Menemukan Ide Aneka Hiasan pada Ruang Tamu Agar Cantik dan Menarik

Seperti sudah menjadi kesepakatan bersama yang tidak tertulis jika sebuah ruang tamu mesti didesain dengan tampilan yang enak dilihat. Bahkan tidak hanya dari sisi tampilan saja, upaya menghias ruang tamu juga didasari pada sisi kenyamanan. Oleh karenanya tidak heran jika banyak orang mulai kreatif membuat berbagai macam hiasan.

Jika Anda ingin mencobanya, ada banyak aneka hiasan pada ruang tamu yang bisa dijadikan alternatif dan pilihan. Misalnya dengan menambahkan wallpaper atau stiker dinding yang sesuai dengan tema ruangan. Tidak hanya itu, ide menambahkan elemen dan furniture tambahan juga bisa diterapkan. Ini bahkan jadi ide paling mudah karena tidak terlalu ribet.

Mencari Ide Terbaik Aneka Hiasan pada Ruang Tamu Minimalis

Idealnya, memilih hiasan pada ruang tamu akan jauh lebih baik jika dilakukan dengan penuh pertimbangan. Jenis hiasan yang dipilih harus disesuaikan dengan konsep yang diusung ruang tamu itu sendiri.

Jangan sampai, hiasan yang diletakkan di setiap sudut ruangan atau lukisan dinding yang dibuat justru membuat ruangan jadi kontras. Disinilah pentingnya memilih aneka hiasan pada ruang tamu yang selaras dengan konsep rumah secara keseluruhan.

ruang tamu dengan tv, ruang tamu menyatu dengan ruang dengan tv, ruang tv minimalis sederhana

paduan lukisan, karpet dan vas bunga dapat menjadi hiasan terbaik untuk ruang tamu minimalis Anda – diminimalis.comruang tamu

Untuk Anda yang masih bingung dan sedang mencari referensi aneka hiasan pada ruang tamu bisa baca artikel ini sampai tuntas. Anda bisa memilih salah satunya sebagai alternatif untuk mempercantik ruang tamu di rumah Anda.

Barang Antik (Lukisan, Patung, dan Guci)

Ide pertama yang bisa Anda terapkan sebagai aneka hiasan pada ruang tamu adalah dengan meletakkan barang-barang antik. Bisa berupa lukisan unik atau benda antik seperti guti bahkan patung.

Lukisan, patung, atau guci sendiri sudah banyak dikenal sebagai elemen dekorasi yang cocok diterapkan pada ruangan lantaran konsep seninya yang kental. Untuk mendapatkannya juga rekatif mudah asal ke tempat yang tepat. Mungkin ada beberapa yang mahal namun jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkannya dengan harga murah di pasar khusus.

Aneka hiasan pada ruang tamu, batik dalam interior, aplikasi batik dalam interior, dekorasi menggunakan kain batik

    ruang tamu yang dihiasi dengan wallpaper motif batik yang cantik – diminimalis.com

 

 

 

Wallpaper (Penutup Dinding)

Selain dalam wujud benda seperti patung, guci, dan sebagainya, Anda masih bisa menghias ruang tamu dengan wallpaper. Hiasan yang satu ini cukup digemari oleh beberapa kalangan karena mampu mencerminkan karakter dari si pemilik rumah.

Tidak perlu bingung wallpaper seperti apa yang cocok untuk ruang tamu, Anda hanya perlu menserasikannya dengan furnture yang ada. Misalnya corak dan warna furniture cerah akan cocok dipadukan dengan motif yang cerah juga.

Saat ini, wallpaper yang dijual di pasaran sudah ada beragam warna dan motif. Anda tinggal pilih yang paling sesuai dengan kesukaan, misal wallpaper bermotif bunga atau kartun.

Wall Sticker

Selain wallpaper, Anda bisa memasang wall sticker sebagai hiasan ruang tamu. Wall sticker sendiri terdiri dari beberapa gambar atau tulisan yang hanya menutupi sebagian dinding. Wall sticker dengan untaian kata motivasi cocok diletakkan di salah satu sisi dinding ruang tamu. Harapannya orang-orang yang berkunjung dapat terinspirasi dari kata-kata motivasi tersebut.

