Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Tinggal Bersama Mertua dan Upaya Agar Disayang oleh Mereka

Ada banyak hal yang perlu disesuaikan bila Anda tinggal bersama mertua - Diminimalis.com

Ada beberapa tips tinggal bersama mertua yang sebaiknya dipahami, bila Anda masih belum bisa tinggal di sendiri bersama pasangan. Bagi Anda yang masih tinggal bersama mertua, perlu sekali mengetahui kiat-kiat khusus agar tetap merasakan kebahagiaan walau belum berkesempatan tinggal di rumah sendiri dengan pasangan Anda. Memang terdapat beberapa tips tinggal bersama mertua yang efektif membuat suasana menjadi menyenangkan. Kita hanya perlu banyak-banyak mentolelir hal-hal sifatnya tidak berbuntut panjang bilsa terlalu dipermasalahkan.

Sebenarnya, ada banyak sekali hal-hal yang wajib diperhatikan ketika tinggal bersama mertua. Namun dari banyaknya hal yang berkaitan dengan tips tinggal bersama mertua, terdapat beberapa diantaranya sangat penting untuk diperhatikan. Apa sajakah tips-tips penting yang dimaksud?

 tips Tinggal bersama mertua, dilema tinggal di rumah mertua, suami tinggal dirumah mertua, tidak betah tinggal dirumah mertua, tips agar betah tinggal dirumah mertua, istri menolak tinggal dengan mertua, tertekan tinggal dengan mertua, tinggal dekat dengan mertua, masalah tinggal serumah dengan mertua
Ada banyak hal yang perlu disesuaikan bila Anda tinggal bersama mertua – Diminimalis.com

Inilah Dia Ragam Tips Tinggal Bersama Mertua

• Mengetahui karakter mertua

Mertua Anda merupakan orangtua yang juga wajib Anda hormati dengan baik. cari tahu apa yang membuat mereka senang dan apa saja yang tidak merela sukai. Tajamkan perasaan Anda untuk terus menyelami seperti apa karakter mertua, dari mulai hal-hal yang sederhana hingga kebiasaan di dalam rumah.

• Mengikuti aturan rumah

kapan kita butuh ART, cara mencari ART, mencari Pembantu rumah tangga
Aturan di rumah mertua sebaiknya kita pahami dan dilaksanakan – diminimalis.com

Rumah mertua bukanlah rumah Anda yang bisa diatur seenaknya. Ketika sedang menumpang di rumah orangtua dari pasangan Anda, hendaknya mengikuti segala aturan yang berlaku pada rumah tersebut. Walaupun sepele dan tidak berdampak besar, namun demi menjaga keharmonisan antara Anda dan mertua, maka penting sekali memperhatikan apa saja aturan yang biasa diterapkan. Contoh sederhananya adalah soal pembersihan rumah, menaruh barang-barang bersama, atau hanya sekadar jadwal mengunci pintu.

• Menyenangkan mertua

Penting sekali membuat mertua Anda menjadi senang memiliki menantu seperti Anda. Berikan berbagai hal yang tidak terduga yang bisa membuat mertua menjadi senang. Tentu Anda lebih tau tentang apa saja hal yang bisa dilakukan untuk memberikan mereka kejutan kebaikan untuk mertua Anda.

• Bersikap jujur setiap saat

Hidup bersama pasangan Anda yang masih tinggal di dalam rumah orang tua sangatlah wajib untuk bersikap jujur setiap saat. Kebanyakan orangtua juga memahami manakala anak atau menantunya sedang tidak jujur padanya. Padahal, satu kebohongan yang dilakukan biasanya diikuti dengan kebohongan lainnya. Hal ini bisa jadi akan menjadi sumber masalah yang besar yang akan terasa di dalam rumah mertua.

• Meminimalisir konflik bersama pasangan

Suami atau istri Anda merupakan orang yang harus bisa diajak kerja sama untuk membangun suasana menyenangkan di rumah mertua. Salah satu yang wajib dilakukan adalah meminimalisir konflik. Apapun masalah yang sedang dihadapi dan apapun perselihan yang terjadi, maka usahakan untuk segera menyelesaikannya tanpa kegaduhan dan tanpa menunjukkan gejala yang bisa tercium oleh mertua.

• Menyelesaikan masalah di luar rumah

Jika terjadi hal-hal yang sulit dipecahkan antara Anda dan pasangan Anda, maka sebaiknya diselesaikan di luar rumah. Ketika Anda melakukan pembicaraan atau menyelesaikan masalah dengan obrolan serius di dalam rumah, maka ditakutkan mertua Anda akan mendengar atau curiga sehingga bisa jadi akan justru menambah masalah.

• Bersikap adil terhadap kedua mertua

Jika Anda tinggal di rumah mertua yang masih lengkap, Anda wajib bersikap adil kepada keduanya. Baik dalam hal melakukan perbuatan yang menyenangkan atau hanya sekadar menunjukkan rasa hormat kepada mertua, maka perlu sekali dijaga keseimbangannya. Jangan sampai Anda cenderung lebih sayang dan hormat kepada salah satu mertua karena akan menimbulkan kecemburuan.

• Membicarakan soal keuangan keluarga

Keuangan rumah harus dibicarakan dengan baik. Tagihan listrik, air, internet, kebutuhan sembako, gas, dan sebagainya wajib dibicarakan dengan baik agar Anda tidak hanya dipandang sebagai parasit. Meskipun begitu, terdapat pula jenis mertua yang memang tidak bersedia dibantu keuangan rumahnya dan lebih menyuruh anak dan menantunya untuk menabung.

Merencanakan Pembelian Rumah Sendiri

Membuat rumah tampak gagah, rumah minimalis 2018 terbaru, model rumah tahun 2018, rumah minimalis 2018 1 lantai, model rumah 2019, desain rumah minimalis 2018, desain rumah 2018, rumah minimalis 2018 2 lantai
Ada baiknya Anda mulai merencanakan untuk memiliki rumah minimalis sendiri – DIminimalis.com

Perlu sekali Anda diskusikan dengan pasangan terkait sampai kapan Anda akan tinggal di rumah mertua. Jika pilihan tinggal bersama mertua hanya karena soal belum memiliki rumah pribadi, perlu sekali perencanaan yang matang untuk membeli rumah sendiri. Hal ini akan membuat Anda cepat bisa membangun keluarga yang mandiri dan juga akan lebih membuat mertua merasa lega.

Bicarakan juga soal lokasi pembelian rumah, besaran rumah yang ingin dibeli, hingga metode pembelian rumah. Melibatkan mertua dalam perencaan pembelian rumah sendiri akan membuat mereka menjadi lebih tahu rencana Anda dana akan merasakan senang karena dilibatkan dalam keputusan yang besar.

Yang tidak kalah penting untuk dibicarakan adalah konsep rumah yang akan dibeli. Untuk bisa membuat mertua bangga, tidak ada salahnya Anda rencanakan kepemilikan rumah yang bergaya modern dan menarik seperti rumah dengan konsep minimalis. Membeli rumah dengan konsep minimalis modern untuk belajar mandiri tentu akan impian setiap pasangan dan tentunya kebanyakan orang tua juga akan mendukung hal tersebut.

Itulah tadi berbagai ulasan tips tinggal bersama mertua yang harus Anda perhatikan. Untuk itulah penting sekali Anda dan pasangan Anda memahami semua tips tinggal bersama mertua yang telah kami ulas di atas, semoga bermanfaat.(an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.