Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Tidur Sehat yang Perlu Anda Terapkan pada Keluarga

tidur yang baik didapat dari kualias tidur,meski durasinya sebentar - diminimalis.com

Anda sedang kesulitan tidur dan sedang mencari tips tidur sehat?. Kini, ada beragam informasi seputar masalah tidur atau sleep disorder yang mudah diakses. Tidur merupakan salah satu bagian esensial untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Bahkan di beberapa negara seperti Spanyol dan Portugal mereka mengenal istilah siesta atau tidur siang. Dengan demikian tidur tidak bisa dilepaskan dalam aktivitas sehari-hari.

Tips Tidur Sehat, Tips Tidur Sehat berkualitas, pola tidur yang baik dan sehat
tidur yang baik didapat dari kualias tidur,meski durasinya sebentar – diminimalis.com

Tips Tidur Sehat yang Harus Anda Terapkan

Tidur adalah suatu keadaan dimana tubuh beristirahat secara alami. Saat kita tertidur tubuh membuang zat-zat beracun (detoxin) pada sistem antibodi yang terletak di kelenjar getah bening. Tidur yang baik adalah tidur yang telah terjadwal sesuai dengan jam biologis tubuh. Apabila Anda sering begadang, maka sebaiknya hentikan kebiasaan ini sekarang juga karena akan memicu datangnya berbagai gangguan kesehatan. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips tidur sehat yang harus Anda terapkan yaitu:


1. Tidur dan bangun di waktu yang hampir sama setiap hari

Anda perlu membiasakan aktivitas ini, terutama jika Anda memiliki gangguan tidur atau insomnia. Konsisten merupakan kunci agar Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. Cobalah untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya.

2. Matikan lampu atau gadget satu jam sebelum tidur

Tidur dengan pencahayaan yang terang serta gadget yang masih menyala akan mengalihkan pandangan Anda pada objek menyala tersebut. Selain itu, tidur dalam keadaan terang juga menghambat regenerasi sel-sel pada tubuh, sehingga Anda rentan terhadap sakit. Tidur lah dalam kondisi yang gelap dan buang jauh-jauh pikiran atau halusinasi yang menakutkan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Manfaat Ventilasi untuk Memperlancar Sirkulasi Udara pada Rumah Minimalis
Tips Tidur Sehat, Tips Tidur Sehat berkualitas, pola tidur yang baik dan sehat
untuk mendapatkan tidur berkualitas, Anda perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan bururk yang dapat menyebabkan kualitas idur Anda menurun – diminimalis.com

3. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung kafein dan alkohol

Sebaiknya Anda tidak meminum kopi atau teh yang memiliki kandungan kafein tingg sebelum tidur. Kafein menstimulasi otak agar selalu tetap terjaga. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang suka mengonsumsi alkohol sebelum tidur karena membuat tubuh tidak segar di pagi harinya.

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga membuat badan jauh lebih segar dan bugar. Berolahraga akan membantu Anda untuk memperbaiki kualitas tidur yang menurun. Meski begitu hindari berolahraga di jam-jam istirahat seperti malam hari.

5. Gunakan kasur yang sehat

Hal terpenting dari upaya tidur sehat adalah kasur, sebab kasur adalah tempat untuk melepas lelah sehingga, posisi kasur, warna, bentuk kasur akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat sedang tidur.
Kasur angin juga merupakan solusi untuk Anda yang memiliki alergi pada kasur kapuk. Kasur angin tidak akan memberikan efek alergi karena terbuat dari bahan yang berkualitas. Selain itu, kasur ini pun bebas dari tungau atau binatang kecil lainnya yang biasa menyerang kulit sebagaimana yang sering didapati pada kasur jenis kapuk

Baca juga artikel menarik berikut >>  Apa yang akan Anda Dapatkan Ketika Memiliki Treadmill di Rumah?

6. Sesekali tidur di lantai

Karena tidur di lantai juga memiliki banyak manfaat, berikut 7 manfaat tidur di lantai sebagaimana dikutip oleh Boldsky, meliputi :

Melancarkan Sirkulasi Darah.

Apabila sirkulasi darah Anda lancar, maka akan mengurangi risiko penyakit jantung. Sirkulasi darah yang baik juga diperlukan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan fit.

Mencegah Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang paling sering dialami banyak orang. Banyak ahli kesehatan menyatakan bahwa tidur tanpa ranjang akan mengurangi dampak dari gangguan sulit tidur tersebut.

Memperbaiki Postur Tubuh

Tidur di lantai dapat memperbaiki postur tubuh, terutama jika tanpa bantal. Cara ini menyelaraskan kepala, leher, tulang belakang, pinggul dan bagian seluruh tubuh lainnya.

Baik untuk Relaksasi

Ketika tidur di kasur, maka tubuh harus menyesuaikan diri. Tapi, ketika tidur di lantai, maka tubuh benar-benar bisa bersantai. Dengan cara ini, maka Anda bisa menghilangkan stres yang baik untuk kesehatan mental.

Itulah beberapa tips tidur sehat yang harus Anda terapkan. Tidur yang baik akan mempengaruhi kualitas hidup yang lebih baik. Perbaiki gaya hidup Anda yang kurang sehat sekarang juga. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang Manfaat tidur di lantai tanpa ranjang di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Tidur di lantai tanpa ranjang, baikkah untuk kesehatan?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.