Bingkai foto atau figura

Bingkai foto bisa menjadi pilihan untuk aneka hiasan pada ruang tamu bergaya vintage. Penempatan figura akan menambah kesan ruang tamu yang mengusung nuansa memorable. Dimana para tamu secara tidak langsung diajak bernostalgia lewat foto yang ditempel di dinding. Untuk objek oto yang dipajang bisa foto keluarga besar Anda atau momen wisuda masa kecil.

Rak dinding

Rak dinding bisa juga dijadikan sebagai pemanis ruangan multifungsi lantaran bentuknya yang cocok untuk rumah bergaya minimalis. Penataannya pun dapat disesuaikan dengan konsep ruang tamu. Teknik penataan yang baik secara visual akan mampu menciptakan tampilan ruangan yang lebih seimbang. Jadi, suka-suka Anda asal serasi itu boleh kok!

Tips Memasang Hiasan Dinding pada Ruang Tamu Minimalis

Ingin ruang tamu minimalis Anda good looking? Tidak usah repot, karena jawabanya cukup dengan menambahkan hiasan dinding pada salah satu sisinya. Anda tinggal pilih satu atau lebih aneka hiasan dinding pada ruang tamu yang sudah dibahas sebelumnya di atas.

Jika Anda sudah memilih satu atau beberapa pilihan di atas, atau mungkin ada pilihan lain, sekarang Anda tinggal memasangnya. Meski sepertinya sepele, memasang hiasan tetap harus dengan penuh pertimbangan loh. Ini adalah hal yang cukup penting jika apa yang sudah Anda rencanakan untuk ditambahkan tidak sia-sia dan bikin ribet saja.

Pertama, sesuaikan jenis dengan lokasi pemasangan

Tips pertama jika ingin menghias dinding ruangan maka harus memperhatikan ruang apa yang akan dihias. Misalnya jika menata hiasan dinding kamar tidur pribadi, Anda boleh bebas berekspresi bebas akan dihias seperti apa. Jelas akan berbeda lagi jika Anda mau menghias dinding ruang tamu dimana akan dilihat banyak orang yang datang ke rumah.

Jadi, sebelum ribet, pastikan konsep yang dipasang mampu mempercantik dan menambah kenyamanan ruang saat dipakai menjamu tamu.

Kedua, atur hiasan tambahan

Menghias dinding dengan beragam kreasi memang jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Tapi bukan berarti tanpa kontrol, jangan sampai elemen hiasnya berlebih. Jika terlalu ramai justru membuat ruangan kurang nyaman untuk dipandangplus juga akan nampak sempit dan pengap.

Ketiga, sesuaikan dengan konsep ruangan

Tips terakhir agar ide menambahkan hiasan ruang tamu berjalan baik adalah memastikan kesesuaian dengan konsep ruangan. Yaitu, pastikan hiasan dinding yang Anda pilih dan dipasang sudah sesuai dengan konsep ruang.

Gaya Penataan Hiasan Dinding yang Bagus

Dalam menata hiasan dinding khususnya pada ruang tamu, tidak boleh asal agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Yakni tidak hanya agar ruangan semakin cantik, namun juga membuatnya tampak luas dan nyaman. Berikut ini ada berbagai jenis gaya menata hiasan dinding pada sebuah ruangan termasuk ruang tamu, yaitu: Simetris dan Asimetris.

Jenis penataan simetri bisa diamati dari cara peletakan/pemasangan yang seimbang, baik dari kiri-kanan atau atas bawah. Termasuk bisa juga dilihat dari kesamaan ukuran, tema, atau warna satu dan lainnya. Jenis penataan ini biasanya diaplikasikan pada ruangan yang formal, bisa diterpkan di rumah pada ruang tamuAnda.

Sementara itu, asimetris berbeda dengan simetris. Jenis ini tidak terlalu mengutamakan kesamaan sebab meski berantakan tentu akan lebih baik.

Berbagai Posisi yang Tepat untuk Memasang Hiasan Dinding

Saat hendak menambahkan aneka hiasan pada ruang tamu, Anda mesti juga memperhatikan penempatan posisinya agar tidak over. Dalam arti tidak terlalu tinggi ataupun terlelau rendah untuk yang melihat. Adapun posisi ideal memasang hiasan dinding khususnya pada ruangan tamu, yaitu setinggi pandangan mata rata-rata orang dewasa sekitar ± 1,5 hingga 1,7 m dari permukaan lantai.

Baiklah mungkin itu dulu ulasan dari kami tentang menerapkan ide dalam memilih aneka hiasan pada ruang tamu minimalis. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN10042020


Comment