Agar rumah kita menjadi lapang

AGAR RUMAH KITA MENJADI LAPANG #rumahkusurgaku diminimalis.com

Rumah bukan sekedar dinding dan atap, beserta alat-alat rumah tangga semata. Rumah merupakan tempat berteduh, tempat menghadirkan kenyamanan dan kebahagiaan. Rumah juga sebagai tempat ibadah, tempat belajar ilmu, serta tempat saling berbagi cinta dan kasih sayang. Allah Ta’ala berfirman,

“Dan Allah menjadikan rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal…”

(QS. An-Nahl: 80)

AGAR RUMAH KITA MENJADI LAPANG #rumahkusurgaku diminimalis.com
agar rumah menjadi lapang #rumahkusurgaku diminimalis.com

Rumah Lapang Adalah Nikmat

Rumah yang lapang merupakan nikmat, sekaligus bagian dari kebahagiaan. Bersyukurlah bagi Anda yang diberikan kelapangan dalam rumahnya. Rasulullah sholallohu’alaihiwasallam bersabda,

“Empat (hal) termasuk bagian dari kebahagiaan; istri shalihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik dan kendaraan yang nyaman. Empat (hal) termasuk bagian dari kesengsaraan; tetangga yang buruk, istri yang buruk, tempat tinggal yang sempit dan kendaraan yang buruk.”

{HR. Ibnu Hibban (4032), shahih}.

Rumah luas yang dimaksud bukan ditentukan oleh ukurannya, melainkan bagaimana penghuninya bisa memanfaatkan dan menatanya dengan baik. Rumah yang kecil bila ditata dengan baik dan dirawat dengan baik akan menghadirkan kesan lapang, sehingga penghuninya terasa nyaman dan bahagia.

Contoh paling nyata adalah rumah Rasulullah sholallohu’alaihiwasallam yang hanya berupa satu bilik yang terbuat dari batu bata dan tanah. Di dalamnya terdapat kamar yang terbuat dari pelepah kurma dengan tabir kain bulu. Satu ruangan terbuat dari kayu dan beratap rendah. Apakah rumah beliau tergolong sebagai rumah yang disempitkan oleh Allah?

Rumah beliau sholallohu’alaihiwasallam memang sempit secara ukuran, namun lapang dalam kenyataannya karena mampu menghadirkan kebahagiaan dan ketenangan. Kerelaan hati penghuninya atas takdir dan rezeki dari Allah, serta keimanan terhadap Allah yang menjadikan rumah beliau lebih lapang dari rumah manapun yang ada di muka bumi.

Agar Diberikan Rumah yang Luas

Setiap orang menginginkan rumah yang lapang, baik lapang ukurannya maupun lapang hati penghuninya. Lantas bagaimana usaha yang bisa kita kerjakan agar rumah kita terasa lapang di dunia?

Salah satu cara agar rumah kita dilapangkan adalah dengan berdoa, sebagaimana doa Rasulullah sholallohu’alaihiwasallam,

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِي ذَنْبِي، وَوَسِّعْ لِي فِي دَارِي، وَبَارِكْ لِي فِي رِزْقِي

“Ya Allah, ampunilah dosaku, luaskanlah rumahku dan berkahilah rezekiku.”

{HR. Ibnu Abi Syaibah, shahih}.

doa lapangkan rumah #rumahkusurgaku diminimalis.com
doa lapangkan rumah #rumahkusurgaku diminimalis.com

Selain berdoa, rumah juga akan terasa lapang jika di dalamnya dibacakan Al-Qur’an.

Berkata Abu Hurairah, dari Rosululloh sholallohu’alaihiwasallam berkata,

“Rumah akan terasa lapang bagi penghuninya, didatangi malaikat, dijauhi setan dan banyak kebaikannya bila dibacakan Al-Qur’an di dalamnya.”

{Sunan Darimi (3373), shahih}.

Mari, kita lapangkan rumah-rumah kita dengan bacaaan doa dan bacaan Al’Qur’an. Sehingga putra-putri kita menjadi nyaman dan keluarga menjadi harta yang benar-benar berharga. (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.