Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Perbaikan Rumah yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hujan Turun

Ada beberapa jenis perbaikan rumah yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat turun hujan karena beresiko tinggi - diminimalis.com

Musim hujan sudah mulai datang, beberapa pekerjaan perbaikan rumah, kadang bisa terkendala dengan adanya hujan. Demi menghindari berbagai dampak buruk, Anda sebaiknya juga memahami perbaikan rumah yang tidak boleh dilakukan saat hujan turun. Selain pengerjaannya ribet, hasilnya pun tidak akan maksimal.

yang Tidak boleh Dilakukan Saat Hujan Turun, larangan saat hujan turun yang tidak boleh dilakukan saat hujan turun
Ada beberapa jenis perbaikan rumah yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat turun hujan karena beresiko tinggi – diminimalis.com

Lebih baik Anda menunda pekerjan perbaikan rumah tersebut hingga hujan reda, daripada tetap melakukannya. Karena bila tetap dikerjakan, hal ini dapat menimbulkan resiko yang besar. Apa sajakah pekerjaan yang tidak baik dikerjaan saat hujan turun? Anda bisa menyimak ulasan kami di bawah ini.

Perbaikan rumah yang tidak boleh dilakukan saat hujan

Di bawah ini ada beberapa pekerjaan perbaikan rumah yang sebaiknya tidak Anda kerjakan saat hujan turun, diantaranya yaitu :

Mengecat rumah

Hujan membuat udara menjadi lebih lembap. Kandungan air pada udara saat musim hujan cenderung lebih tinggi daripada saat musim kemarau. Begitu pula dengan suhu udara yang cenderung turun. Kondisi udara ini berpengaruh terhadap proses pengeringan cat. Karena akan membuat prosesnya jadi lebih lama. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan untuk mengecat pun akan lebih panjang.

Dalam proses pengecatan, setiap lapisan seberikutnya haruslah diaplikasikan hingga lapisan sebelumnya benar-benar kering. Maka mengecat dinding saat hujan turun, dapat membuat proses pengecatan lebih lama dan tidak efektif.

Bisa saja Anda tetap memaksa mengecat rumah saat musim hujan. Tapi keadaan dinding yang lembab, dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Kandungan air di dalam dinding bisa muncul ke permukaan membentuk noda yang sulit dihilangkan. Dan bila hal ini terjadi, maka penyelesaiannya tidaklah mudah.

Merenovasi rumah

Merenovasi rumah saat hujan tentu saja tidak akan efektif baik proses pengerjaannya maupun hasilnya. Ini akan membuat tukang Anda tidak maksimal dalam bekerja, sementara biaya yang Anda keluarga tetap. Selain itu, Anda akan kerepotan menyimpan material bangunan, dan pengerjaan pun tidak maksimal.

Membetulkan genteng bocor

yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Hujan Turun, larangan saat hujan turun yang tidak boleh dilakukan saat hujan turun
JMembetulkan genting bocor termasuk salah satu perbaikan rumah yang tidak boleh dilakukan saat hujan turun – diminimalis.com

Tentu saja hal ini sangat dilarang untuk dilakukan saat hujan. Kadang ada orang yang nekat melakukan hal ini karena mendapati kebocoran gentingnya sudah sangat parah, sehingga air yang masuk ke dalam rumah cukup banyak. Namun seberapa parahnya hal tersebut, semuanya sudah terlambat. Bagaiamanapun juga, membetulkan genting bocor baru boleh dikerjakan saat hujan reda. Bila hal ini tetap Anda lakukan saat hujan, maka banyak resiko yang akan timbul.

Bayangkan bagaiamana bahayanya naik atap dalam keadaan hujan. Salah-salah malah genting lain jadi semakin amburadul karena pengerjaan yang terburu-buru. Selain itu, resiko terpeleset juga rentan terjadi manakala hujan masih turun. Yang lebih mengerikan, resiko korsleting listrik atau bahkan terkena petir, juga bisa dialami seseorang yang nekat membetulkan genting saat hujan.

Itulah beberpa pengerjaan rumah yang seharusnya tidak boleh Anda lakukan saat hujan turun, karena memiliki banyak resiko. Untuk itu alangkah baiknya Anda melakukan pekerjaan tersebut saat hujan sudah reda. Selain menghindari resiko buruk, pengerjaan pun bisa dilakukan dengan maksimal, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.