Ada banyak aktivitas saat musim hujan yang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Meski ada beberapa agenda yang tidak bisa dikerjakan karena hujan turun, jangan sampai Anda buntu soal aktivitas.

Sebab, ada beberapa aktivitas saat musim hujan yang bisa dibilang positif untuk dilakukan guna mengurangi kesuntukan.

Atau Anda juga bisa mengerjakan beberapa pekerjaan yang sempat tertunda yang memungkinkan untuk dikerjakan sembari menunggu hujan reda.

Sebagaimana dikutip dari situs wikipedia, bahwa hujan sendiri merupakan sebuah peristiwa turunnya butir-butir air yang berasal dari langit ke permukaan bumi.

Definisi hujan yang lainnya adalah sebuah peristiwa Presipitasi (jatuhnya cairan yang berasal dari atmosfer yang berwujud cair maupun beku ke permukaan bumi) berwujud cairan. Hujan membutuhkan keberadaan lapisan atmosfer tebal supaya dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi.

Di bumi, hujan adalah proses kondensasi (perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat) uap air di atmosfer menjadi butiran-butiran air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan.

Dua proses yang mungkin terjadi secara bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara ataupun penambahan uap-uap air ke udara. Butiran hujan mempunyai ukuran yang berbeda-beda mulai dari yang mirip penekuk (butiran besar), hingga butiran yang kecil.

Di daerah tropis, musim hujan bergantian dengan musim kemarau (musim kering) dan sangat dipengaruhi oleh pergerakan semu matahari tahunan. Pergerakan matahari mengubah peta suhu udara dan permukaan tanah dan samudera.

Pada gilirannya, perbedaan suhu akan mengubah konsentrasi uap air di udara. Biasanya musim hujan terjadi pada bagian bumi yang tengah mengalami posisi zenith peredaran semu matahari.

Indonesia yang berada di wilayah tropis akan mengalami musim hujan sekitar setengah tahun lamanya. Hal inilah yang perlu diantisipasi agar sebagai orang yang produktif tetap bisa melakukan aktivitas saat musim hujan tiba.

aktivitas saat hujan, aktivitas saat musim hujan, aktivitas musim hujan
meski beberapa kegiatan di luar rumah terhalang ketika hujan, namun masih banyak hal produktif yang bisa kita lakukan di rumah – diminimalis.com

Berbagai Aktivitas saat Musim Hujan Tiba untuk Dilakukan di Rumah

Intensitas hujan yang selalu tinggi ketika sudah musimnya, menjadikan sebagian orang enggan untuk beraktivitas diluar rumah, terlebih bila hujannya begitu deras disertai angin yang bertiup kencang.

Bila beberapa pekerjaan yang tertunda sudah semua Anda kerjakan, maka jangan sampai Anda bingung dan lalu menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting.

Di bawah ini ada beberapa pilihan aktivitas positif yang bisa Anda kerjakan sembari menunggu hujan reda atau memang sengaja Anda rencanakan untuk dilakukan saat sedang hujan saja.

1. Olahraga di Rumah

Saat di luar rumah tengah hujan, olahraga bisa tetap menjadi aktivitas saat musim hujan yang terbilang unik.

Padalnya, Anda tetap bisa melakukan olahraga dari dalam ruangan. Beruntung jika Anda memiliki treadmill atau alat bantu olahraga lainnya, maka Anda bisa berolahraga tanpa harus jogging keluar rumah.

Jika Anda tidak punya alat bantu olahraga, Anda bisa melakukan push up atau sit up. Selain bisa membakar kalori, tubuh akan terasa menjadi hangat dan semakin sehat.

Jadi pada intinya, saat musim hujan pun ada banyak aktivitas lain yang bisa dikerjakan salah satunya olahraga sehingga tidak ada alasan untuk bermalas malasan.

aktivitas saat hujan, aktivitas saat musim hujan, aktivitas musim hujan
saat hujan, merupakan momen yang tepat untuk membaca buku-buku yang belum kita selesaikan – diminimalis.com

2. Membaca Buku/Majalah

Semua orang tentu memiliki buku bacaan di rumah, namun biasanya ada saja kendala yang membuat buku tersebut belum tuntas dibaca.

Nah, saat musim hujan inilah bisa menjadi golden time untuk menuntaskan membaca buku bacaan tersebut hingga selesai.

Selain buku bacaan, Anda juga bisa membaca berita entah di koran atau berita online melalui komputer atau HP Anda yang terhubung dengan internet.

Intinya, aktivitas saat musim hujan berupa membaca tidak akan pernah ketinggalan zaman lantaran sekarang juga sudah banyak opsi bacaan yang bisa dilahap.

3. Minum teh atau kopi bersama keluarga

Minum teh merupakan kegiatan positif untuk merilekskan diri dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk saling curhat atau menjadi pencerita dan pendengar yang baik.

Anda bisa memasukkan teh atau kopi sebagai salah satu persiapan musim hujan dalam list belanjaan Anda.

Suasana saat hujan sembari ngeteh/ngopi bisa membuat obrolan terasa ringan dan cair. Dengan adanya romantisme ini di tengah keluarga, maka segala macam masalah dari kecil sampai yang besar kemungkinan bisa dicegah dan dicarikan solusinya.

4. Menulis

Daripada hanya menonton TV atau menghabiskan waktu di media sosial, menulis bisa dijadikan sebagai kegiatan positif saat Anda terhalang keluar rumah karena hujan.

Dengan menulis, Anda bisa menuangkan ide, gagasan atau ilmu yang bermanfaat untuk dibagikan kepada orang lain.

Menulis juga bisa dijadikan salah satu aktivitas saat musim hujan yang bisa mendatangkan cuan. Misalnya dengan bergabung menjadi penulis lepas maka bukan hanya aktivitas biasa namun juga menghasilkan.

Baca juga: 6 Tips Aman Membangun Rumah Saat Musim Hujan

5. Menonton Film

Nah, di list terakhit aktivitas saat musim hujan yang bisa dilakukan, menonton film bisa dijadikan pilihan yang menyenangkan. Ini berlaku terutama untuk Anda yang hobi nonton film ya.

Dengan menghabiskan waktu untuk menonton film favorit sebagai aktivitas saat musim hujan yang positif maka ANda tidak akan bosan.

Mungkin itu saja 5 pilihan aktivitas saat musim hujan yang bisa dilakukan di rumah Anda bersama keluarga tercinta. Dengan melakukan salah satu aktivitas di atas atau kegiatan positif lainnya demi menghadapai musim hujan maka Anda akan terhindar dari stres dan uring-uringan. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN20112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *