Rumah dengan segala isinya merupakan aset berharga untuk siapapun. Tidak heran jika ada yang sampai memasang teralis pada jendela, gerbang berpagar besi hingga CCTV. Tujuannya tidak lain ialah agar rumah aman dari maling. Jika Anda adalah salah satu yang rumahnya ingin terhindar dari maling, tidak ada alasan untuk tidak ikut tren ini.

Mengapa mengusahakan elemen keamanan tersebut penting? Tentu saja karena mencegah jauh lebih mudah dari pada jika sudah kejadian. Berapa banyak kasus rumah kemalingan karena keamanannya yang buruk. Terlebih jika tinggal di kota besar yang rawan kejahatan, maka mau tidak mau menambahkan elemen keamanan menjadi sebuah tuntutan yang harus dipenuhi.

Pentingnya Menjaga Keamanan Rumah

Rumah yang meski sudah memiliki sistem keamanan yang tinggi memang tidak selalu menjamin aman untuk tidak dimaling. Namun setidaknya, potensi tersebut bisa dikurangi. Pencegahan inilah alasan pentingnya memiliki rumah dengan ikhtiar keamanan yang memadai. Adanya pintu gerbang bukan hanya untuk membuat rumah terkesan mewah saja. Lebih dari itu, keamanan adalah yang utama.

Siapapun pasti ingin rumah yang dihuninya aman dan tidak dimasuki oleh orang tak dikenal sembarangan apalagi yang berniat mencuri. Bagaimanapun kondisi rumah, entah mewah ataupun tidak, semua memiliki potensi untuk dijadikan target pencurian.

Kita tahu bahwa banyak kejadian pencuri atau pihak yang hendak berbuat jahat tidak selalu mengincar rumah mewah saja. Rumah sederhana dengan keamanan yang kurang pun, bisa menjadi menjadi target sasaran pencuri. Entah niatnya benar-benar mencuri atau ada maksud lain, yang jelas berniat mencelakai/merugikan penghuni rumah.

Jadi jelas ya, bahwa rumah Anda perlu sekali dibuat bagus sistem keamanannya hanya agar terjaga dari setiap potensi kejahatan. Mari kita diskusikan apa saja yang bisa Anda buat untuk mengusahakan keamanan di rumah Anda terjamin dengan baik.

tips agar rumah aman dari maling, tips rumah aman dari pencuri, tips aman saat mudik
Tips agar rumah aman dari maling_pencuri selalu mempelajari titik lemah dari rumah yang diincarnya – diminimalis.com

Tips Agar Rumah Aman dari Maling

Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mengulas beberapa tips sederhana namun penting setidaknya agar rumah Aman dari maling atau orang tak dikenal:

Bersihkan Sampah di Sekitar Rumah

Membuat sekitar rumah Anda tampak selalu bersih dari sampah sangat penting untuk “mencegah” pencuri datang. Bukan rahasia lagi bahwa rumah yang sering ditinggal oleh pemiliknya adalah target utama para pencuri. Rumah yang berkesan tak berpenghuni adalah incaran utamanya. Pada beberapa kasus, sampah/kebersihan rumah sering sebagai penanda kalau rumah tersebut aman untuk dimasuki.

Maka dari itu, usaha pencegahan paling ringan agar rumah aman dari maling adalah dengan memastikan agar sekeliling rumah bersih. Usahakan untuk selalu membersihkan rumah, demi meminimalisir kemungkinan pencuri menarget rumah Anda. Bisa difokuskan pada pekarangan atau teras halaman dan sekeliling rumah yang mengesankan sebuah rumah yang tak berpenghuni.

Perkuat Pintu Rumah Anda

Teknik dasar maling/orang jahat saat beraksi seringkali dengan cara membongkar pintu rumah atau jendela menggunakan linggis. Pertimbangkan memasang kunci tambahan pada pintu rumah Anda, atau bila memungkinkan, Anda bisa menambah pintu besi sebagai pelapis pintu utama.

Hal ini meskipun bukan satu-satunya jaminan, tapi tentu akan cukup membuat pencuri kesulitan dan butuh waktu lebih lama untuk bisa masuk. Jika beruntung, karena malingnya frustasi, bisa jadi tidak melanjutkan aksinya lalu pergi meninggalkan rumah Anda tanpa mengambil barang apapun di dalamnya.

