Membuat Air Mancur Minimalis Sendiri di Rumah

Air mancur minimalis biasanya semacam elemen keras atau hardscape pada taman rumah. Keberadaan elemen dekoratif ini memang sangat penting agar taman terlihat lebih indah dan hidup.

Disamping tampilan taman menjadi lebih indah penggunaan hardscape juga bisa menciptakan karakter yang berbeda. Lebih menunjukkan sisi alami yang tidak biasa.

Air mancur sendiri sangat cocok ditambahkan di sebuah taman. Bentuk dan desain yang dimiliki air mancur sangat bervariasi, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk taman rumah minimalis sebaiknya menggunakan desain air mancur minimalis yang simpel dan tidak terlalu banyak variasi agar tetap terkesan sederhana. Berbeda jika kesan klasik atau elegan yang ingin Anda munculkan, pilihlah yang sesuai tema minimalis klasik agar terlihat lebih menarik.

air mancur minimalis
air mancur minimalis bundar – diminimalis.com

Macam-macam Air Mancur Minimalis

Anda merencanakan untuk membuat air mancur minimalis yang unik dan eksotik? Diminimalis sajikan beberapa referensi yang dapat Anda jadikan pilihan untuk membuat air mancur, berikut ulasannya.

Air Mancur Minimalis dari Bambu

Ada banyak material dari alam yang bisa Anda pilih untuk air mancur di taman rumah. Bahan yang paling banyak dijumpai sebagai material penyusun air mancur adalah batuan alam. Material batu alam memang memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan material lainnya, yaitu lebih awet dan bentuknya yang bisa kita desain sesuai dengan keinginan kita agar taman air mancur yang Anda miliki semakin indah dan nyaman.

Selain batu alam ada material alam lainnya yang juga digunakan sebagai material penyusun air mancur, yaitu material bambu. Bahan bambu memang dari dahulu sudah digunakan masyarakat Indonesia sebagai alat ntuk menampung dan mengalirkan air. Desain bambu yang memiliki ruas dan bentuk eksotik tentunya memberikan nilai lebih tersendiri.

air-mancur-4
air mancur dari bambu – diminimalis.com

Daya tahan bambu juga cukup baik sehingga cocok digunakan dalam waktu yang lama. Tekstur lentur pada bambu juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat desain air mancur minimalis dari bambu ini lebih atraktif. Jenis bambu yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat air mancur adalah jenis cendani yang biasanya tumbuh di wilayah Wonosobo, Jawa Tengah.

Air Mancur Minimalis dari Peralon

Anda ingin membuat air mancur dengan biaya yang murah dan media yang mudah didapatkan? Air mancur dari peralon dapat menjadi solusinya. Berikut diminimalis akan sajikan cara pembuatan air mancur dari peralon.

1. Siapkan bahan dan peralatan

Bahan yang bisa Anda persiapkan untuk membuat air mancur dari  peralon yaitu peralon baru/bekas, aksesoris tambahan seperti guci, batu alam, kaleng, kayu-kayu. Agar hasil yang didapatkan lebih cantik, Anda dapat membuat gambar atau mengecatnya dengan sentuhan berbagai wana. Sedangkan peralatan yang dapat dipersiapkan yaitu gergaji, paku, pisau, dan lem khusus.

2. Mulai rakit air mancur minimalis dari peralon

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat air mancur dari bahan peralon yaitu pertama, ambil bahan dan peralatan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Setelah itu, gambar desain sesuai tema yang Anda inginkan. Anda dapat mencari referensi tema favorit Anda di internet atau berinovasi sendiri.

Kemudian, potonglah peralon sesuai kebutuhan Anda dengan gergaji. Sambungkan peralon-peralon tersebut sesuai dengan tema Anda. Anda bisa menambahkan tampilan air mancur agar lebih eksotik dengan memasukkan peralon tadi ke dalam guci. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengkombinasikan air mancur dari peralon ini menjadi bertingkat. Setelah semuanya selesai. Anda dapat memberikan warna sesuai tema Anda.

