Ziarah Ke Yerusalem, dan Tempat Mana Sajakah yang Penting Dikunjungi

Yerusalem merupakan kota suci yang menyimpan banyak sejarah besar dunia - Diminimalis.com

Isra Mi’raj menjadi peristiwa paling bersejarah bagi umat islam, yaitu peristiwa bertemunya Nabi Muhammad SAW dengan Allah SWT secara langsung. Beliau melakukan perjalanan panjang ini menggunakan tunggangan khusus bernama Burag. Nabi Muhammad saw ditemani oleh malaikat jibril, berangkat dari makkah menuju ke masjidil Aqsa. Masjid aqsa ini terletak di kota Yerusalem, dan dari sinilah Rasullullah naik ke sidratul muntaha untuk menerima perintah shalat lima waktu. Hal inilah yang membuat banyak orang ingin ziarah ke Yerusalem.
Yerusalem yang merupakan kota tertua di dunia ini, sudah diperebutkan sejak ribuan tahun yang lalu.

Yerusalem menjadi kota suci di dunia dan menjadi pusat dari tiga agama. Yaitu kristen, yahudi dan islam. Sudah banyak hal yang terjadi di kota ini dan begitu banyak sengketa dan pertempuran yang terjadi. Tapi walaupun begitu, kota ini masih membuka akses umat muslim untuk berziarah, ke jejak perjalanan isra’ mi’raj.

 ziarah ke yerusalem, biaya ziarah ke yerusalem, biaya wisata rohani ke yerusalem 2018, harga tour ke yerusalem, paket tour ke yerusalem 2018, backpacker ke yerusalem, ziarah ke israel, tabungan ziarah ke yerusalem, pengalaman ziarah ke yerusalem
Yerusalem merupakan kota suci yang menyimpan banyak sejarah besar dunia – Diminimalis.com

Ziarah ke Yerusalem dan Tempat Penting yang Perlu Dikunjungi

Menurut hadits riwayat Imam Nasa’i, ketika melakukan perjalanan ke Masjidil Aqsha, Nabi Muhammad saw sempat singgah di beberapa tempat, seperti Madinah, bukit Thursina, Bethlehem dan sampai ke Masjidil Aqsha, kemudian dari situ Rasulullah, naik ke sidratul muntaha.

Ketika berziarah ke yerusalem, tentunya Anda harus mengunjungi beberapa tempat yang menjadi persinggahan Rasullullah selama perjalanan, di antara tempat-tempat tersebut yaitu:

• Bukit Thursina

 ziarah ke yerusalem, biaya ziarah ke yerusalem, biaya wisata rohani ke yerusalem 2018, harga tour ke yerusalem, paket tour ke yerusalem 2018, backpacker ke yerusalem, ziarah ke israel, tabungan ziarah ke yerusalem, pengalaman ziarah ke yerusalem
Bukit Thursina _ Diminimalis.com

Menurut para ahli tafsir, bukit Thursina ini merupakan bukit ketika Nabi Musa mendapatkan wahyu dari Allah SWT. Di surat at-Tin 1-3, bukit Thursina juga disebutkan sebagai wilayah Mesir. Lokasinya di gunung Munajah dekat dengan gunung Musa.

Lokasinya pun juga dikaitkan dengan lokasi semenanjung Sinai. Banyak sekali pendapat yang mendukung pendapat tersebut. Tinggi gunung ini sekitar 2.285 meter di atas permukaan laut. Ketika melakukan perjalanan isra mi’raj, Rasullullah sempat singgah di bukit ini.

• Bethlehem

Bethlehem dikenal sebagai kota kelahiran Yesus Kristus. Ketika menuju ke Masjid Aqsa di Yerusalem, Nabi Muhammad memang harus melewati kota ini..

Disini dibangun Church of navity sebagai gereja tertua di dunia. Kota ini pun menjadi kota yang bersejarah bagi agama yahudi, karena dipercaya sebagai tempat kelahiran DauD as. Bagi umat islam, juga dipercaya sebagai tempat kelahiran nabi isa as. Selain itu ketika perjalanan isra miraj, nabi muhammad berhenti di kota ini dan shalat dua rakaat, sebagai ucapan salam untuk penghormatan nabi Isa as.

• Baitul Maqdis (Masjidil aqsha)

 ziarah ke yerusalem, biaya ziarah ke yerusalem, biaya wisata rohani ke yerusalem 2018, harga tour ke yerusalem, paket tour ke yerusalem 2018, backpacker ke yerusalem, ziarah ke israel, tabungan ziarah ke yerusalem, pengalaman ziarah ke yerusalem
Masjidil Aqsha merupakan kiblat pertama umat muslim – Diminimalis.com

Persinggahan terakhir Nabi Muhammad saw adalah Masjidil Aqsha. Masjid ini berada di kota Yerusalem yang menjadi tempat Rasullullah sebelum naik ke sidratul mutaha. Masjid aqsa juga pernah dijadikan kiblat umat islam, sebelum Ziarah di Yerusalem

Tiga tempat itulah yang sering dikunjungi ketika melakukan wisata ziarah ke kota yerusalem. Selain itu masih banyak tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi. Berikut ini beberapa tempat wisata menarik di yerusalem yang bisa Anda kunjungi.

• Kota Tua Yerusalem

Jangan lupa untuk berkunjung ke kota tuanya. Karena bangunan disini, masih mirip dengan bangunan lama yerusalem. Ada banyak tempat bersejarah yang membuat kita semakin terpesona. Entah itu sejarah islam, yahudi maupun kristen. Banyak bangunan unik, jadi tidak ada salahnya untuk berkunjung ke kota yerusalem ini.

• Bukit Zaitun

Dinamakan bukit zaitun, karena disini Anda akan menemukan pohon zaitun yang banyak. Lokasinya berada di bagian timur kota Yerusalem. Ada tiga puncak yang bisa Anda naiki. Puncak tertinggi namanya At-Tur dan tingginya sekitar 818 meter.

• Museum Menara Daud

Di museum menara Daud ini, Anda bisa belajar sejarah kota Yerusalem secara lengkap. Bangunannya pun sangat indah, dengan arsitektur khas Yerusalem. Ketika malam hari, ada pertunjukan cahaya yang begitu indah yang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

• Terowongan Barat (The Western Wall Tunnels)

Di Yerusalem memang ada banyak sekali bangunan unik, salah satunya terowongan barat. Di sini Anda juga bisa melihat animasi proses pembuatan terowongan, yang membuatnya sangat kokoh.
Itulah beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi ketika ziarah ke yerusalem. Selain indah, kota ini tentu akan menarik bagi para pecinta sejarah Islam. (ck)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.