Perkuat pintu Gerbang

Tips agar rumah aman dari maling yang selanjutnya adalah pada gerbang pintu masuk utama. Gerbang rumah minimalis yang aman tentu memiliki ketinggian yang sulit dijangkau atau dipanjat. Namun, gerbang yang terlalu tinggi juga akan mempengaruhi tampilan eksterior rumah menjadi kurang menarik. Jadi, buat gerbang yang ketinggiannya umum saja. Umumnya tinggi sebuah gerbang sekitar 170 cm -an atau hampir sama dengan tinggi orang dewasa.

Ukuran tinggi tersebut bisa Anda tambahkan/kurangi sesuai kebutuhan. Sebaiknya, hindari menggunakan gerbang yang pendek sekalipun rumah minimalis. Fokus juga pada bahan gerbang yang dipakai serta sistem pengunciannya agar keberadaannya tidak sia-sia. Bahan yang kuat juga menentukan apakah gerbang yang Anda buat aman atau sebaliknya.

Material untuk pintu gerbang minimalis sebaiknya dibuat dari bahan yang anti karat dan keropos. Anda bisa menggunakan gerbang tembok atau batu bata karena material ini tidak tembus pandang, meredam suara bising dari kendaraan yang lewat serta mampu menahan genangan air banjir.

agar rumah aman dari maling, tips rumah aman dari pencuri, tips aman saat mudik
Pasang CCTV agar rumah aman dari maling_pencuri akan menghindari rumah yang dipasangi CCTV – diminimalis.com

Pasang CCTV di titik strategis

Ini adalah pilihan paling efektif bila Anda benar-benar ingin melindungi barang-barang berharga yang ada di rumah Anda. Setidaknya Anda butuh dana kisaran 3 jutaan ke atas untuk dapat memasang seperangkat CCTV lengkap.

Harga pemasangan perangkat tersebut tentu sebanding dengan keamanan yang diberikan. Demi melindungi harta atau keselamatan anggota keluarga alias agar rumah aman dari maling kenapa harus pelit?

Untuk memangkas biaya, beberapa orang kreatif memasang sistem pengamanan CCTV buatan sendiri. Hanya dengan bermodal kamera webcam, beberapa meter kabel LAN dan sebuah komputer rumahan dengan software CCTV semisal ISpy. Kamera CCTV home made ini sudah memiliki kemampuan mendeteksi gerakan dan banyak lainnya. Jika tertarik Do it Your Self, Anda bisa mencari informasinya di internet.

Anda bisa memasang CCTV di beberapa titik terutama yang biasa diakses untuk masuk ke rumah Anda. Dengan adanya CCTV, Anda bisa mengawasi rumah Anda dari jauh dengan menghubungkan CCTV yang terpasang dengan smartphone pribadi Anda.

Baca: Cara Memilih Paket CCTV Terbaik untuk Rumah Minimalis Anda

Tanamlah semak di bawah Jendela

Jika Anda enggan untuk memasang pagar di luar rumah, tips mudah sebagai langkah pencegahan agar rumah aman dari maling adalah dengan menanam semak. Ini jadi pilihan lain yang bisa jadi alternatif, yaitu dengan menanam jenis tanaman semak dan berduri yang di tanam di bawah jendela. Fungsinya agar maling/siapapun yang berniat masuk dari jendela menjadi kesulitan masuk ke dalam rumah. Selain menjadi pelindung, tanaman ini juga akan membuat rumah Anda terlihat cantik dan memberi kesegaran alami.

Perhatikan juga akses masuk rumah yang lain selain pintu dan jendela.

Ventilasi udara atau cahaya juga bisa menjadi celah untuk masuk bagi pencuri. Agar rumah aman dari maling, pastikan Anda menutup akses tersebut atau membatasi kemungkinan adanya pencuri yang masuk melalui bukaan tersebut.

Sebagai tambahan, kosongkan tempat penampungan air untuk mencegah rumah dari nyamuk demam berdarah dan jadi indikator rumah tak berpenghuni. Anda bisa mengecek kembali kondisi rumah Anda apakah sudah aman untuk ditinggalkan atau belum.

Terakhir sebelum on the way, Anda harus memastkan apakah akses masuk ke rumah sudah tertutup dan terkunci dengan baik. Jika semua sudah dikontrol, supaya rumah aman dari maling maka tinggal Anda berdo’a dan bertawakkal.

Mungkin demikian saja ulasan dari kami tentang cara untuk menghindarkan rumah Anda dari resiko pencurian. Salah satu cara paling ampuh selain dengan mengusahakan hal-hal tadi adalah berdo’a. Anda bisa praktekkan sebuah amalan agar rumah aman dari maling dengan berdoa dan sejenisnya. Semoga dengan begitu, usaha Anda jadi terkabul. (ls.) editted by RN16022021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *