5 Poin Penting yang Perlu Dipertimbangkan Bila Ingin Membeli Rumah

pelajari juga nilai kenaikan harga properti Anda tiap tahunnya - Diminimalis.com

Ada banyak hal-hal yang perlu dipertimbangkan bila ingin membeli rumah sendiri. Hal ini dikarenakan rumah yang dibeli akan menjadi tempat perlindungan yang paling aman sekaligus nyaman. Rumah tersebut akan menjadi saksi perjalanan hidup bersama orang-orang terkasih. Apalagi jika rumah tersebut dibeli dengan uang hasil kerja keras selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, perhatikan tips membeli rumah di bawah ini supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari.

 yang Perlu Dipertimbangkan Bila Ingin Membeli Rumah tips sebelum membeli rumah, yang harus diperhatikan saat membeli rumah kpr, yang harus diperhatikan saat membeli rumah second, yang harus diperhatikan saat membeli rumah baru, Menghitung Anggaran Membangun Rumah, cara menghitung biaya bangun rumah type 36, cara murah bangun rumah, biaya bangun rumah type 45, cara menghitung bahan bangunan per meter persegi, menghitung biaya bangun rumah sendiri
Ada banyak hal yang perlu dipertimbangan bila ingin membeli rumah – Diminimalis.com

Yang Perlu Dipertimbangkan Bila Ingin Membeli Rumah

• Sesuaikan dengan Kebutuhan Keluarga

Hal pertama yang harus diketahui sebelum membeli rumah adalah menyesuaikan kebutuhan keluarga. Walau Anda masih lajang, Anda harus tetap memikirkan keluarga dalam mencari rumah yang akan dibeli. Hal ini dikarenakan rumah yang akan Anda beli tidak hanya dihuni selama satu atau dua pekan, tetapi dalam jangka waktu bertahun-tahun, sejak Anda masih lajang, menikah, sampai memiliki buah hati.

Termasuk hal yang harus dijadikan pertimbangan beli rumah baru adalah jumlah kamar tidur. Rumah yang ideal setidaknya memiliki tiga buah kamar tidur, yang terdiri dari kamar tidur utama, kamar tidur anak, dan kamar tidur tamu. Anda juga perlu mempertimbangkan luas garasi serta halaman yang ada di rumah tersebut. Pastikan kendaraan yang Anda miliki bisa dimasukkan ke dalam rumah dan tidak diparkir di tepi jalan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli rumah pribadi, tidak ada salahnya merenung dan berpikir dalam jangka waktu yang panjang.

• Tentukan Lokasi Rumah

tips memilih lokasi rumah, tips memilih lokasi rumah tinggal, tips memilih rumah di perumahan
lokasi yang strategis merupakan faktor utama untuk memilih rumah tinggal – diminimalis.com

Hal krusial yang perlu dipertimbangkan bila ingin membeli rumah adalah lokasi dari rumah tersebut. Lokasi rumah yang akan dibeli memiliki pengaruh yang penting dalam menentukan harga rumah. Rumah yang berada di pusat kota cenderung memiliki harga yang mahal karena rumah tersebut memiliki akses yang mudah ke tempat mana saja. Berbanding terbalik dengan rumah yang berada di daerah pinggiran atau pelosok. Rumah tersebut tentu dibawah harga pasaran rumah di lokasi yang strategis. Meskipun harganya relatif terjangkau, Anda akan kesulitas mengakses fasilitas umum dan tempat-tempat penting lainnya. Namun itu semua kembali pada Anda, karena apa saja hal yang paling prioritas pada kriteria rumah yang akan Anda beli.

• Perhatikan Lingkungan di Sekitar Rumah

Setelah menentukan lokasi rumah yang ditinggali, pertimbangan membeli rumah yang lain adalah lingkungan tempat tinggal. Anda harus memerhatikan dengan seksama lingkungan yang ada di sekitar rumah. Pastikan Anda memiliki informasi yang lengkap serta akurat terkait lingkungan yang akan ditinggali. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk membeli rumah di Jakarta, Anda bisa mencari tahu apakah lingkungan tempat tinggal merupakan daerah yang berisiko terkena banjir. Sehingga, Anda bisa melakukan persiapan untuk mengantisipasi datangnya banjir.

Anda juga harus memastikan lingkungan tempat tinggal di sekitar rumah bebas dari pencurian, kerusuhan, dan kejahatan yang lainnya. Lingkungan tempat tinggal harus Anda perhatikan dengan seksama supaya Anda bisa menempati rumah dengan aman dan nyaman.

Selain memerhatikan lingkungan yang ada di sekitar rumah, Anda harus memerhatikan pula fasilitas apa saja yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal. Pastikan rumah yang akan Anda beli dekat dengan fasilitas penting seperti supermarket, mesin ATM, rumah sakit, dan pom bensin. Bahkan, akan sangat menyenangkan jika rumah yang Anda beli memiliki akses yang mudah ke terminal bus, stasiun kereta api, restoran, atau tempat hiburan yang favorit. Sehingga, Anda tidak perlu pergi jauh untuk mendpatkan akses fasilitas umum.

• Pastikan Harga Rumah sesuai dengan Metode Pembayaran

Ketika Anda sudah mendapatkan beberapa rumah yang cocok dengan kriteria Anda, pilih juga rumah yang metode pembayarannya sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda tetap harus berpikir kritis terkat dengan metode pembayaran rumah tersebut. Apalagi jika Anda membeli rumah tersebut dengan cara kredit atau KPR. Pada akhirnya, Anda akan membeli rumah dengan harga total yang lebih mahal dibandingkan rumah yang dibeli secara kontan. Sehingga, Anda harus berpikir masak dalam menentukan metode pembayaran rumah supaya rumah yang dibeli tidak memberikan beban finansial kepada Anda.

• Tentukan Desain Rumah

Menentukan lokasi rumah yang ideal, tips memilih posisi rumah di perumahan, tips memilih letak rumah di perumahan
Tentukan juga desain ruha sesuai keinginan Anda – diminimalis.com

Perlu Anda ketahui bahwa tampilan desain rumah merupakan cerminan kepribadian dari pemilik rumah. Oleh karena itu, jika Anda sedang melakukan survei rumah, Anda harus memastikan rumah yang akan dibeli sesuai dengan selera Anda. Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi arsitek untuk mendampingi proses pencarian rumah.

Lima hal penting yang perlu dipertimbangkan bila ingin membeli rumah yang sudah dijelaskan di atas semoga menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli rumah. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.