohnya pada pemilihan jenis tangga. Mengingat di pasaran saat ini, ada aneka jenis desain tangga yang bagus untuk dipilih.

Tidak hanya modelnya saja tentunya yang bisa bikin Anda bingung. Termasuk material yang dipakai juga perlu dipertimbangkan. Dalam menentukan mana yang terbaik, tentu diperlukan kejelian agar didapat pilihan yang terbaik. Untuk itu, Anda mesti mengenal aneka jenis desain tangga yang saat ini sedang banyak dipakai agar Anda kaya akan referensi.

Ketahui Aneka Jenis Desain Tangga yang Bisa Anda Pilih

Apabila Anda termasuk salah seorang yang memiliki rumah minimalis 2 lantai, maka memikirkan tangga adalah hal wajib. Selain untuk tujuan fungsionalis sebegai penghubung lantai satu dan dua, tangga juga memiliki fungsi lain. Yaitu, guna memberikan nilai estetika lebih pada interior rumah minimalis Anda.

Rumah lantai dua akan diberi tangga model apapun sebenarnya cocok. Hanya saja pertimbangan lain juga tidak boleh disisihkan. Seperti misalnya berapa perbandingan  budget yang diperlukan antara tangga kayu dan beton. Atau mana yang lebih bagus secara tampilan jika keduanya jadi dua pilihan terbaik.

Nah, ulasan tentang aneka jenis desain tangga berikut ini akan membantu menjelaskan pada Anda mana yang terbaik untuk Anda pilih.

Aneka Jenis Desain Tangga, Desain Tangga rumah tingkat, tangga minimalis mewah, tangga unik, tangga minimalis, Tangga unik rumah minimalis

tangga tanpa pegangan yang simple dan unik diminimalis.com

Aneka Jenis Desain Tangga untuk Rumah Minimalis

Menentukan satu dari aneka jenis desain tangga terbaik menjadi penting karena peran elemen interior yang satu ini sangat vital pad sebuah rumah tingkat. Pembuatan tangga sendiri bisa jadi memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk membangunnya. Maka, sangat penting untuk diperhatikan bagaimana cara memilih desain tangga terbaik. Berikut kami ulas untuk Anda beberapa jenis tangga yang bisa didesain sesuai dengan gaya rumah minimalis 2 lantai Anda, diantaranya:

1. Tangga Melingkar

Model tangga melingkar ini memang banyak digemari oleh masyarakat yang memiliki konsep rumah minimalis. Hal ini dikarenakan model tangga melingkar ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak terlalu banyak membutuhkan tempat yang luas. Inilah alasannya model ini cocok untuk diterapkan pada rumah minimalis.

Model tangga melingkar ini biasanya terbuat dari besi atau kayu. Kualitas dan harga mesti menjadi pertimbangan utama jika Anda menginginkan tangga melingkar dari bahan kayu. Sebab, di pasaran saat ini, furniture berbahan kayu sedang naik daun dan harganya lumayan mahal. Jadi, cermatlah dalam mencari tukang untuk mendesain tangga rumah Anda.

tangga unik, tangga minimalis, Tangga unik rumah minimalis

tangga zig-zag dengan desain meyalayang di rumah minimalis yang unik – diminimalis.com

2. Tangga Zig Zag

Tangga dengan model ini memang memerlukan tempat yang lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya. Desain tangga zig zag biasanya digunakan pada rumah yang memiliki tinggi lebih dari 3 meter. Apabila rumah lebih dari 3 meter tidak menggunakan desain tangga zig zag maka resikonya akan membuat kemiringan rumah terlalu tajam. Maka dari itu, untuk alasan keamanan kebanyakan pemilik rumah bertingkat akan menggunakan desain tangga zigzag.

Material pembuatan tangga ini bisa dengan menggunakan bahan dari beton, kayu, dan lainnya. Untuk menambah keindahannya, Anda juga bisa menambah dekorasi yang simple pada handrailing-nya.

3. Tangga Tegak

Jenis tangga dengan model vertikal atau tegak ini memang sederhana karena bentuknya miring satu arah. Untuk rumah yang tidak terlalu tinggi cocok sekali menggunakan desain tangga tegak ini. Ukuran tangga ini cenderung sedang, sehingga tidak akan membutuhkan banyak tempat untuk meletakkannya. Bahan yang digunakan untuk membuat tangga ini juga seperti tangga-tangga pada umumnya yaitu menggunakan besi ataupun kayu tergantung selera Anda.

Desain tangga yang Anda pilih sebisa mungkin sesuai dengan konsep rumah Anda. Apabila Anda sudah menentukan desain tangga yang sesuai, maka yang perlu diperhatikan adalah tata letak tangga tersebut. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Yaitu, tangga yang menempel di dinding dan tangga yang berada di tengah sehingga bisa dijadikan sekat ruangan.

4. Tangga Spiral

Hampir mirip dengan tangga melingkar, tangga model spiral ini lebih memiliki nilai seni lantaran bentuknya. Salah satu jenis tangga unik ini bisa Anda usung pada rumah minimalis bertingkat Anda. Hanya saja, biaya desainnya mungkin akan lebih mahal dari pada tangga biasa mengingat kesulitan rancangannya.

Meski begitu, Anda masih tetap bisa memilikinya dengan catatan memiliki referensi desainer terbaik. Jangan sampai Anda kecewa dengan hasil desainnya lantaran asal memilih jasa desain tangga yang salah. Jika tidak ada desainer handal masih banyak aneka jenis desain tangga yang bisa Anda pilih.

5. Tangga Mengambang

Terakhir, dari sekian aneka jenis desain tangga, ini bisa jadi kombinasi dari model sebelumnya. Model ini termasuk yang sedang tren saat ini diterapkan pada rumah minimalis modern. Tangga model mengambang terlihat indah dipandang dan bahkan serasa berada di atas awan saat menaikinya.

Tangga model ini sudah banyak diterapkan dengan berbagai bahan yang digunakan. Material yang paling sering digunakan tentu saja kayu. Dari bahan kayu yang kuat dan memiliki tekstur yang elegan. Jika rumah minimalis Anda hanya perlu menghubungkan lantai satu dan dua saja, Anda bisa mengadopsi model tangga yang satu ini. Syaratnya, cari desainer handal yang bisa mewujudkan keinginan Anda.

Mungkin itu dulu ulasan dari kami terkait dengan pembahasan aneka jenis desain tangga untuk rumah minimalis 2 lantai. Semoga apa yang kami uraikan bisa bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by RN 07042020


Comment