Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Merawat Motor Matic Agar Awet dan Nyaman Digunakan

Agar tetap nyaman digunakan, motor matic harus selalu dirawat dengan baik dan benar - Diminimalis.com

Sudah merupakan suatu keharusan bagi pemilik sepeda motor untuk merawat motor yang dimilikinya. Merawat sepeda motor bisa menjadi gampang-gampang susah, tergantung dari kemauan dan kemampuan si pemilik sepeda motor. Salah satu jenis sepeda motor yang banyak digunakan masyarakat saat ini adalah jenis motor matic. Menggunakan sepeda motor matic dianggap lebih mudah daripada jenis motor lainnya. Salah satu alasan itulah yang menjadikan pengguna motor matic semakin bertambah. Jika Anda salah satu pengguna motor matic, maka perlu mengetahui berbagai tips merawat motor matic agar tetap nyaman saat dikendarai dan tahan lama.

Meski motor matic membuat kita lebih nyaman untuk berkendara, namun jangan sampai kita lupa untuk selalu merawatnya secara rutin. Karena perawatan secara berkala merupakan sesuatu yang penting untuk menunjang keselamatan ketika berkendara. Motor yang jarang diservis selain menjadikan kurang nyaman untuk dikendarai, juga akan membahayakan keselamatan Anda, karena performa mesin maupun sparepartnya tidak lagi maksimal. Bagi Anda pengguna motor matic, berikut akan dibahas mengenai tips merawat motor matic yang tepat dan mudah untuk dilakukan.

Tips merawat motor matic, cara merawat motor matic, cara merawat motor matic injeksi
Agar tetap nyaman digunakan, motor matic harus selalu dirawat dengan baik dan benar – Diminimalis.com

Tips Merawat Motor Matic yang Benar dan Tepat

Sebagaimana merawat mobil diesel, merawat motor matic juga dibutuhkan perlakuan khusus dibanding dengan merawat kendaraan jenis lain. Tips berikut patut Anda coba sebagai pengguna motor matic untuk kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

a. Upayakan selalu memanaskan mesin motor matic sebelum digunakan

Tips merawat motor matic, cara merawat motor matic, cara merawat motor matic injeksi
Upayakan selalu memanaskan motor setiap hari – Diminimalis.com

Salah satu cara merawat motor matic yang perlu dilakukan secara rutin adalah dengan memanaskan mesin motor dahulu sebelum akan digunakan untuk berkendara. Anda dapat memanaskan motor matic selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Hal ini berguna untuk menjaga kestabilan mesin dan ketahanan motor matic Anda. Setelah dipanasi, maka performa motor menjadi lebih baik dan maksimal untuk dikendarai.

b. Periksa bahan bakar motor matic Anda

Sebelum digunakan untuk berkendara jauh maupun dekat, Anda perlu membiasakan untuk memeriksa bahan bakar pada motor matic Anda. Upayakan untuk selalu mengisi bahan bakar secara berkala, jangan sampai menunggu hingga habis total atau bahan bakar kosong. Anda dapat mengecek melalui speedometer pada motor Anda, jika akan mencapai Empty, maka segera lakukan pengisian bahan bakar. Jika motor sering mogok karena kehabisan bahan bakar maka akan berpengaruh buruk untuk mesin motor tersebut.

c. Jangan lupa untuk rutin mengganti oli

Tips merawat motor matic, cara merawat motor matic, cara merawat motor matic injeksi
GAnti oli motor setiap 3 bulan sekali – Diminimalis.com

Perawatan motor matic yang tak boleh diabaikan begitu saja adalah melakukan penggantian oli secara rutin. Pengguna motor matic wajib untuk mengganti oli secara rutin untuk 2 hingga 3 bulan sekali. Gunakan oli yang cocok dan sesuai spesifikasi untuk motor matic. Hal ini berguna untuk menjaga performa dan keawetan mesin motor matic.

Jika Anda tidak bisa mengganti oli sendiri, maka dapat datang ke bengkel motor untuk mengganti oli tersebut. Selain mengganti oli motor secara rutin, Anda juga perlu mengganti oli pada shockbreaker untuk setiap pemakaian 10.000 km. Hal ini penting guna menjaga ketahanan shockbreaker pada motor matic.

d. Kondisikan kecepatan gas dan laju motor

Tips berikut wajib diperhatikan oleh semua pengguna motor matic. Sebagai pengendara, sebaiknya harus bijak dalam mengendarai motornya. Jangan sering mengubah kecepatan gas maupun laju motor karena hal ini dapat mempercepat kerusakan pada mesin motor matic.

Saat berkendara, usahakan tidak menggunakan kecepatan yang kencang lalu tiba-tiba melakukan rem mendadak dan menarik gas kembali hingga berulang kali. Biasakan untuk berkendara dengan menjaga kestabilan gas motor Anda. Hal ini juga untuk menjaga keselamatan selama berkendara.

e. Periksa aki maupun busi motor matic

Tips merawat motor matic berikutnya yaitu sering memeriksa kondisi aki dan busi pada motor matic. Memeriksa aki ini dapat menghindari risiko mogok saat berkendara dan menjaga performa mesin motor. Jika aki pada motor sudah tidak berfungsi, maka segera ganti dengan yang baru.

Selain aki, busi pada motor juga perlu dicek secara berkalaagar motor dapat digunakan dan bisa menyala. Komponen pada motor satu ini sangat penting karena tanpa adanya komponen ini maka motor tidak bisa digunakan. Sama dengan aki, jika busi sudah perlu diganti maka segera lakukan penggantian busi motor.

f. Cek kondisi roler dan vantbelt motor matic Anda

Memeriksa kondisi rolerdan vantbelt merupakan bagian dari langkah-langkah untuk merawat motor matic Anda. Vantbelt ini merupakan penggerak pada motor jenis matic. Selain vantbelt, roler juga perlu dicek dan perlu diganti dengan yang baru apabila kedua komponen tersebut sudah tidak layak digunakan.

g. Lakukan servis secara berkala

Melakukan servis berkala merupakan hal yang wajar bagi para pengguna motor, tak terkecuali pengguna motor matic. Jika Anda sering melakukan servis berkala, maka akan diketahui komponen apa yang perlu diperbaiki atau diganti sehingga ketahanan dan performa mesin motor akan selalu terjaga. Hal ini juga dapat menjaga kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

h. Lakukan pergantian ban saat terlihat mulai menipis

Tips merawat mesin motor matic yang tak kalah penting adalah mengganti ban saat ban motor matic Anda sudah mulai terlihat tipis. Ban yang tipis akan berbahaya saat melewati sebuah tikungan terutama pada kondisi hujan lebat.

Berbagai tips merawat motor matic tersebut dapat Anda coba sendiri maupun dengan bantuan bengkel motor untuk mengganti beberapa komponen tertentu. Upayakan selalu merawat motor matic Anda untuk ketahanan mesin dan keamanan saat berkendara tetap terjaga. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.