oleh

Tips Mudik Menggunakan Mobil Bersama Keluarga gar Aman dan Nyaman

Bagi Anda para perantau yang jauh dari keluarga, tentu momen lebaran menjadi hal penting untuk berkumpul bersama mereka. Maka, rutinitas tahunan ini perlulah dipersiapkan secara matang, agar bisa lancar selama perjalanan. Khusus bagi Anda yang mudik menggunakan mobil pribadi, simak beberapa tips mudik menggunakan mobil berikut ini.

Tips Mudik Menggunakan Mobil, persiapan mudik membawa balita, tips menyetir perjalanan jauh, perlengkapan mudik, tips perjalanan jauh dengan mobil, perlengkapan mudik dengan mobil, servis mobil untuk perjalanan jauh, peralatan yang harus dibawa saat mudik, persiapan berkendara mobil jarak jauh
Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya Anda mempersiapkan bekal perjalanan yang maksimal – Diminimalis.com

Tips Mudik Menggunakan Mobil Beserta Barang yang Dibutuhkan Selama Perjalanan

Kereta dan bus menjadi transportasi favorit bagi orang-orang yang akan mudik. Namun bagi Anda yang memilih mudik menggunakan mobil atau kendaraan pribadi lainnya, tentu perlu melakukan persiapan yang lebih matang sebelum hari keberangkatan. Inilah tips mudik menggunakan mobil yang perlu diperhatikan agar Anda dapat mencapai tempat tujuan dengan selamat dan nyaman.

• Memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu

Periksalah kondisi kendaraan Anda terlebih dahulu, sebelum melakukan perjalanan panjang
Periksalah kondisi kendaraan Anda terlebih dahulu, sebelum melakukan perjalanan panjang – Diminimalis.com

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum Anda berangkat mudik menggunakan mobil pribadi adalah memeriksa kondisi kendaraan tersebut. Anda perlu membawanya ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan sekaligus servis jika diperlukan. Pemeriksaan yang dilakukan terkait kondisi mesin mobil, oli, rem, roda, ban, dan lain-lain.

Pastikan semua unsur dalam mobil Anda sudah dalam keadaan baik, sehingga mudik lebaran tahun bisa nyaman dan aman selama perjalanan. Sebaiknya Anda memeriksa kendaraan tersebut jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Jangan memaksakan diri jika kendaraan Anda memang dalam kondisi yang tidak baik untuk menemani perjalanan mudik Anda sekeluarga.

• Mempersiapkan kondisi fisik keluarga Anda

Selain mempersiapkan kondisi mobil, hal lainnya yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan kondisi fisik Anda dan keluarga. Pastikan seluruh keluarga yang akan mudik dalam keadaan sehat dan memiliki stamina bagus. Hal ini terutama berlaku pada driver yang akan mengemudikan mobil. Sebaiknya Anda sekeluarga jangan begadang satu hari sebelum keberangkatan.

Membawa surat kendaraan dengan lengkap

Anda juga harus mempersiapkan surat-surat kendaraan secara lengkap sebelum mudik. Pastikan bahwa semua surat terkait kendaraan masih berlaku dan aktif. Hal ini untuk mengurangi terkena risiko razia kendaraan ketika mudik. Perjalanan mudik Anda pun tidak akan terganggu apabila ada pengecekan surat kendaraan karena semua sudah lengkap dan aman.

• Membawa berbagai peralatan dan perlengkapan mobil pendukung

Tips Mudik Menggunakan Mobil, persiapan mudik membawa balita, tips menyetir perjalanan jauh, perlengkapan mudik, tips perjalanan jauh dengan mobil, perlengkapan mudik dengan mobil, servis mobil untuk perjalanan jauh, peralatan yang harus dibawa saat mudik, persiapan berkendara mobil jarak jauh
Bawalah peralatan pendukung kendaraan agar sewaktu-waktu siap digunakan ketika dibutuhkan – Diminimalis.com

Hal penting lainnya yang perlu dibawa saat mudik adalah peralatan atau perkakas mobil yang bisa saja diperlukan selama perjalanan. Selama perjalanan mudik, Anda akan melewati banyak jalan yang belum tentu dekat dengan bengkel. Apabila terjadi sesuatu dengan mobil Anda, maka perbaikan pertama dapat dilakukan dengan adanya perkakas ini.