Air Mancur Minimalis dari Kendi

Kendi merupakan tempat untuk menyimpan air yang terbuat dari tanah liat. Kendi biasanya digunakan di daerah Indonesia, Jepang, Mesir, dan Cina. Selain digunakan untuk tempat minum, kendi biasanya juga digunakan untuk tempat obat atau ramuan, alat upacara pada acara-acara tertentu, dan digunakan untuk acara yang sakral seperti pemberangkatan jenazah.

Kebaradaan kendi kini sudah mulai tergantikan dengan teko yang terbuat dari plastik. Meskipun demikian, tidak sedikit masyarakat masih menggunakan kendi untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tidak hanya itu, kendi juga bisa digunakan untuk membuat air mancur yang eksotik.

Air Mancur dari kendi ini mempunyai gaya yang tersusun unik dari kendi yang kecil di bagian atas kemudian kendi paling besar dibagian paling bawah. Untuk menunjukkan kesan modern, kendi yang berbahan dari tanah liat dapat Anda ganti dengan batu andesit yang sangat cocok untuk hunian dengan gaya apapun.

Air Mancur Minimalis dari Pot

Air mancur selanjutnya yang dapat Anda jadikan pilihan adalah air mancur yang terbuat dari pot. Air mancur ini tidak kalah uniknya dari air mancur lainnya. Pembuatannya yang mudah dan tidak menguras kantong menjadikan air mancur ini banyak diminati. Apa saja langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat air mancur ini?

1. Siapkan bahan dan peralatan

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan yaitu pot plastik, batu batuan atau kerikil sungai atau batu alam, cable ties atau yang lainnya sebagai pengikat, pompa air dan filter, dan sealer atau lem tembak.

2. Siapkan pot

Anda dapat memanfaatkan pot yang sudah ada atau membeli baru. Usahakan pot yang tersedia mempunyai ukuran yang bervariasi, dari kecil hingga besar. Setelah itu, Anda dapat melubangi setiap pot pada bagian dasarnya dengan diameter 1,2 inch.

Perlu diperhatikan bahwa pot yang diberi lubang tadi adalah pot diantara titik pusat pot dengan pinggirannya. Sedangkan untuk titik pusat pot, Anda dapat melubanginya dengan bor.

3. Tambahkan stik air mancur

Langkah selanjutnya adalah memberikan selang bening pada bagian pot. Langkah pertama yaitu terlebih dahulu ukur ketinggian pada semua pot yang akan disusun. Letakkan pot yang paling besar di bagian bawah kemudian meninggi letakkan pot semakin kecil.

Masukkan batang stud bolt pada lubang pot dan ikatlah dengan 2 mur. Kemudian mulailah untuk menyusun pot satu persatu secara bertingkat. Jangan lupa untuk mengikat masing-masing pot dengan 2 mur dan ring plat.

Langkah terakhir adalah masukkan selang bening ke dalam lubang dari bagian bawah ke bagian atas yang digunakan untuk menyalurkan air. Anda dapat menggunakan lem untuk merekatkan selang agar tidak bocor.

4. Tambahkan pemberat

Setelah pot bertingkat yang Anda buat jadi, langkah selanjutnya adalah meletakkan pemberat seperti kerikil atau batu alam. Ini bertujuan agar pot tidak mudah roboh dan goyang.

Terakhir, Anda dapat menyambungkan selang yang sudah terpasang tadi dengan pompa air yang sudah Anda persiapkan. Anda juga dapat memberikan warna dengan sentuhan cat pada pot. Selanjutnya, Anda dapat menikmati keindahan air mancur yang terbuat dari pot.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai air mancur minimalis yang bisa Anda gunakan sebagai penambah kesegaran taman rumah Anda. Air mancur ini juga bisa Anda kombinasikan dengan kolam air mancur taman kecil. Semoga bermanfaat, salam diminimalis. (Is) editted by AL261220.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.