by

Akibat Rumah Tanpa Plafon yang Perlu Anda Ketahui

Bicara soal rumah pasti selalu punya sisi menarik untuk diperbincangkan. Salah satunya berkaitan seputar desain interior rumah. Misalnya spesifik menyinggung soal langit-langit rumah atau yang biasa disebut pafon, yakni tentang bagaimana desain dan modelnya. Lalu berlanjut diskusinya tentang akibat rumah tanpa plafon misalnya, apa dampak positif dan negatifnya.

Plafon sendiri sebenarnya akan memberikan banyak keuntungan jika diaplikasikan. Hanya saja, beberapa orang justru memilih untuk tidak menggunakan plafon karena alasan tertentu. Padahal akan lebih banyak sisi positifnya Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan gambaran singkat tentang pentingnya plafon dalam sebuah rumah.

Akibat Rumah Tanpa Plafon, contoh rumah tanpa plafon, agar rumah tidak panas
contoh rumah tanpa plafon – diminimalis.com

5 Akibat Rumah Tanpa Plafon

Rumah yang dibangun tanpa diberi plafon secara tampilan tentu akan jauh berbeda dengan yang dipasangi plafon. Hal ini bisa terlihat ketika usia rumah Anda sudah sampai bertahun-tahun.

Di bawah ini ada beberapa imbas pada rumah yang cukup negatif bila rumah tidak dipasangi plafon. Diantara dampak tersebut adalah:

1. Tidak dapat menampung air hujan (bocor)

Dampak paling terasa jika rumah tanpa dipasangi plafon adalah potenis buruknya yang beruntun. Salah satunya adalah saat teerjadi hujan dan genteng tidak sanggup menampung debit air. Otomatis air akan mengalir ke dlaam ruangan.

Plafon berfungsi untuk memberi batasan antara bagian rumah dengan genteng. Apabila tidak ada pembatas, maka hampir dipastikan rumah tidak tahan terhadap bocor saat musim hujan.

Dario sisni akan menimbulkan efek berikutnya yaitu dimana air hujan akan mengakibatkan kerusakan pada dinding, sehingga akan terlihat kusam tak terawat.

2. Tidak bisa menjadi area serbaguna

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, kehadiran plafon akan sangat membantu untuk memaksimalkan penggunaan ruangan. Rumah minimalis yang ruangnayya di plot untuk dijadikan sebagai gudang untuk menyimpang barang-barang akan sia-sia jika tanpa diberi plafon.

Dengan demikian, apabila rumah minimalis tidak dilengkapi dengan plafon, maka pemilik rumah harus mencari alternatif lain bukamn?

3. Ruangan terasa lebih panas

Akibat rumah tanpa plafon berikutnya adalah ruangan  akan terasa panas. Plafon berfungsi menyerap panas yang berasal dari genteng. Bila tidak ada plafon, sinar matahari yang membawa panas mudah masuk ke dalam ruangan sehingga Anda perlu menempatkan AC. Pemakaian AC perlu dibatasi karena akan membuat daya listrik menjadi boros.

4. Area bawah mudah kotor

Karena tidak ada penahan, maka kotoran maupun debu yang berasal dari atap dapat mengotori lantai bawah. Plafon berfungsi untuk menahan kotoran dari luar yang masuk ke dalam celah-celah genteng.

Akibat Rumah Tanpa Plafon, contoh rumah tanpa plafon, agar rumah tidak panas, desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
adanya plafon dapat membuat interior rumah tampak menarik- diminimalis.com

5. Rumah tampak kurang menarik

Plafon tidak hanya memiliki fungsi teknis, melainkan juga dapat menambah estetika bangunan. Apabila rumah tidak dilengkapi plafon, rumah terkesan hampa dan terlihat sangat biasa. Plafon kini tidak hanya hadir dengan motif polos saja melainkan berbentuk ornamen atau ukiran yang cantik.

Itulah beberapa akibat rumah tanpa plafon. Bila Anda berencana membangun rumah sebaiknya pertimbangkan kembali untuk memasang plafon. Plafon sangat berguna jika di pasang di dalam rumah. Selain menambah daya tarik, plafon berfungsi melindungi bagian rumah dari hujan dan panas.

Jenis-jenis Material untuk Plafon Rumah

Ada banyak jenis material untuk plafon yang sering dipakai oleh kebanyakan orang, diantaranya adalah:

1. Gypsum

Ini menjadi salah satu material plafon yang cukup populer di tengah masyarakat. Bukan saja karena material ini memiliki kekhasana tersendiri namun karena harganya yang cukup terjangkau.

Pemasangan gypsum sebagai plafon rumah selalu bisa menghadirkan sisi positif dari pemiliknya. Corak warna dan motifnya yang bervariasi membuat peminatnya jadi punya lebih banyak pilihan.

2. Kayu

Plafon berbhan kayu menjadi salah satu alternatif lain material plafon yang bisa Anda pilih. Corak kayu yang juga bermacam macam tergantung jenis kayu yang digunakan turut menyediakan alternatif model yang bervariasi.

Dari dua jenis material plafon di atas bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Tidak perlu khawatir karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang beberapa akibat rumah tanpa plafon. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang berbagai plafon kuat dan tahan lama untuk rumah minimalis idaman di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls) -editted by RN06042019

Plafon kuat dan tahan lama untuk rumah minimalis idaman


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.