Beberapa perkakas yang perlu dibawa seperti toolkit, ban serep, dongkrak, dan kabel jumper. Pastikan Anda telah mengisi bensin secara penuh untuk mobil yang akan ditumpangi.

• Menata barang bawaan mudik dengan rapi

Menata barang bawaan dengan rapi akan membuat mudik Anda terasa nyaman. Anda harus menata barang penting yang diperlukan selama mudik dengan sedemikian rupa agar muat dan tidak terkesan sesak ketika ditumpangi. Anda juga dapat menambahkan roof box yang ditaruh pada bagian atas mobil sebagai alternatif untuk meletakkan barang bawaan mudik.

• Membawa kotak P3K

Anda juga perlu berjaga-jaga untuk membawa kotak P3K jika sewaktu-waktu terdapat anggota keluarga yang kurang sehat selama di perjalanan. Bawa obat-obatan yang biasanya dibutuhkan dan digunakan oleh keluarga Anda.

• Membawa bekal makanan dan minuman selama di perjalanan

Selain membawa uang tunai, membawa bekal makanan juga perlu Anda lakukan. Hal ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk berbuka di perjalanan jika Anda belum menemukan restoran atau tempat makan saat berbuka puasa. Apalagi jika Anda membawa anak kecil. Salah satu tips mudik bersama Balita yang wajib diketahui adalah membawa makanan bayi dan air hangat untuk membuat susu di tengah perjalanan.

Memahami jalur mudik dengan baik sebelum keberangkatan

Beberapa hari sebelum keberangkatan, sebaiknya Anda mengecek jalur yang akan dilewati dalam perjalanan mudik. Anda juga harus memahami dan mencari informasi penting terkait jalur tersebut. Anda juga bisa menggunakan GPS untuk mencari jalur alternatif terbaik menuju tempat tujuan.

• Membawa penumpang dengan tidak melebihi kapasitas mobil

Tips mudik menggunakan mobil pribadi lainnya yaitu untuk membawa penumpang dan barang bawaan secukupnya. Jangan sampai Anda membawa penumpang hingga melebihi kapasitas mobil. Hal ini dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan selama mudik.

Menyetir dalam keadaan sehat dan mematuhi lalu lintas

Hal lain yang sangat mempengaruhi keselamatan selama mudik adalah cara menyetir Anda. Pastikan driver dalam keadaan sehat saat menyetir. Upayakan juga untuk menyetir dengan kecepatan normal dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

• Menggunakan AC secukupnya

Anda juga harus menggunakan AC dengan bijak. Ketika AC dalam keadaan hidup, maka pastikan jendela dalam keadaan tertutup. Selain itu, matikan AC ketika Anda akan meninggalkan mobil untuk beristirahat atau ketika memasuki rest area. Anda juga dapat mematikan AC ketika malam hari agar penggunaannya lebih efisien.

• Beristirahat setidaknya 3 jam sekali selama perjalanan

Jangan lupa untuk mampir ke rest area atau semacamnya untuk beristirahat. Anda dapat melakukan istirahat setidaknya setiap tiga jam sekali selama perjalanan mudik. Hal ini untuk memulihkan stamina pengemudi dan mengutamakan keselamatan seluruh penumpang. Anda juga dapat membawa Co-Driver dalam perjalanan mudik Anda untuk bergantian menyetir.

Utamakan Keselamatan

Tips terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah untuk selalu mengutamakan keselamatan selama perjalanan. Jangan turuti ego Anda untuk melanggar aturan lalu lintas agar cepat sampai. Itulah beberapa tips mudik menggunakan mobil yang perlu diperhatikan dan persiapkan sebelum keberangkatan Anda sekeluarga. Jangan lupa agar Anda memahami pula cara mengamankan rumah saat ditinggal mudik. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed