Akibat Meminum Air Kolam Renang dan Solusinya untuk Anda

air kolam renang dapat menimbulkan efek buruk bila tertelan ke dalam tubuh kita - diminimalis.com

Akibat meminum air kolam renang bagi kesehatan bermacam-macam, mulai dari efek samping ringan hingga berat. Hal ini dikarenakan kandungan air di dalam kolam renang bercampur dengan berbagai bakteri yg tidak baik bagi organ dalam tubuh. Bagi pemilik kolam renang yang jarang membersihkan airnya, maka air kolam renang akan memberi efek buruk saat digunakan arena banyak mengandung bakteri jahat. Sedangkan bagi pemilik yang sudah melakukan water treatment, maka airnya baik untuk digunakan berenangm namun tetap tidak aman bila tertelan terlalu banyak ke dalam perut kita.

Akibat meminum air kolam renang, bahaya meminum air kolam renang, solusi akibat meminum air kolam renang
air kolam renang dapat menimbulkan efek buruk bila tertelan ke dalam tubuh kita – diminimalis.com

Akibat meminum air kolam renang dan solusinya

Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan membahas tentang akibat meminum air kolam renang, diantranya adalah :

1. Diare

Bahaya kesehatan yang pertama akibat tidak sengaja menelan air kolam renang adalah diare. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa air kolam renang banyak mengandung bakteri Eschericia Coli atau E. Bakteri tersebut apabila masuk kedalam tubuh maka bisa menyebabkan masalah pada usus kita dan membuat kita terserang diare.

Diare adalah suatu penyakit yang bisa menyebabkan tinja menjadi lembek atau cair. Orang yang menderita diare biasanya mereka akan bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar. Bila penanganan tidak segera dilakukan, dikhawatirkan akan menyebabkan diare akut. Diare akut ini biasanya ditandai dengan beberapa gejalan seperti kram perut, kembung, sering buang air, muntah, pucat, dan sakit badan.

2. Disentri

Air kolam renang yang tertelan tidak hanya menyebabkan Anda terkena diare saja tetapi juga bisa menyebabkan kita terkena penyakit disentri. Penyakit disentri ini disebabkan karena infeksi bakteri Shigella yang terdapat pada air kolam renang, biasanya orang yang terkena penyakit ini akan mengalami gejala seperti demam, mual, muntah, diare, kram, dan sakit kepala.

3. Penyakit Kuning

Menelan air kolam renang juga sangat beresiko dan membuat Anda terkena penyakit kuning. Air kolam renang sangat banyak mengandung bakteri salah satunya adalah bakteri leptospira. Bakteri yang satu ini tidak bisa dianggap sepele karena apabila Ia masuk kedalam tubuh maka bakteri ini bisa menyerang organ hati kita dan membuat fungsi hati menurun. Penurunan fungsi hati ini bisa menyebabkan kadar bilibirun pada hati meningkat sehingga terjadi penumpukan bilibirun atau zat kuning yang mana hal ini bisa berdampak negatif bagi tubuh Anda dan menyebabkan tubuh menjadi kuning terutama pada bagian putih mata juga ikut menjadi kuning.

Akibat meminum air kolam renang, bahaya meminum air kolam renang, solusi akibat meminum air kolam renang
lakukan uji kadar klorin dan konsultasikan kesehatan kolam renang pada ahlinya- diminimalis.com

Solusi dari masalah tersebut

Para ahli menyarankan untuk selalu menguji kadar klorin dan pH air kolam dengan kit penguji. Terlalu banyak kuman bisa mengakibatkan rendahnya kadar klorin. Mereka juga menyarankan untuk mandi terlebih dahulu sebelum berenang, dan jauhilah kolam renang jika kondisi fisik Anda sedang tidak fit.

Untuk pencegahan efek buruk tersebut, ada baiknya Anda membaca ulasan kami tentang apa saja yang perlu dilakukan sebelum dan setelah berenang pada artikelkami di bawah ini.

Persiapan sebelum berenang yang sebaiknya perlu Anda lakukan

Pendinginan setelah berenang untuk memulihkan stamina

Demikian ulasan kami tentang akibat buruk dari meminum air kolam renang, ada banyak manfaat yang didapat dari berenang di rumah. Bila Anda ingin merawat atau memiliki kolam renang sendiri di rumah, Anda bisa mencari informasinya di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Kontraktor dan perawatan kolam renang terpercaya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.